Tips Mendesain Rumah Minimalis dengan Perpaduan Warna Natural yang Menghadirkan Kesan Adem dan Nyaman

Saat memilih perpaduan warna untuk interior dan eksterior rumah, Anda pasti mempertimbangkan kesan yang akan ditimbulkan. Apakah nanti kesannya akan sesuai dengan kesejukan yang Anda dambakan atau rasa hangat yang pasangan Anda dambakan. Hal ini juga berlaku untuk rumah minimalis.

 

Tips Mendesain Rumah Minimalis dengan Perpaduan Warna Natural.
Rumah minimalis membutuhkan perpaduan warna yang tepat agar bangunan di atas lahan yang tak terlalu luas ini tidak memberikan kesan penuh dan sempit. Kami memiliki beberapa tips mendesain rumah minimalis dengan perpaduan warna natural yang dapat menghadirkan kesan adem dan nyaman untuk Anda.

 

Warna Netral Penyelamat.
Rumah minimalis berdiri di atas lahan yang tidak terlalu luas. Bagian demi bagian dalam rumah minimalis sudah disesuaikan dengan fungsinya masing-masing. Untuk itu, perlu memilih warna-warna yang memberi kesan nyaman. Rumah minimalis modern saat ini banyak menggunakan warna netral sebagai penyelamatnya supaya tak tampak sempit dan sesak.

sumber gambar : behance

Warna-warna seperti cream, putih, cokelat, dan warna-warna bumi lainnya atau earthy tone dapat memberi kesan nyaman. Inilah tips mendesain rumah minimalis dengan perpaduan warna natural yang harus selalu Anda ingat.

Saat memilih cat untuk dinding, pastikan Anda sudah menyesuaikan dengan lantai di rumah minimalis Anda. Tentunya akan sangat bagus jika menggunakan lantai keramik dengan warna netral karena bisa memberikan kesan cerah yang nyaman. Jika mau etnik sedikit, Anda bisa menggunakan lantai vinyl kayu natural yang akan disesuaikan dengan warna dindingnya.

 

Tanaman Hias untuk Kesan Adem.
Sudah banyak tips mendesain rumah minimalis dengan perpaduan warna natural yang ditulis oleh para profesional di buku maupun jurnal online. Rata-rata para ahli desain rumah minimalis ini akan menggunakan tambahan tanaman hias untuk memberi kesan adem, sejuk, dan nyaman.

sumber gambar : casa indonesia

Tanaman hias yang berwarna hijau dapat menambah nilai estetika ruangan sekaligus memberi tone lebih lembut. Begitu pula dengan bunga berwarna-warni yang bisa menjadi ornamen alami yang sedap dipandang mata.

Anda bisa mulai dengan ruang tamu yang memiliki beberapa taman hias seperti monstera atau lavender di sudut-sudut ruangan. Lalu, masuk ke ruang tv atau ruang makan dimana bisa meletakkan vas berisi bunga warna-warni yang cantik. Anda bisa membeli bunga artifisial dengan berbagai model maupun mengambil bunga-bunga yang tumbuh di kebun mini rumah minimalis. Jangan lupa untuk selalu menyirami pot-pot bunga alami secara rutin dan mengelap permukaan bunga-bunga artifisial tadi.

 

Pikirkan Fungsi Suatu Ruangan.
Saat ini banyak orang bekerja dari rumah untuk berhubungan dengan klien di luar kota maupun luar negeri. Rumah jadi tempat kerjanya sehari-hari. Untuk menambah rasa nyaman dan meningkatkan fokus saat bekerja, ada baiknya memperhatikan suasana di dalam ruang kerja. Mungkin Anda tidak selalu bekerja dari dalam ruang kerja atau kamar saja. Mungkin sesekali ingin pindah membawa laptop Anda ke ruang tv atau teras depan.

sumber gambar : behance

Anda bisa meletakkan beberapa cushion warna krem atau monokrom di atas sofa dan meja kopi warna gelap agar bekerja di ruang tengah menjadi nyaman dan fokus. Anda juga bisa memasang lukisan kesukaan Anda pada dinding dimana Anda sering menghadapnya saat bekerja.

Jika hendak bekerja di teras dan itu sudah jadi kebiasaan sehari-hari sampai sekarang, bisa mulai dengan penataan tanaman hias favorit Anda, meja dan kursi teras yang nyaman, dan bila perlu Anda bisa meletakkan taplak meja dengan nuansa yang menyegarkan.

 

Manfaatkan Penggunaan Cermin
Rumah minimalis kadang perlu disiasati guna memperoleh tampilan yang tampak lebih luas. Anda bisa membeli cermin dengan bentuk bulat berdiameter 60 cm dan memiliki warna pinggiran emas atau gold rose atau cermin lantai yang cukup tinggi berwarna netral seperti putih.

sumber gambar : archify

Itulah tips mendesain rumah minimalis dengan perpaduan warna natural yang tepat. Adanya cermin ini akan membuat ruangan seolah lebih luas. Ingat untuk selalu perhatikan penempatan cermin dan warna bingkai cerminnya. Jika rumah minimalis Anda memiliki lantai kayu, ada baiknya memilih cermin bulat warna gold tadi yang akan dipasang di tengah ruangan. Sementara, cermin lantai dapat diletakkan di sudut ruangan dengan tetap memperhatikan warna dinding di belakangnya.

 

Lampu Hias
Pencahayaan adalah faktor penting lain yang menjadi kunci utama dari tips mendesain rumah minimalis dengan perpaduan warna natural supaya dapat memberi kesan adem dan nyaman. Anda bisa menggunakan lampu hias seperti lampu dinding, lampu gantung atau chandelier, dan lampu sorot untuk berbagai ruangan.

Pilih warna cahaya lampu putih, netral, atau dim light untuk berbagai kesan dalam suatu ruangan. Jika ruangan Anda sudah banyak tampilan warna netral yang cenderung cerah seperti krem dan putih, bisa memilih lampu hias dengan pancaran dim light untuk memberi kesan adem.

sumber gambar : casa indonesia

Sementara itu, jika memiliki ruangan dengan nuansa warna cokelat atau putih gading dan abu muda, ada baiknya jika Anda memilih lampu sorot atau lampu gantung dengan cahaya lampu putih untuk menonjolkan suasana hangat dan nyaman.

Pilih Furniture Sesuai Fungsi dan Warna
Perlengkapan furniture dalam rumah minimalis sebaiknya memiliki desain yang estetik, warna yang menarik sekaligus memiliki fungsi maksimal. Seperti saat Anda memilih meja untuk ditaruh di ruang tamu. Meja itu setidaknya memiliki warna yang sesuai dengan warna dinding, warna lantai, dan lampu hias.

Anda bisa memilih warna-warna earth tone, seperti cokelat muda, cokelat, krem, dan putih gading untuk mejanya. Jangan lupa untuk memaksimalkan bagian bawah meja sebagai tempat penyimpanan majalah atau koran.