Optimasi Area Belakang Rumah Anda Lebih Berguna dengan 7 Model Desain Taman Belakang Ini Hadirkan Suasana Tenang dan Asri

Anda memiliki lahan kosong di belakang rumah dan tampak membosankan? Mengapa tak jadikan saja area belakang rumah ini sebagai taman untuk menghadirkan suasana yang asri, teduh, dan tenang di rumah? Anak-anak jadi bisa bermain dengan lebih leluasa di rumah sementara ayah dan ibu mengobrol sambil minum teh bersama di taman belakang itu.

7 Model Desain Taman Belakang Ini Hadirkan Suasana Tenang dan Asri
Bila ada waktu senggang, penghuni rumah juga bisa menanami taman belakang ini dengan tanaman kesukaan. Yuk intip 7 model desain taman belakang yang bisa Anda jadikan referensi berikut ini.

Konsep Open Space
Konsep terbuka atau open space untuk taman belakang selalu menjadi pilihan yang tak mungkin ditolak pemilik rumah. Para desainer selalu mewujudkan ide open space ini karena tahu betul jika ruang terbuka hijau itu sudah sangat minim di kota-kota besar.

sumber gambar : curator

 

Bahkan di daerah terpencil saja area persawahan dan hutan sudah banyak yang terkikis.
Anda bisa membuat taman belakang yang menyatu dengan area dapur, ruang makan, dan bahkan area laundry. Ada atau tidak ada pintu sebagai pemisah area taman belakang dengan area dapur bisa disesuaikan dengan luas lahan rumah.

Sebagai penanda jika ini taman belakang, bisa meletakkan bebatuan kecil, pot-pot kecil di pinggiran taman, dan rumput. Sebagai awalan Anda bisa memakai rumput sintetis. Kemudian nanti secara bertahap Anda bisa mulai menanaminya dengan rumput hidup.

 

Konsep Indoor
Taman belakang tidak melulu area terbuka atau outdoor yang memungkinkan air hujan masuk. Anda bisa menciptakan model desain taman belakang dengan konsep indoor dimana ada atap bersekat-sekat yang menaunginya semacam sunroof dan taman tersebut dibatasi dengan dinding.

 

Sumber Gambar : Curator

 

Anda masih bisa berjemur di taman belakang ini. Jika hujan sunroof akan menutup kembali sehingga area taman tidak kejatuhan air. Anda bisa membangun taman belakang ini menyatu dengan dapur dan area laundry atau bisa juga terpisah jika lahannya cukup.

 

Taman Sederhana Dengan Aneka Pot
Anda bisa juga membuat model desain taman belakang dengan aneka tanaman hias yang Anda miliki di rumah. Mungkin area taman atau teras depan rumah Anda sudah overload dengan aneka pot tanaman hias. Kini saatnya memindahkan sebagian tanaman ke taman belakang.

Beberapa pot kecil bisa Anda gantung di dinding maupun plafon dengan bantuan kawat tembaga. Selain itu, bisa menambahkan rumput sintetis, meja dan kursi taman minimalis, serta batu-batu kerikil yang akan menambah aksen taman untuk area belakang rumah.

 

sumber gambar : pinterest

 

Taman Ala Jepang Skandinavia
Masyarakat urban sangat menyukai konsep taman belakang dengan sentuhan Jepang dan Skandinavia atau Japandi. Suasana tenang mudah tercipta manakala Anda memasuki taman dengan nuansa warna netral seperti abu-abu, hitam, putih dan terdapat bukaan pada langit-langit.

Area taman belakang Japandi biasanya tak terlalu luas, cenderung ramping, dan dengan furniture seadanya. Anda bisa meletakkan satu bangku taman warna hitam atau cokelat dengan dua sampai tiga pot besar yang masing-masing memuat tanaman hijau tinggi. Anda bisa memanfaatkan area taman belakang ini untuk tempat bekerja atau bersantai dengan rekan kerja yang sedang berkunjung ke rumah.

 

sumber gambar : curator

 

Taman Rumah Kaca
Model desain taman belakang ini memungkinkan Anda memiliki area teduh, asri, dan tenang sekaligus memberi tempat yang layak untuk tanaman-tanaman tertentu. Rumah kaca akan menjadi model taman belakang di rumah ketika Anda bisa menyimpan berbagai jenis tanaman seperti buah stroberi dan bunga-bunga cantik.

Anda juga bisa menambahkan rumput sintetik sebagai pijakan saat melangkah masuk ke dalam area rumah kaca tersebut. Hewan-hewan peliharaan seperti burung, kucing, dan anjing juga bisa ikut bersantai di area ini.

sumber gambar : rumah123

 

Taman Belakang Kekayuan
Anda bisa membuat konsep double decker untuk taman belakang menggunakan banyak material kayu sebagai lantai, kursi taman, dan atap. Anda bisa memasak di dapur sambil melihat pemandangan yang luas dari area taman belakang dimana hanya ada rerumputan asli yang Anda tanam selama beberapa waktu, jalan setapak yang terbuat dari paving block, kursi taman yang tertanam ke dinding, dan beberapa pot tanaman koleksi di pinggiran taman.

 

sumber gambar : curator

Atap-atap kayu yang menyerupai sunroof ini juga bisa memiliki penutup untuk mencegah air hujan masuk. Mungkin ingin meletakkan meja makan di bawahnya untuk bisa menikmati makan siang atau makan malam bersama keluarga dengan pemandangan yang asri dan menenangkan.

 

Taman Belakang dengan Kolam Ikan
Taman belakang tidak pernah tidak sesuai dengan adanya kolam ikan hias di dalamnya. Anda bisa membuat kolam ikan berbagai bentuk yang menyesuaikan dengan luas lahan. Model desain taman belakang ini sangat cocok untuk area lahan yang cukup luas untuk menciptakan suasana asri dan tenang.

Anda bisa memasukkan ikan mas koki, ikan koi, atau ikan hias lainnya dengan aneka warna yang indah ke dalam kolam. Jangan lupa untuk menanami taman dengan rumput alami untuk menambah kesan asrinya.

sumber gambar : mybigproperty

 

Sediakan pula tempat duduk seperti kursi taman atau batu yang ditanam di atas tanah dekat kolam sebagai tempat untuk duduk selagi memandangi ikan-ikan berenang.
Terakhir sebagai saran penting, sebaiknya membuat kolam ikan yang tidak terlalu dalam untuk keselamatan bagi anak-anak yang sedang bermain di dekat kolam.
Selamat mencoba berkreasi dengan model desain taman belakang ini ya.