Ini Yang Jadi Kelebihan Dan Kekurangan Ruang Kantor Tertutup

Ini Yang Jadi Kelebihan Dan Kekurangan Ruang Kantor Tertutup

Ada beberapa jenis – jenis ruang kantor yang diaplikasikan di dunia ini, mulai dari ruang kantor yang tertutup (bersekat), terbuka (openplan), berhias (decorative) dan gabungan. Setiap jenis memiliki keuntungan dan kelebihannya masing-masing. Nah dalam artikel ini kita akan membahas spesifik jenis ruangan yang tertutup, baik kelebihan maupun kekurangannya.

Sumber : Pinterest

 

  

Ruang Kantor Tertutup Atau Berkamar

Sebenarnya konsep ruangan kantor tertutup (cubicle type offices) ditentang oleh banyak orang, namun kenyataannya masih tetap popular oleh orang yang ingin memiliki ruang kerja yang lebih privat agar lebih fokus dan konsentrasi dalam bekerja.

Sumber : officesnapshot.com

Sifatnya lebih privat, memiliki ruang divisi atau ruang untuk masing-masing pegawai yang terpisah melalui sekat maupun tembok. Ada yang tertutup hingga plafon, ada juga yang model batasnya hanya setengah atau setinggi manusia. Ada yang dilengkapi pintu ada juga yang tidak. Fungsi ruang kerja yang tidak berpintu adalah untuk membatasi pandangan mata, agar si karyawan lebih fokus bekerja dalam menyelesaikan permasalahan.

 

Keuntungan

Sumber : Behance

Ada beberapa keuntungan bagi para pegawai yang bekerja dengan ruang kantor tipe tertutup, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Karena pandangan pegawai dibatasi oleh sekat, maka bisa membantu pegawai lebih fokus dan konsentrasi.
  • Privasi yang tinggi, sehingga untuk pekerjaan yang sifatnya rahasia bisa lebih menjamin kerahasiaan.
  • Karena setiap divisi memiliki ruang kerja masing-masing maka bisa lebih mudah membedakan divisi-divisi yang ada dan menjaga status masing-masing jabatan sehingga dapat menjaga kewibawaan pemimpin.
  • Setiap orang memiliki tanggung jawabnya sendiri atas ruangan yang di

 

Kekurangan

Sumber : retaildesign.blognet

Sama halnya dengan jenis-jenis ruang kantor lainnya, selain memiliki kelebihan ruangan kantor tertutup juga memiliki kekurangan. Kekurangan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Karena setiap ruang kerja terdapat sekat pembatas, menyebabkan komunikasi antar orang tidak bisa dilakukan secara tatap muka/langsung.
  • Biayanya lebih besar karena membutuhkan sekat, pengaturan cahaya, pemeliharaan ruangan hingga biaya peralatan dan perlengkapan kantor lainnya.
  • Kurang fleksibel apabila suatu saat terjadi perubahan tempat, renovasi atau perombakan organisasi.
  • Mempersulit pengawasan karena setiap divisi atau masing-masing pegawai memiliki ruangannya sendiri.
  • Karena disekat-sekat maka membutuhkan ruangan yang lebih luas dan lapang untuk menata peralatan dan perlengkapan kantor.

 

Jenis ruang kantor tertutup bisa lebih nyaman jika menggunakan furniture yang mampu membuat ruangan lebih hangat, lebih hidup dan menyenangkan untuk semua karyawan yang bekerja. Selain itu suasana harus dibuat lebih energik, hilangkan kesan kaku sehingga bisa membuat rasa tenang saat proses bekerja.

 

Sumber : behance.net

Penataan ruang kantor apapun jenisnya  akan memberikan manfaat bagi perusahaan yang bersangkutan dalam menyelesaikan pekerjaan dengan demikian diharapkan dapat mencapai tujuan sesuai harapan.

Jangan sampai ketinggalan informasi mengenai jenis-jenis ruang kantor lainnya, masih di situs kesayangan Anda ini.

× How can I help you?