4 Keunikan Desain Rumah Modern Bernuansa Tropis

4 Keunikan Desain Rumah Modern Bernuansa Tropis

Bila ingin menikmati suasana sejuk alami tak perlu bepergian jauh. Cukup dengan menciptakan desain rumah modern bernuansa tropis di tempat tinggal Anda sendiri. Konsep ini sangat cocok untuk meredakan gerah karena dapat menyejukkan mata setiap harinya. Terlebih lagi bila mana Anda jarang memiliki waktu jalan – jalan ke puncak akibat rutinitas kerja yang penuh kesibukan. Nah, berbagai elemen hijau yang natural dapat menjadi penawar segala penat selagi menikmati waktu beristirahat.

Hal itulah mengapa desain rumah modern yang satu ini semakin diminati terutama untuk menghijaukan griya atau hunian minimalis. Konsepnya selalu dihubungkan dengan bentuk bangunan terhadap iklim, hingga penggunaan material dasar berbasis elemen-elemen alam. Seperti pot untuk tanaman, kayu, batuan ekspos, air mancur, kolam, dan sebagainya. Selain itu juga ditandai ruangan yang diterangi pencahayaan alami sepanjang hari.

Lebih lanjut, berikut ini 4 keunikan desain rumah modern bernuansa tropis.

  1. Bagian Depan Rumah

Sumber : dekoruma

Model rumah ini dapat di desain bergaya modern tropis dengan kemiringan atap berbentuk limasan. Material alam yang mudah di dapat bisa digunakan untuk mempercantik fasad bangunan, seperti batu bata halus. Termasuk memainkan warna serta bentuk pilar ini. Diantaranya menggunakan aksen garis vertikal sepajang dinding bagian depan, sehingga terlibat lebih tinggi. Sedangkan lis dibuat pada dinding bagian bawah memakai batu alam yang mengitari seluruh sudut bidang bangunan rumah. Dengan taman hijau di setiap sisi kelilingnya.

 

  1. Panorama Ruangan Terang

Sumber : arcihfy

Pembagian setiap ruangan dapat diatur dengan sirkulasi pencahayaan yang terbuka. Misalnya menggunakan jendela-jendela kaca berukuran besar. Pemandangan taman samping juga kolamnya dapat disajikan lewat 2 bidang dinding kaca. Sebaiknya ketebalan kaca tak kurang dari 12 mm agar tidak mudah retak. Dengan demikian cahaya dan udara dapat masuk dengan maksimal.

 

  1. Ruang Multifungsi

Sumber : dekoruma

Sementara untuk mewadahi kebutuhan ruang keluarga, maka desain rumah modern ini dapat dilengkapi ruangan multifungsi. Untuk rumah minimalis biasanya terdiri dari 2 kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan kamar mandi. Apabila terbatas maka bisa disiasati semisal ruang ruang tamu dapat dijadikan ruang bersantai keluarga. Sementara ruang makan bergabung dengan fungsi dapur.

 

  1. Furniture Penghias Ruangan

Sumber : pinterest

Salah satu ciri desain rumah modern minimalis tropis adalah  penataan simple dan minim ornamen. Khususnya pada tiap susunan furniture yang dimiliki. Pemilihan  tepat sesuai tema membuat rumah lebih berkarakter. Misalkan furniture dari bahan rotan dengan warna-warna dasar seperti cokelat, putih, krem, dan abu-abu. Perhatikan komposisi warna ini sehingga tidak terlalu penuh dengan corak.

Demikian tadi 4 ciri keunikan desain rumah modern bernuansa tropis yang dapat Anda ciptakan bagi hunian keluarga. Terapkan dengan strategi tepat sehingga kenyamanan rumah akan semakin terasa menyenangkan.

× How can I help you?