Simak Beberapa Perubahan Desain Arsitektur Rumah Idaman, Akibat Adanya Pandemi | Beddo Design Concept

Simak Beberapa Perubahan Desain Arsitektur Rumah Idaman, Akibat Adanya Pandemi

Simak Beberapa Perubahan Desain Arsitektur Rumah Idaman, Akibat Adanya Pandemi.

Pandemi Covid-19 memberi banyak perubahan terhadap kehidupan manusia termasuk desain arsitektur rumah. Sejak munculnya pandemi, arsitek mulai memikirkan desain arsitektur yang bisa disesuaikan agar lebih bisa menjaga kesehatan penghuni rumah. Hal ini tentunya juga menjadi perhatian para pemilik rumah agar desain rumahnya bisa menjadi lingkungan yang sehat bagi mereka.

Pandemi membuat semua orang menjadi peduli atas kesehatan dan keamanan dirinya. Desain yang disesuaikan dalam kondisi pandemi ini bisa terus diterapkan meskipun pandemi telah usai. Berikut beberapa perubahan desain arsitektur rumah idaman akibat adanya pandemi.

 

1. Adanya Ruang Pribadi

Sebuah rumah yang dihuni oleh beberapa anggota keluarga perlu memiliki ruang pribadi untuk setiap anggota. Di era pandemi, tak sedikit yang kemudian harus melakukan karantina mandiri sehingga mereka harus tinggal di dalam kamar. Sebuah rumah keluarga memang seharusnya memiliki ruang tidur untuk masing-masing anggota meskipun mereka masih anak-anak.

 

2. Ada Koneksi antara Ruangan dan Area Luar

Pandemi mengajarkan bahwa penting agar seseorang mendapatkan cahaya matahari yang cukup dan udara yang segar. Ruangan, khususnya kamar tidur perlu memiliki koneksi dengan area luar. Ini bisa berupa pintu dan jendela yang bisa dengan mudah menghubungkan seseorang dengan alam. Adanya jendela dalam posisi yang tepat bisa memberikan ventilasi dan cahaya alami bagi ruangan.

 

3. Ada Area Luar yang Sehat dan Nyaman

Desain arsitektur rumah setelah pandemi memberikan perhatian pada kondisi halaman rumah. Adanya area halawman tersebut harus bisa dimanfaatkan untuk memberi lingkungan yang sehat bagi penghuninya. Halaman rumah dengan taman yang hijau dan bisa digunakan untuk berolahraga atau hanya bersantai akan memberi banyak keuntungan.

 

4. Ruangan-ruangan yang Terpisah

Desain ruangan yang terbuka dan menyatu memang masih banyak diminati. Namun desain arsitektur terbaru di masa pandemi memperhatikan masalah pemisahan setiap ruangan. Misalnya dapur, ruang makan, dan ruang keluarga semuanya dipisah namun tetap bisa terhubung dengan mudah. Antar kamar tidur juga dibuat menjauh untuk efek akustik yang lebih baik jika digunakan sebagai tempat kerja.

 

5. Ruangan Kerja di Rumah

Di masa pandemi banyak orang yang harus melakukan pekerjaan dari rumah. Oleh karena itu penting untuk memiliki ruang kerja di rumah. Bekerja dari rumah juga membutuhkan konsentrasi sehingga akan lebih mudah jika memiliki ruang tersendiri. Selain ruangan khusus, di setiap kamar tidur juga bisa diberi tambahan ruang atau area yang bisa dipakai untuk bekerja atau belajar bagi anak-anak.

 

Desain arsitektur rumah mengalami beberapa perubahan setelah adanya pandemi. Namun itu bukan hal yang baru, hanya sedikit penyesuaian sehingga bisa tetap menjaga kesehatan saat berada di rumah. Desain sebuah rumah memang penting agar terlihat indah namun lebih penting jika bisa memberikan kenyamanan dan perlindungan bagi penghuninya dalam berbagai kondisi.

× How can I help you?