Perlu Apa Tidak Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi? | Beddo Design Concept

Perlu Apa Tidak Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi?

Perlu Apa Tidak Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi ?

Banyak yang bertanya apakah perlu memasang exhaust fan di kamar mandi? Ini disebabkan karena masih banyak pro dan kontra mengenai pemasangan kipas penyedot pada kamar mandi. Sebagian ada yang mengatakan perlu. Tapi sebagian lagi tidak.

Sumber Gambar : The Spruce

Kamar mandi adalah ruangan yang paling lembab di dalam rumah. Karena semua aktifitas di dalamnya selalu berhubungan dengan air. Baik mandi, buang air, ataupun aktifitas bersih-bersih lainnya. Tingginya kelembaban udara ini akan meningkatkan pertumbuhan bakteri di dalamnya. Untuk itulah diperlukan kipas penyedot agar untuk mengurangi kelembaban udara di dalamnya.

Manfaat Exhaust Fan untuk Kamar Mandi

Setidaknya ada 4 manfaat dari exhaust fan di kamar mandi. Berikut ini ulasannya ya.

 

1. Menjaga Kualitas Udara

Salah satu cara menjaga kualitas udara adalah dengan memasang ventilasi. Sayangnya cara ini tidak sepenuhnya bisa menjaga kualitas udara. Ada beberapa partikel udara seperti polutan yang tidak bisa disaring dengan ventilasi.

Sumber Gambar : IdeaGrid Online

Inilah alasan mengapa perlu memasang exhaust fan di kamar mandi atau ruangan lainnya yang mungkin diperlukan. Karena exhaust fan mampu mengeluarkan berbagai polutan, partikel tidak sehat dan aroma tidak sedap dari kamar mandi. Sehingga kualitas udara di kamar mandi tetap bisa terjaga dengan baik.

 

2. Mengurangi Risiko Kelembaban Udara

Penggunaan air yang banyak di kamar mandi membuat kelembaban udara menjadi semakin tinggi. Dengan kelembaban yang terlalu tinggi inilah berbagai jamur dan bakeri tumbuh subur di dalamnya. Jika bakteri dan jamur dibiarkan berkembang biak, maka akan meningkatkan risiko penurunan kualitas kesehatan penghuni rumah.

Sumber Gambar : 99.co

Agar risiko ini bisa diminimalkan maka perlu pemasangan exhaust fan di dalam kamar mandi. Karena kipas penyedot ini mampu menjaga kelembaban udara di kamar mandi tidak terlalu tinggi dan mengurangi pertumbuhan jamur serta bakteri berbahaya lainnya.

 

3. Menjaga Suhu Ruangan

Bagi anda yang sering mandi dengan menggunakan air panas, uap panas biasanya akan menetap lama di dalam ruangan. Ini akan mengakibatkan suhu udara dalam kamar mandi terasa panas dan kurang nyaman.

Pemasangan kipas penyedot dalam ruangan bisa menyedot uap panas dan mengeluarkannya dari dalam ruangan. Sehingga ruangan akan kembali terasa sejuk meski sering digunakan untuk mandi dengan air hangat.

Sumber Gambar : Artazum

 

4. Menjaga Kesehatan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa kelem baban yang tinggi tidak baik untuk kesehatan. Terutama bagi penderita asma. Karena bakteri dan jamur yang berkembang biak akan mengontaminasi udara membuat kondisi penderita asma menjadi lebih buruk.

Sumber Gambar : Archify

Oleh karena itu, jika rumah tidak dilengkapi dengan ventilasi, pemasangan exhaust fan sangat disarankan oleh para ahli kesehatan. Karena menjaga kualitas udara yang baik merupakan salah satu cara investasi kesehatan yang sangat dianjurkan oleh praktisi kesehatan.

Jika ditanya perlu atau tidak memasang exhaust fan di kamar mandi? Maka jawabannya sangat perlu. Agar sirkulasi udara di rumah menjadi lebih baik untuk kesehatan penghuninya yang lebih baik.

× How can I help you?