Primadona Baru Nih 6 Desain Backsplash Dapur dengan Material Kaca Serta Alasan harus Menggunakan Material Kaca

Dapur merupakan tempat yang sering menghasilkan banyak kotoran. Sampah sayuran, tumpahan bumbu, hingga cipratan minyak seringkali menghiasi dapur rumah kita yang cantik. Untuk itu, kita perlu pelindung dapur supaya terhindar dari berbagai macam kotoran. Material backsplash dinding umumnya terbuat dari keramik, logam, marmer, granit, kayu, dan kaca.

Desain Backsplash Dapur dengan Material Kaca.
Di antara semua material tersebut, backsplash kaca menjadi yang paling baik untuk digunakan. Material kaca mudah dibersihkan, tahan terhadap suhu panas, tak mudah pecah, dan bisa memberikan sentuhan estetika pada dapur.
Berikut ini kami sajikan 6 desain backsplash dapur dengan material kaca yang bisa Anda tiru.

 

Backsplash Kaca Tempered Hitam.
Warna hitam selalu berhasil dalam menutupi segala noda yang menempel. Bahan kaca temper dengan dimensi 100 x 50 cm dan ketebalan 6 mm merupakan material yang tahan gores, tahan panas, dan pastinya mudah dibersihkan. Cipratan minyak seluas apapun tidak akan lama membekas di kaca temper ini.

sumber gambar : himalaya abadi

Anda hanya perlu mengelapnya dengan kain bersih atau kain pembersih berbahan serat sintetis tebal. Selain itu, bisa memilih desain yang paling sesuai dengan luas dapur Anda. Desain backsplash dapur dengan material kaca yang tepat akan membuat dapur tampak estetik. Ada baiknya sebelum Anda membeli dan memasang backsplash kaca hitam ini, Anda pikirkan betul desain seperti apa yang cocok untuk dapur.

 

Backsplash Kaca Glasstone
Kaca glasstone atau yang juga dikenal dengan back painted glass merupakan material kaca yang tepat untuk dapur dengan kompor elektrik. Warna pilihan kaca ini begitu bervariasi. Anda yang menggunakan kompor elektrik bisa memilih warna sesuai keinginan.

Kompor elektrik tidak mengandalkan api untuk bisa mengantarkan panas ke peralatan masak di atasnya. Induksi panas pun tidak akan jadi kendala saat Anda memasang backsplash glasstone ini. Pemasangan back painted glass juga menjadi lebih mudah dan cepat jika kompor yang digunakan adalah kompor elektrik. Kaca glasstone banyak diminati untuk pembuatan backsplash karena mendukung desain interior yang cantik meskipun kita harus memperhatikan daya tahan kaca terhadap panas.

sumber gambar : houzz

 

Lalu, bagaimana dengan dapur yang memiliki kompor gas? Dapur ini masih bisa menggunakan back painted glass dengan sedikit modifikasi dengan melalui proses tempering.

 

Backsplash Bertekstur dengan Kaca Finura.
Anda mungkin mendambakan backsplash dapur yang tidak biasa, unik, dan sekaligus elegan. Anda bisa memilih desain backsplash dapur dengan material kaca finura atau hairline glass yang merupakan penggabungan antara material PET metal dan kaca bertekstur.

Anda bisa memilih model seperti rumah lebah yang berlubang-lubang heksagonal dengan tekstur lembut dan pemilihan warna elegan seperti hitam, abu-abu, atau gold. Anda bisa mengaplikasikan kaca finura di sepanjang area kompor dan wastafel serta menjadi bagian dari kitchen set.

sumber gambar : himalaya abadi

Jika vibe rumah cerah, bisa memilih warna cerah juga untuk kaca backsplash dengan tetap memperhatikan jenis-jenis kotoran yang mungkin melompat ke area itu. Seperti noda minyak yang berwarna kekuningan atau kecokelatan akan tampak melebur di atas permukaan kaca finura gold atau hitam.

Begitu pula dengan noda air kuah masakan atau sisa busa cucian piring. Tekstur menjorok ke dalam pada kaca finura untuk backsplash dapur ini juga membantu noda stay di sana saja selama beberapa waktu sebelum Anda sempat membersihkannya.

 

Mozaik Kaca Kristal
Pelindung dapur estetik juga bisa menggunakan desain backsplash dapur dengan material kaca kristal yang memiliki aneka warna gradasi. Kaca-kaca kristal warna warni bisa Anda susun sedemikian rupa pada bidang backsplash di sepanjang area cuci piring dan area masak.

sumber gambar : artikel rumah123

Anda juga bisa memilih kaca-kaca kristal dengan satu warna yang sudah disesuaikan dengan nuansa dapur. Kaca kristal sangat tahan terhadap suhu panas, mudah dibersihkan, dan pastinya bisa memancarkan kilau yang menambah nilai keindahan di dapur.

 

Backsplash dengan Kaca Cermin.
Kesan mewah di dapur bisa ditonjolkan dengan penggunaan backsplash kaca cermin. Kaca cermin akan dibentuk seperti panel matte atau doft karena materialnya yang terdiri dari kaca cermin titanium dengan teknik acid etching. Dapur pun akan tampak seperti dapur kafe atau restoran mewah karena keberadaan backsplash kaca cermin ini.

sumber gambar : grid id

 

Perhatikan penggunaan warna pada backsplash agar dapur tidak tampak sempit. Jika dapur berukuran minimalis, sebaiknya menggunakan kaca cermin dengan warna putih atau terang lainnya. Kaca cermin putih matte atau doft akan membawa tampilan minimalis yang elegan selama desain backsplash dapur dengan material kaca ini tidak berlebihan atau terlalu kurang.

 

Frosted Glass Backsplash.
Penggunaan kaca buram atau frosted glass untuk dapur seperti halnya partisi di kamar mandi Anda cukup bagus. Dapur Anda merupakan ruangan lain yang Anda pijak usai keluar dari ruangan lain. Frosted glass dengan sifat buram sepenuhnya atau sebagian ini akan memberikan detil yang cukup kuat bagi dapur.

sumber gambar : designing idea

Desain backsplash dapur dengan material kaca frosted akan menambah kesan dramatis. Terlebih jika Anda menyusun frosted glass ini dengan teknik mozaik dan warna-warna yang sesuai dengan suasana dapur.
Jika memiliki konsep dapur minimalis dengan warna dasar krem atau abu-abu, maka bisa memilih frosted glass backsplash dengan warna putih dan sedikit efek mozaik biru atau hitam. Bagaimana, menarik kan desainnya?