Ingin Rancang dan Bangun Rumah Minimalis? Ikuti 6 Prinsip Ini | Beddo Design Concept

Ingin Rancang dan Bangun Rumah Minimalis? Ikuti 6 Prinsip Ini

Ingin Rancang dan Bangun Rumah Minimalis? Ikuti 6 Prinsip Ini

Rumah minimalis menjadi salah satu tren desain rumah yang banyak disukai sampai sekarang. Ini tak hanya untuk rumah kecil saja tapi bisa digunakan untuk konsep rumah yang luas dan mewah. Rancang dan bangun rumah minimalis bisa mengikuti beberapa prinsip. Membuat desain yang minimalis tak berarti rumah menjadi terlalu sederhana dan membosankan. Ada banyak hal bisa bisa dieksplorasi sehingga rumah minimalis menjadi tetap menarik.

Berikut ini 6 prinsip dalam rancang dan bangun rumah minimalis.

 

1. Menjaga Furnitur Tetap Sederhana

Ada banyak furnitur menarik yang dijual di pasaran. Namun untuk membuat desain rumah minimalis perlu menjaga agar furnitur yang digunakan tetap sederhana. Sesuatu yang sederhana tidak harus membosankan, ada banyak furnitur simple namun bisa unik dan menarik. Pada desain minimalis, furnitur bisa jadi bagian yang tetap sederhana namun bisa menonjolkan elemen lain sebagai pusat perhatian.

sumber gambar : cate st hill

 

2. Membiarkan Banyak Ruang Terbuka

Desain minimalis untuk rumah bisa diartikan konsep yang tidak terlalu banyak barang dan sekat. Jadi biarkan ada ruang terbuka dan tidak banyak furnitur yang dipasang. Pemandangan yang lapang di dalam rumah akan menunjukkan kesan minimalis. Terlalu banyak barang yang ditempatkan akan mengubah konsep desainnya.

Sumber Gambar : Roo Home

 

3. Memilih Satu Furnitur yang Menjadi Pusat Perhatian

Furnitur yang sederhana bukan berarti tak bisa menjadi pusat perhatian. Misalnya saja sebuah sofa dengan desain minimalis namun memiliki warna yang mencolok. Ini bisa menjadi pusat perhatian sehingga desain minimalis di sebuah ruangan tidak membosankan. Penggunaan warna yang mencolok tersebut tidak menjadi masalah karena tidak digunakan berlebihan.

Sumber Gambar : interior design ideas

 

4. Menggunakan Material yang Beragam

Secara tradisional, rancang dan bangun rumah minimalis menampilkan palet warna yang diredam. Desainnya bisa lebih dikreasikan dengan penggunaan material yang beragam misalnya kayu, kaca, tembikar, kain, dan kanvas. Desain interior rumah tentang menggabungkan bentuk dan fungsi. Ini mudah dilakukan dengan menggunakan tekstur yang beragam dari bermacam-macam material.

Sumber Gambar : i property

 

5. Menggunakan Perlengkapan atau Furnitur yang Berkualitas

Perlengkapan rumah atau furnitur yang dipakai dalam rumah minimalis sebaiknya berkualitas. Sesuatu yang berkualitas bisa terlihat mengesankan meskipun sederhana. Dekorasi yang simple dan berkualitas bisa menjadi pilihan tepat dalam desain interior minimalis.

Sumber Gambar : Architectural Diggest

 

6. Menggunakan Elemen Aksen

Padukan dekorasi netral (abu-abu, krem, batu) dengan elemen yang punya warna kontras. Ini bisa berupa karya seni, perabot, atau fitur dinding. Elemen aksen bisa memberikan kejutan dalam ruangan namun tak harus mencolok. Ini bisa jadi cara yang bagus untuk menarik perhatian pada hal yang istimewa.

Sumber Gambar : Rukita

Rancang dan bangun rumah minimalis bisa mengikuti 6 prinsip tersebut. Sebenarnya prinsip tersebut bersifat fleksibel sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan dari pemiliknya. Anda bisa konsultasikan pada desainer interior untuk mendapatkan rumah yang jadi impian.

× How can I help you?