Tips Cerdas dan Tepat Bangun Rumah, untuk Rumah yang Lebih Fungsional

Rumah minimalis fungsional telah didesain sedemikian rupa. Agar tidak hanya terlihat berestetika. Tapi juga lebih fungsional. Bagaimana membuat rumah dengan keterbatasan lahan memiliki fungsi yang lebih maksimal. Maka dari itu diperlukan tips cerdas dan tepat renovasi rumah.

Cara Terbaik Renovasi Rumah Lahan Sempit

Tidak seperti rumah yang dibangun pada lahan yang luas. Membangun rumah di lahan yang sempit diperlukan trik dan tips tersendiri. Apa saja tips yang harus dilakukan? Berikut informasi selengkapnya.

Menggunakan Warna Netral

Agar ruangan terlihat lebih luas, sebaiknya gunakan warna-warna cerah yang cenderung monokrom. Seperti perpaduan warna krem dan cokelat muda atau putih dengan abu-abu. Terlalu banyak menggunakan warna hanya akan membuat rumah terlihat lebih sempit.
Begitu pula dengan perabotannya. Gunakan perabot yang berwarna senada dengan warna dinding, plafon, ataupun lantai. Kalaupun ingin menambah sedikit warna, jangan terlalu kontras dengan warna sekitar.

Bermain Cantik dengan Furnitur

Tips cerdas dan tepat renovasi rumah selanjutnya adalah dengan fokus pada furniture. Gunakan Furniture yang memiliki dua fungsi. Sebagai perabotan sekaligus juga sebagai hiasan.
Jangan memilih furnitur yang terlalu banyak motif. Pilih saja motif minimalis dengan garis kecil. Terlihat sederhana tanpa meninggalkan kesan mewah. Contohnya saja rak dinding. Selain sebagai tempat menyimpan barang, bisa juga difungsikan sebagai hiasan untuk ruang tamu.

Gunakan Konsep Mezzanine

Yaitu menambah area bawah plafon sebagai ruangan tambahan tanpa harus menambah satu lantai lagi. Konsep mezzanine hanya bisa dilakukan jika tinggi bangunan sekitar 3 meter. Konsep ini juga bisa disebut dengan konsep satu setengah lantai.
Anda bisa menggunakan area mezzanine sebagai ruang tidur, ruang santai, perpustakaan, atau bahkan wardrobe. Meski mungkin tidak begitu luas, nyatanya banyak yang menerima manfaat dari adanya ruangan tambahan ini.

Adanya tempat penyimpanan Tak Terlihat

Ada beberapa tempat tersembunyi yang bisa digunakan sebagai tempat penyimpanan. Salah satunya adalah bawah tangga atau bisa juga di bawah sofa. Selain tidak memakan area lebih banyak, tempat-tempat tersebut juga aman dari jangkauan anak-anak. Rumah akan lebih terlihat bersih dan rapi.

Menggunakan Konsep Open Space

Konsep ruangan terbuka atau open space telah familiar di banyak hunian. Terutama untuk hunian minimalis dengan lahan yang sempit. Karena konsep area terbuka ini memungkinkan untuk rumah terlihat lebih lapang meski dibangun pada lahan yang sempit.

Anda bisa menyatukan tua ruang tamu, ruang keluarga dan dapur menjadi satu. Atau jika ingin ada sekat, bisa menggunakan partisi non permanen.

Itulah 5 tips cerdas dan tepat renovasi rumah agar hunian lebih terlihat fungsional. Meski sederhana dan tidak membutuhkan banyak biaya, nyatanya beberapa tips di atas mampu membuat hunian terasa lebih nyaman.

× How can I help you?