Ingin Rumah Dekat Sungai (Riverside) Aman? Siasati dengan Hal Berikut! | Beddo Design Concept

Ingin Rumah Dekat Sungai (Riverside) Aman? Siasati dengan Hal Berikut!

Ingin Rumah Dekat Sungai (Riverside) Aman? Siasati dengan Hal Berikut !

Rumah adalah salah satu hal yang dibutuhkan oleh manusia. Ada banyak sekali tipe rumah yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah riverside.  

sumber gambar : pinterest

 

1. Keamanan

Hal pertama yang harus menjadi pertimbangan Anda adalah keamanan. Keamanan dari segi pelayanan dan dari segi alam. Bagaimanapun, rumah yang lokasinya dekat dengan sungai pasti lebih rawan untuk terkena banjir. Anda harus berkonsultasi dengan orang yang ahli dalam perencanaan bangunan seperti arsitek. Jangan sampai ketika Anda sudah membeli rumah tersebut Anda malah sering mengalami kebanjiran.

sumber gambar : 99.co

Tanyakan pada pemilik rumah apakah sungai di dekat rumah tersebut berukuran besar atau kecil. Apabila terlalu besar dan arusnya deras, lebih baik untuk tidak mengambil rumah tersebut. Mengapa? Tentu karena resiko banjirnya sangat besar.

 

2. Tahu Asal Usul Rumahnya

Membeli rumah tidak boleh asal-asalan loh. Anda harus tahu asal usul rumah tersebut sebelum membelinya. Karena lokasinya berada di riverside, sangat wajar bila dulunya tanah tersebut bukanlah rumah. Tanyakan kepada si penjual dan kepada warga sekitar. Bila penjual mengatakan bahwa rumah tersebut dulunya juga rumah, pastikan bahwa hal tersebut benar kepada warga sekitar.

sumber gambar : 99.co

Jangan sampai Anda membeli rumah yang dulunya bekas sawah, rawa atau bahkan pembuangan sampah. Hal ini tidak disarankan atau bahkan sebaiknya sangat dihindari karena berpengaruh kepada sanitasi dan lingkungan rumah. Anda tentu tidak ingin membeli rumah yang kualitas sanitasinya buruk bukan?

 

3. Melihat Saluran Pembuangan Air

Setiap perumahan pasti memiliki saluran pembuangan airnya masing-masing. Nah, Anda bisa melihat bagian ini untuk tahu apakah rumah tersebut layak dihuni atau tidak. Pilihlah perumahan yang punya saluran pembuangan air tertutup dan ukurannya besar. Jangan sampai saluran tersebut terlalu kecil sehingga sangat mungkin terjadi penyumbatan.

sumber gambar : 99.co

Saluran air yang tertutup memiliki fungsi untuk memperkecil kemungkinan masuknya sampah dari luar. Pasti Anda sudah tahu bahwa sampah adalah salah satu penyebab banjir karena ia dapat menyumbat aliran air.

 

4. Penyerapan Air

Perhatikan bagaimana sistem penyerapan air ke dalam tanah yang dimiliki oleh calon rumah Anda. Banyak perumahan yang menggunakan paving block dan konblok. Hindari perumahan yang bagian penyerapan airnya tidak bisa maksimal karena bisa menimbulkan genangan air atau banjir. Biasanya developer menyiasatinya dengan memasang lubang biopori di area rawan banjir. Meskipun bisa mencegah banjir, tetapi hal ini bisa menimbulkan genangan air.

sumber gambar : pinterest

 

Nah itu dia beberapa hal yang perlu Anda ketahui bila ingin rumah dekat sungai yang aman.

× How can I help you?