Terapkan Konsep Mezzanine Jika Anda akan Membangun Rumah, untuk Solusi Rumah di Lahan yang Minim

Terapkan Konsep Mezzanine Jika Anda akan Membangun Rumah, untuk Solusi Rumah di Lahan yang Minim

Konsep mezzanine merupakan salah satu solusi rumah di lahan yang sempit. Meski belum terlalu populer, nyatanya banyak juga yang menggunakan konsep ini. Terutama bagi mereka yang sengaja membangun rumah dengan langit-langit yang tinggi.

sumber gambar : pinterest

Dikatakan sebagai solusi karena anda tidak perlu menambah satu lantai untuk bisa mendapat ruang tambahan. Karena ruangan yang terlihat menggantung ini bisa menjadi alternatif yang fungsional sekaligus estetik. Lalu apa saja yang manfaat yang bisa didapat dari mezzanine ini? Berikut Informasi Selengkapnya.

 

1. Sebagai Ruang Tidur

Bagi anda yang tinggal di apartemen tipe studio, konsep mezzanine merupakan solusi rumah di lahan yang sempit. Dengan konsep ini anda bisa membuat kamar tidur di atas. Sedangkan bagian bawah bisa digunakan untuk dapur, kamar mandi, dan ruang kerja.
Sedikit catatan, agar terlihat menarik, gunakan perabot yang fungsional dengan lebar sesuai ukuran area mezzanine. Sehingga ruangan terlihat lebih lapang dan tidak terasa sumpek.

sumber gambar : rooms

 

2. Ruang Perpustakaan

Anda suka baca? Tidak ada salahnya membangun perpustakaan kecil di area mezzanine ini. Anda bisa meletakkan rak buku memanjang untuk menyimpan berbagai koleksi buku yang ada. Jangan lupa menambah sofa panjang, meja, atau perabot lain untuk membuat aktivitas membaca lebih nyaman.
Selain itu, penambahan lampu penerangan yang baik juga akan sangat bermanfaat. Dan terakhir, perhatikan sirkulasi udara yang baik. Karena udara yang pengap dan panas akan mengganggu konsentrasi membaca anda.

sumber gambar : dekoruma

 

3. Ruang Kerja

Selain untuk ruang perpustakaan, konsep mezzanine juga bisa digunakan sebagai ruang kerja. Bagi anda yang kerja di rumah atau memiliki hobi tertentu, konsep mezzanine bisa membantu untuk lebih fokus bekerja.
Cukup tambahkan meja kerja, seperangkat komputer, sofa untuk istirahat, dan berbagai keperluan kerja lain. Termasuk jika anda ingin memiliki studio untuk melakukan hobi. Konsep mezzanine mampu memberikan kenyamanan ekstra saat bekerja karena tidak diganggu dengan kebisingan aktivitas rumah lainnya.

sumber gambar : pinterest

 

4. Ruang Bersantai

Tidak hanya untuk ruang kerja atau studio saja. Anda juga bisa memanfaatkan konsep mezzanine sebagai ruang bersantai. Seperti saat nonton televisi atau olah raga ringan. Cukup tambahkan seperangkat home theater, sofa panjang, alat-alat olah raga, dan perabotan apapun yang mendukung.
Boleh juga melengkapi dengan kulkas yang berisi berbagai logistik makanan. Agar jika sewaktu-waktu terasa lapar dan haus tidak perlu turun ke bawah mengambil makanan atau minuman.

sumber gambar : courtina

 

5. Wardrobe

Kamar terasa sempit untuk menyimpan koleksi barang fashion? Gunakan saja konsep mezzanine. Anda bisa menyimpan berbagai koleksi baju, sepatu, tas, kaca mata dan aksesoris lainnya di sini. Selain praktis, juga tidak membutuhkan ruang tambahan di kamar.

sumber gambar : dwell

Bagaimana? Ternyata konsep mezzanine adalah solusi Rumah di lahan yang minim. Selain 5 fungsi di atas, anda juga bisa menggunakan mezzanine untuk fungsi lainnya sesuai keperluan.

× How can I help you?