Sudah Waktunya Mendesain Rumah, Bagaimana Cara Mencari Arsitek? Simak Selengkapnya | Beddo Design Concept

Sudah Waktunya Mendesain Rumah, Bagaimana Cara Mencari Arsitek? Simak Selengkapnya

Sudah Waktunya Mendesain Rumah, Bagaimana Cara Mencari Arsitek? Simak Selengkapnya.

Terkadang hanya mengandalkan tukang tanpa perencanaan desain yang baik juga membuat tampilan rumah tidak sesuai. Bagi yang memiliki orangtua dan mampu membelikan anaknya rumah yang sudah jadi, juga tidak mampu membuat seseorang nyaman dengan rumah yang akan ditempati. Jika uang sudah terkumpul dan ingin membangun rumah, harus memilih desain terlebih dahulu.

Sumber gambar : Pexels

Tidak asal desain rumah yang kita pilih, namun ada beberapa hal lain yang diperhitungkan sebelum membuat rumah. Karena membuat suatu rumah perlu pengerjaan yang matang, dan beberapa bahan yang dibutuhkan. Dan semua itu ada hitungan dan nilai tersendiri yang tidak mudah untuk dilakukan sendiri. Jika ingin mudah, kita membutuhkan bantuan arsitek. Agar rumah bisa lebih sesuai dengan yang kita inginkan.

 

Cara Mencari Arsitek Untuk Membangun Rumah

Saat ini sudah banyak jasa arsitek yang bisa kita temui. Ada yang sudah memiliki kantor sendiri, dan ada pula yang dikerjakan di rumah arsitek tersebut. Namun jika kita belum mengenal arsitek yang akan kita pilih, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan arsitek yang pas dengan kebutuhan kita.

Sumber Gambar : Pexels

 

1. Cari arsitek dari platform digital.

Mencari arsitek alangkah lebih baik jika kita mencoba melihat beberapa portofolio, atau rekam jejak dari arsitek itu sendiri. Caranya sebelum menemui arsitek, kita bisa baca dahulu di Google atau sosial media. Atau ketika datang ke kantor arsitek, kita bisa lihat kantornya, apakah ada sertifikat yang dipajang, atau ada penghargaan khusus di kantornya. Bisa juga melihat beberapa review yang diberikan, atau testimoni pelanggannya.

Sumber Gambar : Pexels

 

2. Cari Arsitek dari Orang yang Pernah Menggunakan Jasa Arsitek

Jika kita punya teman yang memiliki kenalan arsitek, kita bisa tanya-tanya dahulu apakah dia bagus dalam mendesain rumah. Lihat beberapa hasil rumah yang sudah dibuatnya. Sehingga kita melihat dan berpikir dahulu, apakah sesuai dengan hasil kerjanya.

Sumber Gambar : Freepik

 

3. Persiapkan Dana Sambil Mencari Arsitek.

Selain itu dalam mencari arsitek juga perlu diperhatikan dana yang akan kita siapkan. Berapa budget yang kita punya dalam pembuatan desain rumah yang kita inginkan. Jika sudah ditentukan budgetnya, kita bisa mendatangi langsung arsitek tersebut. Kita bisa menanyakan harga dalam pembuatan desain, karena arsitektur sudah ada list harga yang sesuai dengan luas tanah yang kita punya.

Sumber Gambar : Pinterest

 

4. Mencari Arsitek berdasarkan Lokasi Terdekat

Mencari arsitek yang dekat dengan lokasi rumah kita. Dalam mencari arsitek, usahakan cari lokasi yang paling dekat dengan daerah kita tinggal. Karena arsitektur akan melihat kondisi dari tanah kita, apakah perlu di naikkan atau dipangkas juga. Dalam pengukuran rumah apakan perlu menyisakan beberapa bagian, pada di bagian pinggir maupun depan rumah untuk jalanan.

Sumber Gambar : Pexels

 

5. Pertimbangakan Bahan Baku.

Seorang arsitek juga akan mempertimbangkan bahan baku yang digunakan untuk membuat rumah. Misalnya saja seperti pasir, batu-bata, semen, genting. Setelah semua dipersiapkan, kita bisa mulai dengan memberikan desain yang kita inginkan untuk dibuat. Setelahnya akan dibuat pemetaan oleh arsitektur berapa ukuran dari setiap ruangan.

Sumber Gambar : Adhyaksa Persada Indonesia

 

Sekian pembahasan kali ini, jika Anda berniat mendesain rumah silahkan pilih jasa desain arsitek yang berpengalaman menanganinya.

× How can I help you?