Jangan Lupa 6 Hal Ini Saat Memilih Arsitek untuk Mewujudkan Rumah Impian.

Jangan Lupa 6 Hal Ini Saat Memilih Arsitek untuk Mewujudkan Rumah Impian.

Setiap orang pasti menginginkan bisa memiliki rumah impian, yang tidak hanya bagu, namun ketika suatu saat terpaksa harus dijual pun masih bisa diberikan harga tinggi. Untuk itulah peran seorang arsitek digunakan.

Sumber Gambar : IAI Jakarta

Banyak memang jasa arsitek yang tersebar di seluruh nusantara, bahkan sekarang juga sudah membentuk jaringan di media sosial. Para arsitektur muda terkadang juga secara terang-terangan menawarkan jasanya melalui Facebook atau akun sejenisnya.

Namun berhati-hatilah, jika Anda tidak ingin menyesal nantinya. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa arsitek :

 

1. Buat Perbandingan

Anda mungkin saja belum mengenal arsitek tersebut, karena tidak sengaja menemukannya dari Facebook. Atau Anda mendapat saran dari teman Anda, namun Anda belum sreg.

Sumber Gambar : Suryani Studio

 

Apapun alasannya, Anda patut untuk membuat daftar nama-nama bakal arsitek yang akan Anda gunakan jasanya untuk mewujudkan rumah impian Anda. Catat semua hal terkait biaya, kelebihan serta kekurangan, juga kontak yang dapat dihubungi. Dengan begitu, Anda dapat membuat perbandingan, mana arsitek yang lebih cocok dengan Anda.

 

2. Ajak Bicara Langsung

Setelah berhasil melakukan perbandingan, langkah selanjutnya yang akan Anda lakukan adalah mengajak beberapa kandidat arsitek tersebut untuk berbicara secara langsung. Anda dapat mengajaknya kopi darat, atau mungkin bisa melakukan video call. Di sini Anda dapat mengerucutkan lagi dari beberapa kandidat terbaik.

Sumber Gambar : Arsitur

 

3. Cek Portofolio Mereka

Dari beberapa arsitek yang mendekati dengan kecocokan Anda tersebut, Anda dapat mengecek portofolionya. Dalam hal ini Anda dapat mencari tahu mana arsitek yang lebih banyak membuat bangunan besar, seperti gedung sekolah atau rumah sakit, maupun mana arsitek yang lebih banyak membangun rumah seperti yang sedang Anda cari.

Sumber Gambar : Adhyaksa Persada.

 

4. Sesuaikan Budget

Jika sudah merasa menemukan yang cocok, jangan lupa cek juga berapa jasa yang diberikan. Jangan sampai Anda memilih arsitek yang budgetnya sangat tinggi. Ini akan mencekik Anda sendiri. Oleh karena itu, selain mengecek portofolionya, Anda juga wajib mengecek rate biaya yang mereka berikan.

Sumber Gambar : Pinterest

 

5. Bertanya ke Klien Sebelumnya

Menanyakan pada klien lain yang sebelumnya menggunakan jasa arsitek tersebut juga wajib untuk Anda lakukan. Karena dengan begitu, akan lebih meyakinkan Anda dalam menentukan mana arsitek yang tepat.

Sumber Gambar : Exacon

 

6. Negoisasi Biaya

Ini adalah hal yang paling sulit dilakukan. Maka sebaiknya Anda pikirkan dulu berapa anggaran keseluruhan Anda untuk membangun rumah impian. Jika dirasa arsitek pilihan Anda memberikan harga yang terlalu tinggi, idealnya Anda dapat melakukan negosiasi dengan menawar 30% dari harga yang ditawarkannya.

Sumber Gambar : Glints

 

Sebaiknya Anda tidak menawar dengan angka yang sangat rendah, karena pengaruhnya ada pada pengerjaan rumah yang mungkin berimbas tidak baik. Selain itu dengan tidak memberi penawaran yang rendah, Anda juga sudah menghargai arsitek yang memang sudah berpengalaman di bidangnya.

× How can I help you?