Coba Gunakan Skylight untuk Menghemat Penggunaan Listrik pada Rumah | Beddo Design Concept

Coba Gunakan Skylight untuk Menghemat Penggunaan Listrik pada Rumah

Coba Gunakan Skylight untuk Menghemat Penggunaan Listrik pada Rumah.

Apakah Anda sering kali mengeluh ketika tagihan listrik membengkak? Kali ini Anda akan diperkenalkan dengan skylight, sebuah teknologi dan metode yang bisa digunakan untuk menghemat konsumsi listrik. Apa itu skylight? Skylight adalah sebuah jendela atau kaca yang memiliki rongga. Kaca atau jendela ini biasanya diletakkan di bagian atap rumah. Ada beberapa manfaat dari penggunaan skylight sendiri, yakni:

sumber : homesthetic

 

1. Memiliki Cahaya Alami

Manfaat skylight yang pertama adalah bisa memancarkan cahaya alami ke dalam rumah. Skylight bertindak sebagai jendela perantara antara sinar matahari dan ruangan rumah. Sinar matahari yang masuk ke dalam rumah akan membuat ruangan terasa lebih hangat dan terbuka.

sumber : dekoruma

Hal lain yang bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan cahaya alami yang masuk ke dalam rumah adalah kemampuannya untuk memberikan warna asli pada furnitur rumah. Selain furnitur, tampilan dinding dan lantai lebih menarik dan cerah. Tentunya hal serupa sangat berbeda dengan pencahayaan buatan yang hanya menggunakan cahaya dari lampu.

 

2. Hemat Listrik

Karena ia adalah solusi untuk mengurangi biaya listrik, maka sudah pasti manfaat yang berikutnya adalah hemat listrik. Dengan menggunakan skylight, Anda akan langsung lebih hemat listrik atau hemat energi di rumah. Bisa dikatakan penghematan ini dari segi penggunaan listrik yang lebih hemat, sehingga tidak memerlukan biaya lebih.

Sumber : Archdaily

Anda tidak perlu lagi menyalakan lampu pada siang hari, karena mengandalkan sinar matahari yang tembus dari atap kaca yakni skylight sendiri. Hasilnya, ruangan akan tampak lebih cerah. Karena itu, pastikan memasang skylight di ruangan yang benar ya. Konsultasikan kepada ahlinya terlebih dahulu agar maksimal.

 

3. Membuat Ruangan Tampak Lebih Luas

Dengan menggunakan atap skylight, salah satu manfaat yang akan Anda dapatkan dari pencahayaan alami adalah ruangan akan terasa lebih lega. Jika rumah Anda mengadopsi desain minimalis yang sangat sempit, maka kesan luas ini tentunya akan semakin kentara. Supaya terkesan luas, jika menggunakan skylight di bagian atas atau atap akan terasa lebih pas. Pemilihan kaca juga sangat penting. Salah satu jenis kaca yang bisa Anda gunakan adalah kaca tempered.

sumber : Arsitag

Kaca temper adalah jenis kaca yang dibentuk dengan cara memanaskannya hingga 7000C, kemudian langsung didinginkan dengan cara menyemprotkan udara secara merata pada kedua permukaan kaca. Dibandingkan dengan kaca biasa, ketebalan kaca temper bisa mencapai 3-5 kali kekuatan kaca biasa.

 

4. Bebas dari Udara yang Memiliki Kelembapan Tinggi

Ruangan Anda terasa pengap ? hal ini bisa jadi disebabkan oleh minim fungsi dari lubang – lubang untuk sirkulasi udara. Ternyata pencahayaan alami yang diberikan oleh sinar matahari melalui atap skylight akan memberikan efek pada ruangan yang terbebas dari udara pengap, karena mengurangi kelembapan udara yang tinggi. Maka dari itu tidak heran jika kemudian banyak orang yang memilih memasang kanopi, atau atap dari kaca pada beberapa ruangan tertentu. Sehingga Anda bisa tuangkan sebagai inspirasi atap skylight.

sumber : Arsitag

 

5. Membuat Aksen Privasi Lebih

Beberapa orang kurang suka menggunakan jendela sebagai sirkulasi cahaya dan udara dengan alasan dapat mengganggu privasi karena orang lain bisa mengintip apa yang sedang penghuni rumah lakukan. Skylight mampu menjadi solusi yang tepat untuk permasalahan ini. Skylight ini memiliki kegunaan yang sama seperti jendela yakni masuknya sinar matahari dan sirkulasi udara bisa tetap terjaga dengan baik. Coba Anda gunakan skylight elektronik. Skylight elektronik akan memudahkan Anda untuk mengatur bukaan hanya dengan menggunakan pengendali jarak jauh ( remote ). Kalau malam hari atau akan turun hujan, Anda bisa menutupnya dengan mudah.

sumber : dekoruma

 

Nah itu dia beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bila menggunakan teknologi skylight. Sangat bermanfaat bukan? Jadi, mengapa tidak Anda coba dan rasakan sendiri bagaimana efek skylight mengubah ruangan Anda menjadi lebih sempurna. Anda bisa mencobanya di ruangan santai, teras atau yang lainnya. Silakan berkreasi dan kombinasikan dengan kata para ahli.

× How can I help you?