Sentuhan Masa Depan Pada Arsitektur Rumah Modern Gaya Futuristik

Sentuhan Masa Depan Pada Arsitektur Rumah Modern Gaya Futuristik

Suasana rumah yang itu-itu saja kadang bisa membuat jenuh dan bosan. Menata ulang ruangan merupakan hal yang menyenangkan, apalagi jika hasilnya sesuai atau lebih dari ekspektasi. Salah satu ide yang bisa Anda coba adalah rumah modern gaya futuristik yang memiliki ciri khas yang membedakan dengan gaya rumah mewah modern lainnya.

Sumber : Stunning Home

 

Arti Dan Sejarah Gaya Futuristik

Arti dari kata futuristik mengarah/ menuju masa depan, pada sebuah bangunan menggambarkan jika pembangunan dan perencanaannya tidak berdasarkan pada masa lalu, namun lebih menggambarkan masa depan. Itu sebabnya kadang bentuknya tidak lazim.

Sumber :  Countryside.

Arsitektur gaya futuristik muncul pertama kali pada awal abad ke-20 di Italia, merupakan bagian dari futurism,yaitu suatu gerakan seni seorang penyair, Filippo Tommaso Marinetti tepatnya tahun 1909. Selain menarik sejumlah arsitek, gerakan ini juga mempengaruhi para penyair dan musisi.

 

Ciri Khas Bangunan Gaya Futuristik

Untuk mempermudah mengonsep ulang ruangan menjadi bernuansa futuristik, sebaiknya ketahui terlebih dahulu ciri-ciri rumah modern gaya futuristik berikut ini!

  1. Warna

Ciri khas yang pertama adalah dindingnya berwarna putih, silver atau kuning. Warna-warna tersebut memberikan kesan yang modern, elegan, dan luas. Warna-warna kontras yang dikombinasikan juga bisa memberikan kesan futuristik. Contohnya warna putih yang dipadukan dengan warna-warna terang, memberikan kesan lebih solid.

Sumber :  Interior Design Ideas.

 

 

  1. Minimalis

Ciri khas Desain Rumah Modern futuristik berikutnya adalah banyak mengadopsi prinsip konsep minimalis. Furnitur yang digunakan memiliki desain sederhana dan fungsional atau yang memang diperlukan/digunakan. Selain itu rumah modern futuristik tidak banyak menggunakan ornamen. Anda juga dapat memanfaatkan paduan bentuk geometris maupun buatan untuk membuat ruang berkesan mewah dan elegant.

 

Sumber : azhan.co & lightology.com

 

  1. Pencahayaan

Lampu merupakan faktor penting untuk membangun suasana dalam ruangan. Biasanya gaya futuristik menggunakan lampu jenis LED yang bisa menghasilkan sinar warna warni dan bisa diatur intensitas cahayanya.

 

Sumber : Pinterest

  1. Didominasi Lengkungan

Sekarang bentuk desain rumah modern futuristik sangat bervariasi, namun bentuk geometris lebih banyak digunakan. Yang paling popular adalah bentuk lengkungan. Selain struktur bangunan, bentuk lengkungan ini juga digunakan untuk furnitur.

 

Sumber : Pinterest

 

  1. Dekorasi Unik

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan saat Anda menata ruangan dengan konsep/ gaya futuristik adalah artwork. Ada banyak pilihan, seperti: memasang hiasan berupa lukisan abstrak, bunga, surealis dsb. Atau bisa juga pernak pernik dekorasi yang polanya sejenis dengan gaya retro.

Sumber : nordicwallart.com

 

 

  1. Material Licin Dan Mengkilap

Pemilihan material rumah mewah modern futuristik umumnya yang materialnya licin dan mengkilap, seperti: jenis-jenis kaca, stainless steel, marmer dan batu granit. Pantulan cahaya dari material akan menghasilkan efek atau suasana yang berbeda.

Sumber : etsi.com

 

 

  1. Teknologi Hi-Tech

Ciri khas terakhir rumah mewah modern futuristik adalah menggunakan teknologi canggih. Seperti peralatan elektronik, lampu yang bisa dikendalikan langsung menggunakan remote atau telepon genggam.

Sumber : kancy.com

Dari pembahasan mengenai ciri-ciri rumah modern futuristik ini diharapkan bisa membantu menata ulang ruangan rumah dengan suasana yang unik dan berbeda. Suasana baru dengan interior yang unik bisa mempengaruhi mood dan kualitas jam istirahat menjadi lebih berkualitas.

× How can I help you?