Jangan Anggap Remeh Ventilasi Kamar Mandi, Ketahui Fungsi dari Ventilasi Kamar Mandi | Beddo Design Concept

Jangan Anggap Remeh Ventilasi Kamar Mandi, Ketahui Fungsi dari Ventilasi Kamar Mandi

Jangan Anggap Remeh Ventilasi Kamar Mandi, Ketahui Fungsi dari Ventilasi Kamar Mandi.

Fungsi dari ventilasi kamar mandi umumnya tidak jauh-jauh dari kegunaan ventilasi kebanyakan. Sebuah kamar mandi akan lebih nyaman apabila tidak terlalu gelap, tidak membuat penggunanya berpotensi mengalami pengap, serta tidak terlalu lembab.

Sumber Gambar : Dekoruma

Karena itulah, ventilasi akan sangat berguna di kamar mandi. Contohnya untuk membiaskan cahaya dari luar hingga tidak terlalu lembab, tidak membuat pengap, dan membuat kamar mandi di dalamnya tidak gelap.

 

Akibat Jika Tak Ada Ventilasi Kamar Mandi

Jika di sebuah kamar mandi tidak tersedia ventilasi satu pun, bisa dibayangkan bukan bagaimana keadaannya? Gelap, pengap, dan lembab yang membuat tidak nyaman. Rata-rata keadaan seperti itu kerap dijumpai pada kamar mandi yang tidak terlalu terurus, khususnya di beberapa kamar mandi umum terpencil.

Sumber Gambar : Pinterest

Fungsi dari ventilasi kamar mandi jelas tidak bisa disepelekan begitu saja. Karena kenyamanan saat menggunakan suatu ruangan juga dipengaruhi oleh desain ruang itu sendiri dan ventilasi adalah salah satunya.

 

Manfaat Ventilasi Kamar Mandi

Terkadang, ventilasi di kamar mandi adalah hal yang disepelekan. Padahal nyatanya ini akan sangat diperlukan. Fungsi dari ventilasi di kamar mandi lainnya adalah untuk membuat ruangan tersebut tampak lebih tinggi. Percaya atau tidak, seluas apapun, ruangan yang gelap akan tetap terlihat pengap dan sesak ketimbang ruang kecil yang terang.

Sumber Gambar : Dwell

 

Lewat ventilasi ini juga udara akan mengalami proses keluar-masuk yang menjadikan kamar mandi mengalami pergantian udara segar. Jangan lupakan juga mengenai pencahayaan. Karena tidak semua kondisi memungkinkan Anda untuk menyalakan lampu di siang-siang, maka ventilasi atau skylight akan sangat membantu pencahayaan.

Apalagi kamar mandi adalah bilik tertutup yang biasanya berukuran lebih kecil dari ruangan lainnya. Cahaya dan pergantian sirkulasi udara yang cukup akan membuat udara di kamar mandi terasa lebih bersih dan sehat pula.

Sumber Gambar : Shutterstock

 

Namun apabila Anda sudah membuat kamar mandi yang tidak dilengkapi dengan ventilasi sama sekali atau bahkan ventilasinya terlalu kecil, jangan risau. Karena Anda akan bisa dapat membuat alternatif dengan cara menghadirkan jendela pada dinding. Jendela inilah yang nantinya akan langsung menghadap ke ruang luar.

Apabila membuat jendela dan skylight pun tak memungkinkan pada bangunan Anda, maka cara lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan memasang exhaust fan. Kegunaan dari exhaust fan ini sendiri tidak jauh berbeda dengan ventilasi, yaitu untuk menyedot udara kotor dari kamar mandi. Sehingga membuat kamar mandi Anda tidak pengap lagi.

Sumber Gambar : Shutterstock

 

Selalulah ingat, bahwa ruangan yang baik dan nyaman bukanlah ruangan yang luas semata. Melainkan ruang yang memiliki pencahayaan cukup dengan sirkulasi udara yang bersih. Percuma memiliki ruangan luas apabila kebutuhan udara bersih dan cahaya yang dibutuhkan tidak terpenuhi.

 

Lama-kelamaan Anda akan jenuh juga berada di dalamnya. Jangan lupa untuk membiasakan hidup sehat dengan cara menjaga kebersihan rumah, terutama kamar mandi yang memiliki banyak kuman. Fungsi dari ventilasi kamar mandi jelas sangat beragam, jadi jangan pernah menyepelekannya, ya.

× How can I help you?