Kenali Kaca pada Bagian Rumah, yang Fungsinya Semakin Lumayan Penting

Kenali Kaca pada Bagian Rumah, yang Fungsinya Semakin Lumayan Penting.

Manfaat kaca sebenarnya cukup banyak, terlepas dari apakah itu kaca jendela atau kaca biasa. Jenisnya pun didesain sedemikian rupa dan bermacam-macam berdasarkan fungsinya sendiri. Misalnya, kaca yang sengaja dibuat untuk memberi sekat di antara ruangan.

Sumber Gambar : Dekoruma.

Biasanya kaca seperti ini dibuat menggunakan tempered glass yang dilapisi menggunakan glass film. Beda lagi dengan jenis kaca yang Anda gunakan untuk bercermin atau kaca dari jendela mobil. Kaca memiliki jenis dan fungsinya sendiri. Manfaat kaca yang paling umum adalah:

 

1. Membuat Kesan Lebih Luas pada Ruangan

Terdapat beberapa trik untuk membuat ruangan yang sempit tampak lebih luas, dan kaca termasuk dalam salah satu triknya. Contohnya adalah dengan menggunakan kaca yang bersifat reflektif atau cermin.

Sumber Gambar : Grid.id

Penggunaan kaca satu ini akan membuat ruangan tampak luas karena dapat  memantulkan bayangan ruangan. Sehingga membuat refleksi seakan-akan terdapat ruangan yang sama di sampingnya.

Sedangkan apabila Anda  menggunakan kaca tempered yang memiliki sifat transparan, ruangan akan tampak menyatu dengan yang ada di sebelahnya. Tidak hanya sebagai jendela atau refleksi bayangan, kaca juga dapat dijadikan sebagai alternatif sekat ruangan. Keuntungan yang akan Anda dapatkan saat memakai kaca untuk sekat adalah tidak membuat ruangan terasa penuh.

 

2. Membantu Pencahayaan yang harus Ada pada Ruangan

Penggunaan kaca sudah tentu bisa membuat ruangan Anda terlihat lebih terang di siang hari karena kaca dapat membiaskan cahaya matahari. Kaca ini cocok dipasang dan digunakan pada ruangan yang memerlukan penerangan lebih, contohnya seperti di ruang tamu.

Sumber Gambar : Bramble Furniture.

Apabila kaca yang tepat tersebut dipasang di ruang yang membutuhkan penerangan ekstra, kaca akan bisa memantulkan cahaya matahari. Selain itu, kaca yang memiliki sifat transparan ini pun bisa meneruskan cahaya matahari yang terpantul dari luar.

 

3. Menjaga Suhu dan Kelembaban yang Ada dalam Ruangan

Tingkat kelembaban pada suatu ruangan perlu dijaga agar terhindar dari kesan pengap dan tidak nyaman. Akibat yang akan Anda dapatkan ketika memiliki ruangan yang terlalu lembab adalah dapat membuat jamur serta bakteri lebih mudah tumbuh atau berkembang biak. Namun, apabila Anda menggunakan kaca yang dapat membiaskan cahaya matahari, maka ruangan Anda akan terasa lebih hangat dan terjaga kelembabannya. Inilah salah satu manfaat kaca yang paling utama.

Sumber Gambar : Living Loving.

 

4. Membuat Ruangan Terasa Lebih Nyaman Ditempati

Memasang kaca di ruangan akan membuat penghuninya lebih betah di ruangan tersebut. Apalagi jika kaca yang dipakai memiliki keunikan tersendiri. Contohnya adalah mencocokkan pemilihan kaca dengan tema rumah yang ada.

Sumber Gambar : Bramble Furniture.

Misalnya, kaca yang lebar dan saling menyatu satu sama lain umumnya dipakai oleh gaya rumah modern. Sedangkan pada rumah minimalis, biasanya kaca yang digunakan adalah kaca tinggi yang panjang namun ramping.

 

Sumber Gambar : 99.co

Itulah beberapa manfaat kaca yang patut Anda ketahui. Selalu ingat, bahwa rumah yang baik adalah rumah yang sehat dan nyaman. Dan penggunaan kaca akan mewujudkannya.

× How can I help you?