Inilah Cara Menghitung Biaya Struktur Bangunan 2 Lantai

Inilah Cara Menghitung Biaya Struktur Bangunan 2 Lantai

sumber : pinterest

Bagi Anda yang berencana membangun rumah, tentunya Anda perlu menghitung biaya struktur bangunan Anda. Pada artikel ini akan diberikan contoh perhitungan budget. Tetapi ingat, hasil perhitungan ini hanya hanya perkiraan anggaran. Untuk budget nyata membangun rumah, Anda harus melihat kebutuhan di lapangan. Semakin banyak hal yang ingin Anda tambahkan, maka semakin besar budget membangun rumah. Jika anggaran membangun rumah terbatas, Anda harus fokus pada hal-hal yang penting, ya.

Sumber : Pinterest

 

1. Hitung Area Rumah Yang Ingin Anda Bangun

Agar lebih mudah untuk menemukan budget membangun rumah 2 lantai, mari kita asumsikan jika rumah yang ingin Anda bangun memiliki luas 100 meter persegi.

Sumber : Pinterest

Dengan area ini, cara menghitungnya adalah:

  • Luas lantai dasar = 100 m².
  • Luas lantai atas = 100 m².
  • Luas pondasi (setengah dari total gedung) = 50 m².
  • Luas atap (setengah dari total gedung) = 50 m².

Luas pondasi serta atap bisa bervariasi. Luasan tergantung pada jenis atap dan desain rumah yang ingin Anda bangun. Sementara, perhitungan di atas mengacu pada model atap yang biasa digunakan oleh masyarakat.

 

2. Mengetahui Budget Konstruksi Rumah

Setelah mengetahui luasan rumah, saatnya untuk menghitung budget konstruksi. Untuk mengetahui budget konstruksi rumah, Anda bisa memperkirakannya. Anda dapat melihat harga konstruksi mentah serta harga satuan rumah

Bagi Anda yang belum terlalu mengenal, konstruksi mentah itu sendiri adalah bentuk konstruksi rangka lengkap. Termasuk budget material di mana rumah selesai di tingkat dasar. Dalam hal ini rumah belum memiliki detail dekoratif dan interior.

Sumber : pinterest

 

Sementara itu, harga unit konstruksi adalah hasil dari perhitungan kontraktor. Untuk harga ini, Anda bisa mendiskusikannya lebih dulu kepada kontraktor yang bersangkutan. Karena harga konstruksi itu sendiri biasanya tergantung pada kebutuhan pemilik rumah.

Jika Anda ingin dihindari, berikut referensi budget konstruksi rumah di Jakarta yang berkisar:

  • Harga Konstruksi Mentah: Rp1.700.000 – Rp1.950.000 per m².
  • Total budget konstruksi: IDR 2.600.000 – Rp 4.200.000 per m²
  •  
3. Total Biaya Struktur Bangunan 2 Lantai

Berdasarkan rumus perhitungan di atas, misalkan budget konstruksi mentah yang dibebankan adalah Rp1.700.000 dan budget konstruksi gedung mencapai Rp2.600.000.

Sumber : pinterest

Dengan harga tersebut, budget membangun rumah 2 lantai yang Anda miliki adalah:

Budget konstruksi mentah:

= (50 + 100 + 100 + 50 m²) x Rp1.700.000

= Rp510.000.000

Budget paket konstruksi:

= (50 + 100 + 100 + 50 m²) x Rp2.600.000

= Rp780.000.000

 

Bagaimana, apakah cukup menjelaskan biaya struktur bangunan rumah 2 lantai yang harus Anda persiapkan? Jika dilihat dari perhitungan di atas, budget rumah konstruksi mentah berkisar dari Rp510 juta dan budget paket konstruksi mencapai Rp780 juta. Anda bisa menekan anggaran untuk konstruksi rumah dengan berbagai cara.

Kembali lagi, biaya struktur bangunan sebenarnya tergantung pada kebutuhan dan harga Anda yang berlaku untuk pasar. Anda juga perlu mempertimbangkan periode kerja dan kebutuhan jumlah pekerja. Semakin lama waktu pekerjaan dan pekerja membutuhkan, semakin besar budget membangun rumah. Semoga tulisan ini bermanfaat. Semoga berhasil!

× How can I help you?