Tips Penataan Ruang Kantor Di Rumah Yang Efektif Dan Efisien | Beddo Design Concept

Tips Penataan Ruang Kantor Di Rumah Yang Efektif Dan Efisien

Tips Penataan Ruang Kantor Di Rumah Yang Efektif Dan Efisien

Memiliki ruang kantor sendiri di rumah tentu sangat menyenangkan, selain bisa lebih fokus juga karena bisa untuk mendukung produktivitas. Anda tentu harus menata/mendesain ruang dengan cermat. Sebenarnya ada banyak tips dan teknik interior untuk mewujudkannya, beberapa diantaranya akan kita bahas dalam artikel ini.

 

Penataan Ruang Kerja

Poin penting yang harus diperhatikan adalah bagaimana Anda menata ruang kantor di rumah agar nyaman. Ruangan harus mengakomodir produktivitas dan kinerja Anda. Jika ruangan sempit, bisa terapkan ruang kerja minimalis dengan warna warna santai. menggunakan meja kerja yang dirancang khusus, bisa dimaju mundurkan atau diputar masuk ke dalam rak. Perhatikan jarak antara kursi dengan dinding dibelakangnya.

Seperti konsepnya, ruang kerja minimalis lebih menekankan pada furniture multifungsi, contohnya: meja komputer yang sudah dilengkapi dengan laci atau rak. Usahakan benda-benda dalam ruang kerja di rumah tertata dengan baik. Gunakan filing cabinet untuk menyimpan barang-barang. Selain rapi, hal ini bermanfaat memudahkan Anda mencari barang saat dibutuhkan.

 

Hindari Menyimpan Benda / Barang Yang Mengganggu Fokus

Perlu digarisbawahi, meskipun Anda mendesain ruang kerja di rumah senyaman mungkin, jangan pernyah menyimpan televisi, permainan game, komik atau hal lain yang bisa mengganggu fokus.

 

Gantungkan Papan Tulis.

Bekerja di rumah bisa menyita perhatian dari aktivitas yang satu ke aktivitas yang lain. Bisa saja mengerjakan pekerjaan kantor sambil mengerjakan pekerjaan rumah, namun resikonya justru membuat keduanya keteteran dan lupa dengan apa yang harus dikerjakan.

Sebaiknya fokus mengerjakan satu pekerjaan, setelah selesai barulah lanjut ke pekerjaan lain. Gantungkan papan atau jadwal deadline. Dengan demikian bisa membantu Anda membuat perencanaan dengan baik.

 

Pencahayaan Dan Sirkulasi Yang Baik.

Ruang kerja di rumah yang nyaman adalah yang memiliki sirkulasi udara. Selain itu juga pencahayaan dan furniture yang tertata rapi.  Sebaiknya ruangan mendapatkan cahaya alami dari sinar matahari, sehingga pada siang hari tidak perlu menyalakan lampu. Ruang kerja di rumah yang memiliki jendela bisa membuat mood meningkat karena bisa rileks sejenak menikmati pemandangan di luar.

 

Privasi Terjaga.

Walaupun bekerja di rumah, buatlah batasan khusus antara ruangan kerja dengan rumah. Ruangan kerja yang terlalu terbuka bisa menganggu fokus dan konsentrasi. Gunakan pintu yang bisa dikunci atau sekat khusus. Sebaiknya ruangan terbebas dari suara bising, binatang peliharaan atau jangkauan anak-anak untuk mencegah mereka keluar masuk ruangan dan mengacak-acak pekerjaan.

Tidak ada batasan merancang ruang kantor di rumah, bisa diberi sentuhan personal. Jangan ragu menambahkan pajangan action figure, bingkai foto atau benda-benda favorit. Anda bisa merancang sesuai gaya sendiri, namun pastikan pilih furniture yang sesuai kebutuhan dan sirkulasi gerak yang nyaman.

× How can I help you?