Punya Mimpi Renovasi Rumah Kendala Budget Terbatas? Ikuti Tips Ini Yuk! | Beddo Design Concept

Punya Mimpi Renovasi Rumah Kendala Budget Terbatas? Ikuti Tips Ini Yuk!

Punya Mimpi Renovasi Rumah Kendala Budget Terbatas? Ikuti Tips Ini Yuk !

Mungkin saat ini anda sedang berada pada situasi yang membingungkan. Ingin merenovasi rumah. Namun tidak memiliki budget yang banyak. Lantas apa renovasi rumah kendala budget terbatas itu harus selalu terjadi? Jangan bersedih !

 

Punya Mimpi Renovasi Rumah Kendala Budget Terbatas?

Ternyata hal itu tidak terjadi pada diri anda saja. Banyak orang lain di luar sana merasakan hal yang sama. Tapi ternyata mereka bisa memiliki hunian impian setelah menerapkan tips renovasi rumah kendalan budget terbatas berikut ini.

 

1. Gunakan Skala Prioritas

Niat awalnya hanya membangun sebuah dapur yang nyaman. Lantas keinginan itu bertambah ingin kitchen set yang mewah, ganti kulkas, ganti meja makan kekinian, dan lain sebagainya. Alhasil, budget menjadi bengkak berkali lipat.
Jika anda hanya memiliki budget pas-pasan, fokuslah pada tujuan utama. Membuat dapur yang nyaman. Itu dulu prioritasnya. Urusan kitchen set dan gantu perabot bisa nanti-nanti kalau ada budget lagi.

 

2. Bisa dilakukan Sendiri

Merasa memiliki ketrampilan tukang? Kenapa tidak dimanfaatkan untuk merenovasi rumah sendiri. Ada beberapa ketrampilan tukang yang banyak dimiliki selain tukang. Salah satunya adalah mengecat rumah.
Jika anda merasa memilikinya, cobalah menggunakan ketrampilan mengecat rumah itu untuk rumah sendiri. Lumayan bisa menghemat biaya tukang.

 

3. Buat Perhitungan untuk Jasa Tukang

Tapi jika anda merasa tidak memiliki kemampuan tukang, memperkerjakan tukang profesional adalah pilihan paling tepat. Buat perhitungan biaya tukang sebaik mungkin. Berapa jumlah tukang yang diperlukan.
Jika akan merenovasi rumah satu lantai, biasanya hanya membutuhkan dua tukang. Sedangkan jika dua lantai, rata-rata membutuhkan 3 hingga 4 tukang yang dibayar harian.
Pastikan anda memiliki budget untuk membayar tukang harian. Karena biaya tukang termasuk biaya yang besar juga.

 

4. Gunakan Jasa Pemborong

Lalu, bagaimana jika ingin menggunakan jasa pemborong? Boleh-boleh saja. Biasanya mereka akan menawarkan jasa per meter. Misalkan jasa permeter dihargai 2 juta. Tinggal mengalikan saja berapa luas rumah anda.
Kelebihan menggunakan jasa pemborong adalah simpel. Anda tidak perlu memikirkan beli material, bayar tukang, membuat konsep, dan lain sebagainya. Cukup jelaskan pada pemborong konsep rumah seperti apa yang anda inginkan.

 

5. Membeli Barang Second

Tips renovasi rumah kendala budget terbatas selanjutnya adalah dengan memanfaatkan barang second. Ada beberapa material yang bisa anda beli second dengan kualitas yang masih bagus. Salah satunya adalah genteng.
Anda bisa mencari genteng bekas dengan kualitas baru yang dijual di toko material. Atau bisa juga bekas bongkaran rumah tua. Meski rumah tua, biasanya gentengnya masih bagus karena dibuat dengan bahan yang berkualitas.

 

6. Jangan Mengganti Semua Barang

Rumah baru bukan berarti perabot baru. Anda bisa tetap menggunakan perabot lama yang layak pakai. Seperti almari, tempat tidur, sofa, dan lain sebagainya. Ini akan membantu menghemat budget dengan jumlah yang lumayan.


Itulah 6 tips renovasi rumah kendalan budget terbatas yang bisa anda lakukan. Dengan beberapa langkah di atas anda bisa mendapatkan hunian nyaman tanpa beban berlebihan.

× How can I help you?