Buat Tampilan Depan Rumah Anda Lebih Berkarakter dengan Tambahan Aksen Cutting Laser Ini

Bagian depan rumah adalah wajah yang memperlihatkan karakter si pemilik rumah. Sudah seharusnya tampilan depan rumah dibuat sekuat mungkin dengan penambahan aksen seperti cutting laser di beberapa sisi. Anda bisa membuat pagar, fasad, kanopi, hingga tangga yang berada di bagian depan rumah dengan aksen cutting laser yang mencerminkan kepribadian Anda.

Ide desainnya bisa Anda dapatkan dari berbagai sumber seperti internet, buku, maupun hasil kreasi desain Anda sendiri. Aksen cutting laser ini akan membuat tampilan depan rumah Anda lebih berkarakter dan membawa energi positif ke dalam rumah.

Teknik Cutting Laser
Aksen cutting laser didapat dari material logam maupun non logam yang melalui proses pemotongan menggunakan sinar laser berdaya tinggi. Hasil pemotongan dari mesin cutting laser ini menciptakan bentuk yang presisi hingga skala terkecil dan tampak menarik. Teknik cutting laser umumnya banyak digunakan untuk material seperti kayu, besi, stainless steel, plastik, gabus, akrilik, dan kuningan.

sumber gambar : pinterest

Proses awal teknik cutting laser dimulai dari penentuan desain menggunakan software khusus yang kemudian akan dikirimkan datanya ke mesin. Selanjutnya mesin akan melakukan pengerjaan pemotongan sesuai bentuk desain tadi. Anda bisa memilih berbagai macam bentuk desain seperti kombinasi garis, linear, kontur, lengkungan, lingkaran, dan masih banyak lagi. Mesin akan membacanya dengan mudah dan hasilnya pun akan presisi dan sesuai dengan yang diharapkan.

 

Pagar Depan dengan Aksen Cutting Laser
Ada begitu banyak material dan desain pagar untuk aksen cutting laser. Anda bisa memilih sesuai keinginan. Semakin sulit desain yang Anda ingin wujudkan, maka Anda harus benar-benar mencari material yang kokoh dan tidak mutah patah. Material yang sering dijadikan pagar dengan menggunakan teknik cutting laser di antaranya :

 

  • Kayu. Pagar kayu belakangan ini menjadi favorit banyak orang karena bahannya relatif murah, mudah dibentuk, dapat menahan beban, dan dapat menciptakan efek etnik untuk tampilan depan rumah Anda.
  • Mild steel. Meskipun tidak terlalu tahan terhadap karat, tetapi penggunaan mild steel untuk pembuatan aksen cutting laser cukup banyak. Mild steel memiliki sifat magnetis, kaku, dan kuat. Jika Anda tetap memilih material ini, maka Anda harus menyiapkan pelapis anti karatnya.
  • Stainless steel. Sifat material yang tahan terhadap karatnya membuat banyak pemilik rumah memilih stainless steel untuk pembuatan pagar artistik dengan teknik cutting laser.
  • Panel komposit alumunium. Material ini ringan, mudah dibentuk, anti karat, dan kuat. Mesin cutting laser sangat bersahabat dengan ACP atau aluminum composite panel ini.

Model Pagar Cutting Laser
Ada begitu banyak model pagar dan desain cutting laser yang bisa Anda lihat di internet maupun majalah. Desain pagar akan menyesuaikan dengan apa yang ada di balik pagar yaitu halaman dan bangunan utama rumah. Jika Anda menggunakan desain pagar dengan aksen cutting laser berbentuk daun, bambu, motif botanikal atau motif tropikal lainnya, maka sebaiknya Anda menyuguhkan sesuatu yang asri di baliknya. Mungkin jalan setapak dengan rerumputan dan bagian depan rumah seperti teras dengan beberapa pot.

sumber gambar : decorative screen direct

Ada pula desain pagar cutting laser yang mengambil aksen netral seperti motif mozaik, susun bata, dan jaring. Jadi tak perlu pusing memikirkan bagaimana menyesuaikan pagar dengan apa yang ada di baliknya. Rumah-rumah minimalis juga menggunakan cutting laser dengan motif pagar pada umumnya seperti garis-garis dengan banyak gap rapat-rapat. Yang penting pagarnya tidak terlalu polos dan privasi tak terganggu.

 

Model Fasad Cutting Laser.
Fasad yang ada pada bagian depan rumah Anda juga bisa tampak berkarakter dengan penggunaan aksen cutting laser. Anda bisa memasang fasad pada bagian dinding depan rumah sebelah kanan atau kiri saja. Motif cutting laser bisa Anda sesuaikan dengan keinginan atau fungsi yang ingin ditonjolkan dari rumah.

Mungkin Anda tertarik membuat fasad dengan motif sarang lebah atau dedaunan yang memiliki lubang-lubang di keseluruhan bidang? Lubang-lubang ini nantinya akan menjadi ornamen keindahan pada malam hari manakala lampu dinyalakan. Rumah akan tampak seperti memancarkan cahaya ke luar rumah karena adanya lubang-lubang tersebut.

sumber gambar : laser cutting murah

Anda juga berkreasi fasad untuk model lainnya seperti fasad yang sekaligus sebagai pintu garasi. Fasad tersebut akan bisa dibuka dan ditutup selayaknya pintu garasi. Aksen cutting laser yang dipilih juga bisa disesuaikan dengan pintu garasi pada umumnya dimana terdapat gap untuk bisa melihat sedikit ke luar.

Fasad ini akan tampak stunning di siang hari. Lalu pada saat lampu dinyalakan di malam hari, fasad itu akan tampak bercahaya dan bentuk-bentuk cutting laser akan tampak sangat indah.

 

Kanopi dengan Cutting Laser
Beberapa rumah menggunakan kanopi sebagai penutup area bersantai di depan rumah. Anda bisa menempatkan aksen cutting laser pada kanopi untuk menciptakan tampilan berkarakter pada bagian depan rumah.

Bentuk aksen seperti dedaunan dengan lubang-lubang atau bentuk akar akan tampak estetik di siang hari. Sinar matahari akan menembus masuk melalui lubang-lubang tersebut. Anda bisa meletakkan tanaman hias di bawah kanopi dan lihat bayangan cantik yang tercipta di atas tanaman-tanaman hias Anda. Bahkan jika Anda meletakkan jemuran pakaian di bawah kanopi tersebut, bagian depan rumah Anda tak akan terlihat kusam.

sumber gambar : laser cutting murah

 

Anda juga bisa memasang deretan lampu taman kecil di atas kanopi agar keindahan cutting lasernya tampak saat lampu dinyalakan pada malam hari.