Apa Sebenarnya yang Dilakukan Seorang Arsitek untuk Anda? | Beddo Design Concept

Apa Sebenarnya yang Dilakukan Seorang Arsitek untuk Anda?

Apa Sebenarnya yang Dilakukan Seorang Arsitek untuk Anda?

Seorang arsitek sudah menempuh pendidikan di bidang arsitektur berupa S1 Arsitektur dan PPAr yang merupakan program pendidikan profesi. Pekerjaan yang satu ini berhubungan dengan mendesain bangunan. Mereka memiliki kemampuan untuk menggambar desain bangunan baik menggunakan alat manual atau perangkat lunak komputer.

Sumber gambar : freepik

Apa sebenarnya yang dilakukan arsitek untuk Anda? Tak hanya menggambar desain bangunan saja, profesi yang satu ini perlu melakukan beberapa hal lain. Berikut ini beberapa peran dan tugasnya dalam proyek bangunan.

 

1. Bertemu dengan Klien dan Memahami Kebutuhan

Profesi ini perlu melakukan pertemuan dengan Anda sebagai klien sebelum merancang desain bangunan. Klien bisa menjelaskan bangunan seperti apa yang mereka inginkan.

Sumber gambar : freepik

Misalnya sebuah rumah, desain apa yang ingin diterapkan, berapa ruangan yang diinginkan berikut ukuran setiap ruangan tersebut. Seorang profesional akan bisa menangkap maksud dari klien lalu menerapkannya dalam rancangan desain bangunan.

 

2. Menyiapkan Gambar, Spesifikasi, dan Dokumen Konstruksi

Profesi ini menyiapkan gambar desain yang nantinya bisa dikonsultasikan lagi pada klien. Jika klien setuju, maka gambar tersebut bisa digunakan untuk pembangunan oleh kontraktor.

Sumber gambar : freepik

Tak hanya gambar, namun perlu juga untuk secara detail menyebutkan spesifikasi bangunan dan bahan material yang digunakan. Mereka juga perlu menyiapkan dokumen untuk pengadaan pelaksana konstruksi bangunan.

 

3. Menguji Kelayakan Desain

Sebagai perancang desain bangunan, profesi ini juga bertugas untuk menguji kelayakan desain yang dibuatnya. Desain bangunan tersebut harus bisa diwujudkan menjadi bangunan yang kokoh dan aman. Proses pengujian kelayakan desain ini juga melibatkan revisi dan perancangan ulang jika ada perubahan dari kebutuhan klien.

Sumnber gambar : freepik

 

4. Melakukan Riset untuk Dampak Lingkungan

Perancang bangunan tidak hanya membuat rancangan dengan desain yang bagus saja, namun harus melakukan riset lingkungan. Sebuah proyek bangunan yang dikerjakan tentunya memberikan dampak pada lingkungan. Mereka harus melakukan riset mengenai kondisi lingkungan yang ada di sekitarnya.

Sumber gambar : freepik

5. Mengikuti Setiap Tahapan Pembangunan Gedung

Tak hanya selesai pada tahap perancangan desain saja, namun profesi yang satu ini juga harus mengikuti setiap tahapan pembangunan gedung. Mereka harus memastikan pembangunan yang dilakukan sudah sesuai dengan rancangan yang dibuat. Pihak tim kontraktor pembangunan juga bisa berkonsultasi jika ada masalah. Klien juga dapat terus berkonsultasi selama proses pembangunan sampai selesai.

Sumber gambar : freepik

 

6. Melakukan Kunjungan Lapangan pada Proyek Bangunan

Tak hanya mengawasi dari jauh, arsitek juga perlu melakukan kunjungan lapangan. Mereka perlu melihat langsung pembangunan yang dilakukan untuk mengetahui perkembangannya. Mereka juga bisa langsung bernegosiasi dengan kontraktor jika ada masalah yang muncul.

Sumber gambar : freepik

Seorang arsitek memiliki peran yang sangat penting dalam proses perancangan bangunan Anda. Tak hanya bekerja di awal perancangan saja namun mereka juga harus memastikan bangunan benar-benar terwujud sesuai dengan desain yang dibuat. Profesi ini juga tidak hanya terbatas pada perancang desain bangunan saja namun bisa untuk merancang interior desain atau arsitektur lanskap.

× How can I help you?