Cara Mensiasati Interior Ruangan Rumah yang Gelap dan Terkesan Suram

Adakalanya interior rumah menjadi gelap dan terkesan suram karena kurangnya perhatian pada pencahayaan, pemilihan warna dinding yang kurang tepat, dan penerapan lantai yang keliru. Bisa jadi desainer interior yang Anda gandeng kurang tepat dalam memberikan idenya bagi rumah Anda.

Cara Mensiasati Interior Ruangan Rumah yang Gelap.

Maksud hati ingin menerapkan konsep Bohemian dengan dim light di berbagai ruangan, tapi malah membuat rumah tampak suram bahkan terlihat dari luar rumah. Di sisi lain, Anda mungkin berusaha merenovasi rumah lama yang sudah memiliki kesan suram sejak awal menjadi rumah yang lebih hangat. Untuk itu, Anda perlu tahu cara mensiasati interior ruangan rumah yang gelap dan terkesan suram berikut ini.

 

1. Perhatikan Jalan Masuk Cahaya.
Rumah yang sehat dan hangat adalah rumah yang tidak menutupi jalan masuk cahaya matahari ke dalamnya. Melalui satu dua jendela atau pintu sudah cukup untuk memasukkan cahaya luar ke dalam. Siang hari di rumah bisa terasa suram manakala tidak ada pencahayaan yang pas di interiornya.

sumber gambar : behance

Penggunaan lampu di siang hari terasa kurang pas karena menjadi terlalu boros. Mulai sekarang pastikan Anda melihat jalan masuk cahaya matahari yang cukup untuk menyinari rumah di siang hari. Anda bisa membuka tirai penutup jendela di siang hari dan pastikan hanya menggunakan tirai berongga dengan bahan tipis agar panas yang masuk ke dalam rumah saat sedang terik dapat tertahan sedikit.

 

2. Lihat Tempat di Mana Berpijak.
Bisa jadi rumah gelap dan terkesan suram karena warna lantainya. Lantai yang gelap seperti warna kekayuan cokelat tua, hitam, dan merah seharusnya bisa dicerahkan dengan warna dasar dinding yang terang seperti putih. Perhatikan pula penerangan dalam ruangan tersebut.

sumber gambar : behance

Jika dinding dan lampu sudah cukup mendukung tetapi ruangan masih terasa suram, maka harus mengganti lantainya menjadi warna cerah. Jika tidak memungkinkan, bisa cari cara mensiasati interior ruangan rumah yang gelap dengan meletakkan karpet bernuansa cerah atau melapisi lantai dengan lantai vinyl yang sesuai dengan dinding dan cahaya lampu.

 

3. Tata Ulang Ruangan.
Kesan suram dan gelap dapat terjadi akibat terlalu banyak barang dalam suatu ruangan. Apalagi jika barang-barang tersebut dominan warna gelap. Untuk bisa mensiasati interior ruangan seperti ini Anda bisa mengurangi jumlah barang dengan mempertimbangkan tata letak dan warna barang tersebut.

sumber gambar : the spruce

Misalnya memiliki sofa kulit berwarna gelap dengan meja hitam di depannya kemudian di seberangnya ada lemari kayu berwarna cokelat gelap dan jam dinding vintage besar. Anda bisa keluarkan meja atau lemari dari sana lalu taruh karpet berwarna cerah. Tidak hanya itu, juga bisa menggunakan penutup sofa warna krem atau putih untuk membuat sofa tidak terlalu gelap.

 

4. Cermin di Beberapa Sudut.
Cara mensiasati interior ruangan rumah yang gelap dengan sederhana adalah dengan meletakkan cermin di sudut-sudut yang diperlukan. Cermin dengan bingkai tipis yang Anda letakkan di sudut akan memantulkan cahaya lampu sehingga ruangan akan tampak lebih terang dan luas.

sumber gambar : pinhome

Hindari meletakkan cermin dengan bingkai tebal dan bentuk bulat oval. Sebaiknya menggunakan cermin panjang yang berdiri di lantai atau cermin persegi panjang yang bisa digantung di dinding. Usahakan untuk tidak menggantung hiasan dinding lain di dekat cermin agar ruangan tak terasa penuh.

 

5. Ubah Warna Cat Plafon yang Gelap.
Langit-langit ruangan dan plafon turut menyumbang aura gelap dan suram dalam sebuah ruangan. Anda hanya perlu memberi cat putih atau warna terang lainnya untuk menutupi langit-langit dengan warna gelap. Cat putih yang digunakan juga harus putih cerah agar pantulan cahaya lampunya baik. Selain itu, juga perlu memperhatikan penggunaan lampu gantung seperti chandelier di ruangan tersebut.

sumber gambar : porter davis

Apakah lampu gantung tersebut tampak menyesaki ruangan atau tidak. Ruangan yang tidak terlalu luas sebaiknya tidak menggunakan lampu gantung tersebut. Anda bisa menggantinya dengan lampu ruangan biasa atau lampu sorot berwarna terang yang aman bagi penglihatan.

 

6. Lampu LED.
Pencahayaan yang tepat menjadi salah satu cara mensiasati interior ruangan rumah yang gelap. Penggunaan lampu LED menjadi penting mengingat lampu jenis ini sangat bisa diandalkan untuk menerangi ruang yang suram sekalipun. Anda bisa memasang lampu LED pada kap lampu, lampu gantung, maupun lampu sorot. Asalkan tidak berlebihan, lampu LED dapat memberikan pencahayaan yang tepat untuk interior ruangan yang gelap.

sumber gambar : the spruce

Terkadang beberapa furniture juga dilengkapi dengan rumah lampu seperti meja belajar dan meja rias. Anda juga bisa memasang lampu-lampu LED di furniture tersebut. Namun, juga perlu mempertimbangkan penerangan dasar di ruangan tersebut agar saat semua lampu harus dinyalakan karena suatu kondisi cahaya dalam ruangan tersebut tidak berlebihan.

 

7. Pintu dengan Kaca.
Jika memungkinkan, Anda bisa mengganti pintu masuk sebuah ruangan dari pintu kayu biasa menjadi pintu dengan lapisan kaca. Ini tergolong cara mensiasati interior ruangan rumah yang gelap dengan perubahan yang cukup mencolok. Anda bisa menguji sebuah ruangan gelap sebelum akhirnya memutuskan untuk mengganti pintunya.

sumber gambar : dekoruma

Bukalah pintu selebar-lebarnya. Kemudian bisa meletakkan plastik panjang seukuran pintu di depan pintu. Anda bisa periksa bagaimana suasana di dalam ruangan saat pintu kayu diganti dengan pintu plastik tadi. Jika ruangan yang sebelumnya gelap menjadi tampak lebih terang maka Anda bisa langsung menggantinya dengan pintu kaca.
Mungkin tidak sepenuhnya kaca. Anda bisa memilih desain pintu yang paling sesuai dengan ruangan tersebut seperti pintu kayu dengan lapisan kaca di tengahnya.