Trik Desain Rumah Minimalis Sederhana Low Budget

Trik Desain Rumah Minimalis Sederhana Low Budget

Salah satu alasan memilih desain rumah minimalis sederhana tak lain demi menekan anggaran biaya. Namun demikian, meski dengan budget terbatas, bukan perkara mustahil untuk mengkreasikan dekorasi cantik bergaya menawan. Kini sekalipun dengan biaya terjangkau, tidak perlu merancang bentuk arsitektur yang terlalu rumit. Justru dari kesederhanaan konsep inilah Anda lebih bebas untuk menata sudut-sudut rumah secara berkelas.

Di sisi lain, meski desain rumah minimalis sederhana dianggarkan low budget, tentu pemilik wajib menimbang sejumlah aspek bangunan. Mulai dari luas lahan, model atau bentuk hunian, tampilan fasad, dan terutama penataan ruang senyaman mungkin.

Sumber : sigiarchitect

Disinilah pentingnya trik agar kesan minimalis tetap menjadikan rumah mungil terlihat lega dan lapang meski berbiaya minimal pula. Simpel, clean, dan praktis adalah ciri khas desain rumah minimalis sederhana yang bisa dipercantik mengikuti tren modern.

 

Nah, supaya target desain Anda sesuai dengan konsep rumah minimalis hemat budget, perhatikan dahulu beberapa hal yang perlu ditiadakan:

  1. Hindari Dekorasi Ramai

Biasanya godaan datang untuk berhias eksterior dan interior dengan setumpuk barang favorit. Namun bila mengingat konsep minimalis, anda tidak perlu menambahkan detail ornament dekoratif yang terlalu penuh dan mencolok. Tampilkan kesan bersih dan rapi, apa adanya.

Sumber : classishome

 

  1. Pemanfaatan Material Alami

Bahan utama berupa material alam akan menghasilkan efek natural sejak pandangan pertama ditampilan muka rumah. Pemasangan berbagai bentuk batu alam misalnya dapat diaplikasikan bagi elemen eksterior maupun interior bangunan. Elemen natural lain yang juga sangat menarik adalah pemilihan bahan kayu serta tanaman – tanaman hijau di bagian taman.

Sumber : archdaily

 

  1. Penampakan Fasad

Fasad rumah yang tepat dapat mencerminkan desain rumah minimalis sederhana dengan sentuhan modern. Dengan merancang fasad sesimpel mungkin, Anda bisa menciptakan efek bersih dan luas. Contohnya menampilkan fasad serba putih dan minimalis dipadukan elemen pintu kayu yang langsung mengarah ke area taman depan.

Sumber : casaindonesia

Contoh desain rumah minimalis sederhana di atas tanah seluas 80m2 seperti berikut ini.

  • Terdiri dari ruang tamu, ruang keluarga, dua kamar tidur utama, ruang makan menyatu area dapur, dan kamar mandi atau WC.
  • Jika ruang tamu memanjang kebagian ruang makan dapat diberikan sekat non permanen, seperti rak dan lemari kecil yang tidak terlalu
  • Pada area ruang makan, pasangkan pintu dan jendela dari kaca bening sehingga pandangan lebih luas ke arah taman Jendela kaca juga membantu penerangan agar penghuni lebih hemat biaya listrik.
  • Berikan corak cat berwarna cerah seperti oranye pada fasad di depan rumah sehingga tampak lebih eye catching.

Itulah tadi gambaran desain rumah minimalis sederhana dengan trik optimalisasi anggaran, namun tetap menarik dipandang. Semoga menginspirasi!

× How can I help you?