Langkah-Langkah Awal Sebelum Merancang Desain Dan Bangun Restoran, Cafe | Beddo Design Concept

Langkah-Langkah Awal Sebelum Merancang Desain Dan Bangun Restoran, Cafe

Langkah-Langkah Awal Sebelum Merancang Desain Dan Bangun Restoran, Cafe

Bisnis kuliner sampai hari ini masih menjadi peluang yang menjanjikan, Umumnya orang pergi ke sebuah cafe tidak sekedar makan dan minum saja, namun juga untuk bertemu relasi, nongkrong bersama teman atau untuk melepaskan penat setelah seharian bekerja. Dalam artikel ini kita akan membahas lebih spesifik mengenai langkah awal sebelum merancang Desain dan Bangun Restoran, Cafe.

Sumber : Behance

Perencanaan konsep desain interior cafe menjadi hal yang penting. Pemilihan interior mempengaruhi karakteristik cafe itu sendiri. Sekarang ini banyak cafe yang memilih tema minimalis, tapi ada juga yang berani menciptakan interior yang unik berbeda dengan yang lain.

 

 

Beberapa tips untuk Anda merancang desain dan bangun restoran, cafe yang bisa menciptakan daya tarik dan membuat orang-orang penasaran untuk datang.

  1. Tentukan Tema Interior

Yang pertama harus dilakukan adalah menentukan terlebih dulu tema. Misalnya, tema dengan nuansa alam, tema vintage, tema berdasarkan hobi dsb. Pikirkan dengan matang tema apa yang akan diangkat, setelah itu Anda bisa dengan mudah menentukan desainnya.

Sumber : Behance

 

  1. Pilih Desain Interior Yang Sesuai Dengan Tema

Setelah selesai memilih tema restoran, selanjutnya pilih desain interior yang mendukung tema tersebut. Anda bisa mencari referensinya dari majalah, buku dan internet. Atau bisa konsultasikan kepada arsitek yang terpercaya.

Sumber : Arch20

Jika Anda memilih konsep restoran terbuka dan langit-langit tinggi, siapkan desain yang nantinya harus penuh dengan tanaman atau kolam ikan. Pasti pengunjung akan merasa nyaman dan rileks karena seperti berada di alam terbuka yang hijau.

 

  1. Pilih Furniture Yang Sesuai Dengan Konsep

Tidak semua furniture sesuai dengan konsep restoran yang diinginkan, oleh sebab itu memilih furniture harus diperhitungkan dengan matang agar tidak salah beli. Selain mengikuti konsep atau tema, furniture juga harus sesuai dengan fungsi dan nyaman.

Sumber : Behance

Pertimbangkan juga bahan furniture, apakah kayu, metal, rotan atau bahan lainnya yang sesuai dengan konsep  desain interior cafe.

 

  1. Jangan Takut Memadukan Warna

Sumber : Behance

Pemilihan warna mempengaruhi suasana di dalam cafe. Pilih warna-warna yang serasi agar aura tema lebih terasa. Anda bsa memadukan warna cokelat muda dengan cokelat tua yang ditabrakkan dengan beberapa warna merah. Masih banyak pilihan kombinasi warna menarik yang bisa Anda jadikan pilihan.

 

  1. Pencahayaan

Sumber : Behance

Cahaya adalah faktor terpenting sebuah ruangan. Pencahayaan dapat memberikan suasana ruangan, tentu  saja hal ini berhubungan dengan konsep yang ingin Anda tampilkan. Selain itu cahaya juga bisa membuat tampilan makanan yang berbeda. Selain lampu, andalkan pencahayaan cahaya matahari.

 

  1. Memilih Bukaan Jendela

Sumber : Furnizing

Desain bentuk dan frame jendela juga perlu didesain dengan baik, selain agar sinar matahari masuk bentuk jendela juga dapat memberikan kesan mendalam bagi para pengunjung. Pengunjung bisa menikmati hidangan sambil menikmati pemandangan dari luar.

Membuat desain dan bangun restoran, cafe memang bukanlah hal yang mudah, namun dengan menggunakan tips-tips di atas bisa membantu lebih mudah. Dengan perencanaan yang matang, Anda bisa membuat restoran/ cafe sesuai dengan konsep yang Anda inginkan. Selain itu,bisa membantu membuat gambaran berapa biaya yang harus disiapkan.

× How can I help you?