Pentingnya Kelengkapan Gambar Kerja Ketika Anda Menggunakan Jasa Rancang Bangun Rumah | Beddo Design Concept

Pentingnya Kelengkapan Gambar Kerja Ketika Anda Menggunakan Jasa Rancang Bangun Rumah

Pentingnya Kelengkapan Gambar Kerja Ketika Anda Menggunakan Jasa Rancang Bangun Rumah.

Merencanakan pembangunan rumah dengan menggunakan desain gambar kerja sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan kelengkapan gambar kerja ibarat peta dalam membuat rumah. Adanya petunjuk serta arahan yang pasti, akan membuat perancang dan kontraktor yang membuat rumah tidak mengalami kebingungan.

Sumber Gambar : Pexels – Thirdman.

 

Ada baiknya sebelum kita ingin membangun rumah, pastikan kita merancang design yang akan dibuat. Berikan ukuran yang pasti dan gambaran secara detail setiap ruangan. Selain itu, tambahkan design gambaran aliran listrik yang akan dipasang nantinya. Jika semua rancangan sudah dibuat, kita bisa berikan ke kepala tukang atau kepala kontraktor yang akan menangani pembangunan rumah.

 

Jasa Rancang Bangun Rumah

Namun bagaimana jika kita tidak bisa membuat gambarannya sendiri ?. Kita bisa gunakan jasa rancang bangun rumah yang akan membantu setiap rinciannya. Jasa tersebut tergabung dengan beberapa profesional lainnya, seperti arsitek, lalu ada kontraktor, dan teknisi listrik yang memahami aliran listrik rumah. Sangat memudahkan dan bisa menghemat waktu jika menggunakan jasa rancang bangun.

Sumber Gambar : Freepik.

 

Kita tidak perlu bingung pembuatan design dan hal lainnya. Gambar kerja yang dibuat oleh penyedia jasa merupakan gambar teknis di lapangan. Sehingga gambar yang telah selesai akan diimplementasikan dengan bentuk nyata. Setiap gambar yang dibuat harus jelas dan mudah untuk dipahami. Karena gambar yang kurang informasi dan tidak jelas, akan membuat pekerja kebingungan dan terjadi kesalahan dalam pembuatannya.

Di dalam design gambar kerja, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah :

 

1. Tepat Waktu

Adanya gambar detail yang lengkap dan terperinci, membuat semua bisa selesai dengan tepat waktu. Para pekerja yang menyelesaikan bangunan rumah kita, melihat seberapa ukuran dan bentuk yang digambar. Selain itu, jika gambar design yang dibuat mudah diterjemahkan, pekerja pun tidak kesulitan. Hasilnya akan sesuai dengan yang diinginkan dan bisa selesai dengan cepat.

Sumber Gambar : Freepik

 

2. Hitungan Akurat

Di dalam gambar ada hitungan yang akurat. Mulai dari jumlah besi beton yang akan dipergunakan, kemudian dimensi kolom seberapa, dan balok struktur juga dihitung semua.

Sumber Gambar : Pexels – Mirosnichenko.

 

3. Menampakan Bentuk Bangunan

Adanya gambar untuk menampakkan bentuk bangunan, seperti bagian denah layout, dena lantai, denah untuk kusen dan jendela. Lalu gambar kerja struktur, seperti denah titik pondasi, denah sloof, tabel penulangan sloof.

Sumber : Freepik.

 

4. Gambar MEP

Terdapat gambar leketrika dan juga mekanik, seperti denah instalasi listrik, denah AC, detail untuk septic tank, denah untuk air.

Sumber Gambar : Freepik.

 

5. Hitungan Pasti

Semua hitungan harus pasti, tidak boleh kira-kira dan tidak boleh mengikuti apa kata tukang. Jika ada kesalahan, akan mengakibatkan banyak kerugian. Mulai dari rugi waktu, rugi bahan material, dan rugi biaya.

Sumber Gambar : Pexels – Jeshoots.

 

6. Item Gambar Kerja

Denah, tampak, potongan, persfektif view, render view, mekanikal, elektrikal, denah instalasi air bersih, air kotor, instalasi lampu, dan masih banyak lagi. Itulah kelengkapan gambar yang akan anda dapatkan, yang pastinya sangat berguna untuk proses pembangunan rumah.

Sumber Gambar : Freepik

 

Merancang bangunan dengan pasti akan membuat rumah menjadi lebih indah dan terjamin kualitasnya. Serta dapat menghemat waktu dan biaya jika dilakukan dengan benar, apalagi dengan bantuan jasa rancang bangun rumah.

× How can I help you?