Anda Masih Awam Mengenai Tahapan Bangun Rumah Menggunakan Arsitek? Simak Di Bawah Ini Tahapan Penting Ketika Membangun Rumah

Anda Masih Awam Mengenai Tahapan Bangun Rumah Menggunakan Arsitek? Simak Di Bawah Ini Tahapan Penting Ketika Membangun Rumah.

Membangun rumah atau hunian yang nyaman dan sesuai dengan karakteristik penghuninya, adalah impian semua orang. Tapi terkadang rumah yang sudah terbangun masih kurang sesuai dengan apa yang diinginkan. Untuk membangun sebuah rumah bisa dibilang cukup sulit. Karena kita harus paham dengan bahan baku yang digunakan, bagaimana ukuran yang tepat, lalu letak yang pas agar rumah terasa luas dan cukup untuk menaruh banyak barang.

Sumber Gambar : Freepik

Menggunakan jasa arsitek cukup membantu dalam membangun rumah menjadi lebih baik, terutama dalam desain dan pemilihan bahan yang bagus. Dan juga bisa lebih hemat biaya, karena minim kesalahan.

 

Tahapan Penting Ketika Membangun Rumah.

Sumber Gambar : Freepik

Ada beberapa hal penting yang dibutuhkan untuk membangun rumah yang bagus. Kita harus mengetahuinya, agar rumah yang kita huni bisa lebih nyaman dan kuat. Beberapa hal tersebut, yaitu :

 

1. Cari arsitek terlebih dahulu.

Mencari arsitek yang sesuai juga bisa dilakukan lewat media sosial, website, atau dari beberapa kenalan atau teman yang sudah pernah menggunakan jasa arsitek. Mencari arsitek juga harus disesuaikan dengan kebutuhan kita dalam membangun rumah. Arsitek yang terkenal dan mahal belum tentu juga sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Sumber Gambar : Freepik

Karena setiap arsitek punya ciri khas masing-masing dalam mendesain gambarnya. Jika sudah mendapatkan arsitek yang tepat sesuai dengan kebutuhan, coba Anda sampaikan kebutuhan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat rumah, dan perencanaan desain maupun kebutuhan rumah dalam jangka waktu panjang.

 

2. Survei Lokasi Tanah.

Setelah arsitek didapat, perlu melakukan survei lokasi tanah yang akan dijadikan bangunan rumah. Hal ini juga untuk mendapatkan gambaran yang sesuai dengan kebutuhan Anda, dan juga luas dari tanah yang Anda miliki. Biasanya peninjauan lokasi ini bisa memakan waktu 2- 3 minggu lamanya.

Sumber Gambar : Pinterest

Selama proses peninjauan, lokasi arsitektur akan mengajukan beberapa gambaran konsep bangunan serta tata letak dan pembagian ruangan. Dalam pengajuan proposal bangunan, Anda boleh merevisi atau menyesuaikan dengan bentuk, selera dan kebutuhan.

 

3. Sepakati Kontrak Kerja / SPK

Setelah beberapa tahapan diatas, akan ada kontrak kerja yang harus disepakati. Kontrak ini terdiri dari desain dan apa yang dibutuhkan, dan juga harga yang diajukan. Sebelum menandatangani kontrak, pastikan Anda membaca kontrak dengan seksama.

Sumber Gambar : Freepik

Apa hak dan kewajiban yang harus dilakukan selama proses kerjasama. Setelah tanda tangan kontrak, arsitek biasanya akan mulai mendesain secara utuh konsep bangunan. Biasanya memakan waktu 4 minggu selama masa revisi berlangsung.

 

Sumber Gambar : Pixabay

Setelahnya anda akan masuk pada tahap pembangunan. Proses pembangunan ini biasnya akan memakan waktu 4-6 bulan. Jika semua tahapan sudah selesai, akan ada garansi 3 bulan untuk pengerjaan renovasi dan Anda dapat mengajukan klaim.

× How can I help you?