Manakah yang Cocok untuk Anda Bangun Rumah 1 Lantai atau 2 Lantai ? | Beddo Design Concept

Manakah yang Cocok untuk Anda Bangun Rumah 1 Lantai atau 2 Lantai ?

Manakah yang Cocok untuk Anda Bangun Rumah 1 Lantai atau 2 Lantai ?

Rumah satu lantai atau dua lantai bisa menjadi pilihan yang sulit. Bangun rumah baru atau membeli yang telah ada biasanya menentukan lebih dulu ingin berapa lantai. Pilihan rumah dengan satu lantai sendiri masih banyak peminatnya. Baik itu satu lantai atau dua lantai masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Ini juga bisa disesuaikan dengan kondisi pemiliknya beserta anggota keluarga lainnya.

Sumber gambar : pinterest

 

Tangga dan Keamanan.

Sebelum memutuskan soal berapa lantai rumah yang akan dibangun sebaiknya mengetahui dulu apa kelebihan dan kekurangannya. Bangun rumah satu atau dua lantai bisa mempertimbangkan hal-hal berikut ini.

Sumber gambar : ruang arsitek

Rumah berlantai satu tidak membutuhkan tangga untuk naik ke lantai di atasnya. Adanya tangga ini bisa mempersempit ruang. Selain itu tangga bisa berisiko apalagi jika ada anak-anak di rumah. Bagi yang tidak bermasalah dengan adanya tangga maka bisa memilih rumah berlantai dua atau lebih. Namun bagi yang lebih memilih keamanan maka bisa memilih rumah berlantai satu saja.

 

Pemandangan yang Lebih Baik

Rumah dengan lantai dua memiliki pemandangan yang lebih baik. Berada di lantai dua, pemilik bisa melihat pemandangan luar dari atas. Di lantai dua biasanya diberi balkon untuk tempat bersantai sambil menikmati pemandangan.

Sumber gambar : casa indonesia

 

Privasi

Jika memiliki rumah dengan lantai dua maka bisa menempatkan kamar tidur di lantai atas. Kamar tidur di lantai dua berarti akan lebih privasi bagi penghuninya. Letak kamar tidur tidak selantai dengan ruangan lain seperti dapur atau ruang tamu. Jika memiliki anak-anak, kamar tidur bagian atas juga sangat berguna saat mereka beranjak remaja.

Sumber gambar : arsitag

 

Luas Halaman

Saat memiliki bidang tanah dengan luas sama, bangun rumah lantai 1 akan memakan lebih banyak tempat daripada rumah lantai 2. Rumah dengan hanya satu lantai akan memakan luas tanah lebih besar sehingga bagian halaman bisa lebih sempit. Sedangkan rumah dengan lantai dua akan membutuhkan luas tanah yang lebih sempit. Halaman pada rumah dengan dua lantai bisa lebih lebar atau lapang.

Sumber gambar : archify

 

Pilihan Desain Atap

Desain rumah dengan satu lantai memiliki lebih banyak pilihan desain. Ini memberikan keleluasaan soal tinggi atap dan skylight. Rumah dengan lantai dua kurang variasi tinggi atap dan biasanya akan lebih rendah. Adanya lantai dua bisa membatasi variasi tinggi antara ruangan.

Sumber gambar : arsiminimalis

 

Lama Pembangunan

Pembangunan rumah dengan lantai dua memakan waktu yang lebih lama daripada rumah dengan lantai satu. Jika ingin rumah dalam waktu cepat maka bisa memilih rumah lantai satu, atau membeli rumah yang sudah dibangun.

Sumber gambar : archify

Setiap orang atau keluarga memiliki kebutuhan yang berbeda-beda masalah rumah. Bangun rumah 1 lantai atau 2 lantai bisa didiskusikan dulu antar anggota keluarga. Kelebihan dan kekurangannya bisa menjadi pertimbangan sebelum memutuskan desain rumah yang digunakan.

× How can I help you?