6 Inspirasi Konsep Ruangan Open Plan pada Rumah Minimalis | Beddo Design Concept

6 Inspirasi Konsep Ruangan Open Plan pada Rumah Minimalis

6 Inspirasi Konsep Ruangan Open Plan pada Rumah Minimalis

Ruangan open plan merupakan konsep interior desain yang berupa ruangan terbuka tanpa sekat. Ruangan tanpa sekat tersebut bisa membantu memanfaatkan ruangan untuk beberapa tujuan sekaligus. Sebuah open plan di dalam rumah misalnya bisa terdiri dari sofa ruang keluarga, meja makan, dan dapur. Ini bisa memberikan kesan yang luas namun kurang intim dan kurang privasi.

Sumber Gambar : Unsplash

Konsep open plan pada rumah minimalis saat ini banyak diterapkan. Berikut ini 6 inspirasi konsep ruangan open plan pada ruangan minimalis.

 

1. Menggunakan Karpet atau Permadani untuk Pemisah

Penggunaan karpet bisa menjadi pemisah untuk bidang visual. Pada ruang tanpa sekat, adanya karpet bisa membuat denah lantai tampak seperti area yang berbeda-beda. Jika ada tiga area berbeda maka bisa menempatkan dua atau tiga karpet di ruangan tersebut.

Sumber Gambar : Rukita

 

2. Menggunakan Warna Kohesif

Ruangan terbuka di rumah minimalis bisa menggunakan warna yang kohesif untuk furnitur yang digunakan. Meskipun terdiri dari area dengan tujuan yang berbeda namun adanya penggunaan warna yang kohesif tersebut bisa membuat ruangan menyatu. Menerapkan warna kohesif bisa dengan menentukan warna utama terlebih dahulu lalu kemudian memilih beberapa warna aksen.

Sumber Gambar : Roo Home

 

3. Menggunakan Furnitur Ringan yang Mudah Dipindah

Fleksibilitas ide tata ruang terbuka berarti bisa menavigasi furnitur dan dekorasi lainnya. Ini bisa diubah saat musim berubah atau bahkan lebih sering. Membuat ruang terbuka bisa menggunakan jenis furnitur yang ringan sehingga mudah untuk dipindahkan. Furnitur modern yang ringan dan berkualitas saat ini banyak ditemukan dan bahkan bisa ditumpuk untuk menghemat tempat.

Sumber Gambar : Grid.id

 

4. Ruang Keluarga Berwarna dengan Dapur Putih

Selain warna kohesif, tampilan warna yang bertolak belakang juga bisa digunakan pada open plan. Misalnya ruang terbuka yang terdiri dari ruang keluarga dan dapur. Ruang keluarga bisa diberi furnitur yang penuh warna sedangkan bagian dapur dibiarkan putih minimalis. Tampilan yang kontras tersebut bisa memisahkan area dengan tujuan berbeda walau tanpa adanya sekat.

Sumber Gambar : House of Silphina

 

5. Ruangan dengan Tema Pesisir/Coastal

Desain interior dengan konsep coastal juga cocok digunakan untuk ruangan open plan. Tema pesisir ini memiliki beberapa warna yang berbeda namun dapat menyatu dengan baik. Di dinding bagian tertentu bisa diwarnai biru, sedang warna lainnya putih. Furnitur yang dipakai bisa menggunakan warna serupa pasir dan elemen kayu.

Sumber Gambar : Nautical

 

6. Ruangan dengan Tema Mediterania

Tema mediterania bisa digunakan untuk kebutuhan open plan. Tema ini membawa material alam bersama dengan warna pastel lembut dan terakota. Konsep ini bisa memberikan nuansa yang menenangkan dan hangat. Furnitur yang digunakan bisa tetap modern dengan warna yang disesuaikan dengan konsep mediterania.

 

Sumber Gambar : Archify

Ruangan open plan untuk rumah minimalis bisa menerapkan berbagai tema desain interior. Gunakan furnitur yang tidak terlalu berat dan tidak memakan tempat sehingga kesan minimalis bisa tetap terasa. Kombinasi warna yang tepat antara dinding dan furnitur juga bisa memperindah ruang terbuka di dalam rumah.

× How can I help you?