Simak 6 Langkah Bangun Rumah Sendiri Secara Efektif Dan Efisien

Simak 6 Langkah Bangun Rumah Sendiri Secara Efektif Dan Efisien

Rumah adalah sebaik-baiknya tempat untuk melepaskan penat setelah seharian beraktivitas diluar, berbagi kasih sayang, tawa dan tangis. Itulah salah satu faktor kenapa semua orang ingin memiliki rumah idaman. Namun sayangnya harga jual dan kredit rumah mengalami kenaikan setiap tahunnya. Walau demikian jangan putus asa karena masih ada opsi pilihan lain, yaitu bangun rumah sendiri.

Sumber : Nanne Springer

Bangun rumah dari nol bisa dibilang susah mudah. Namun bisa menjadi hal menarik dan menantang karena hasilnya bisa sesuai dengan keinginan Anda sendiri. Berbeda dengan kompleks perumahan, desainnya belum tentu sesuai. Selain itu Anda bisa menentukan apa saja yang menjadi prioritas dan bagaimana nantinya rumah akan dibangun. Tetapi seringkali dana pembangunan membengkak hingga berlipat-lipat.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini gambaran persiapan dan tahapan bangun rumah dari nol yang efektif dan efisien agar terhindar dari masalah buang-buang waktu, tenaga dan biaya.

  1. Cari Referensi Seputar Gaya Rumah

Sumber : Archify

Apakah Anda ingin memiliki rumah dengan gaya minimalis, klasik, art deco, modern atau klasik? Sekarang sudah banyak gaya rumah dengan desain yang menarik. Dengan mengetahui referensi mengenai gaya rumah bisa menambah wawasan dan melahirkan ide kreatif pembangunan rumah idaman.

 

  1. Siapkan Dana

Sumber : Arsitag

Membangun rumah sendiri setidaknya harus ada dana cadangan 10% dari semua dana yang digunakan. Gunanya untuk mengantisipasi jika terjadi pembengkakan biaya karena seiring waktu harga bahan-bahan bangunan akan mengalami kenaikan. Jika dana Anda terbatas bisa membangun secara bertahap.

 

  1. Pilih Lokasi

Sumber : casaindonesia

Banyak faktor yang harus dipertimbangkan saat memilih lokasi. Mulai dari status lahan, suasana lingkungan sekitar, nilai investasi, dan sebagainya. Pikirkan semua faktor kebutuhan keluarga serta perkembangan lokasi jangka panjang/di masa yang akan datang.

 

  1. Buat Daftar Kebutuhan

Sumber : Arsitag

Pertimbangkan kebutuhan jangka pendek, menengah dan jangka panjang, maksudnya jika awalnya kebutuhan jangka pendek Anda dan keluarga hanya kamar tidur dan ruangan pendukung, bisa jadi beberapa tahun kemudian kebutuhan rumah bertambah, seperti kebutuhan ruang kerja, ruang bermain, danlainnya. Itu sebabnya pertimbangkan “ruang tumbuh” dengan membuat daftar kebutuhan untuk jangka pendek, menengah dan panjang.

  1. Kontraktor

Sumber : beddodesignconcept.co.id

Jika masih ragu atau bingung, bisa konsultasi ke arsitek untuk membantu mewujudkan rancangan desain rumah idaman Anda. Dan yang tidak kalah penting, pilih kontraktor yang handal dan bisa dipercaya. Pastikan membuat kontrak tertulis yang jelas dan detail mengenai deskripsi pekerjaan, material yang dibutuhkan, biaya, waktu dan sanksi jika pekerjaan tidak dijalankan sesuai perjanjian.

 

  1. Mengurus IMB

Sumber : dekoruma

Mengurus Izin Mendirikan Bangunan(IMB) sangat penting karena jika tidak memiliki IMB dapat menyebabkan kegagalan proses pembangunan dan mengalami kerugian besar. Pastikan jalurnya resmi, jangan mengandalkan calo.

Demikian artikel mengenai langkah-langkah bangun rumah sendiri. Simak terus artikel seputar trik, tips, dan solusi seputar rumah di website ini. Jika Anda memiliki cerita atau ide yang ingin dibagikan atau pertanyaan bisa tulis di kolom komentar yang kami sediakan.

× How can I help you?