ide model partisi ruang tamu dan ruang keluarga

Ide Model Partisi Ruang Tamu & Keluarga, Alternatif Konsep Open Space

Setiap manusia pasti memiliki privasi masing-masing. Dan setiap orang berhak menjaga privasinya. Ada berbagai cara agar privasi tetap terjaga, apalagi dalam rumah. Privasi keluarga biasanya akan terlihat pada ruang keluarga. Oleh karena itulah pemilik rumah selalu memisahkan ruang keluarga dan ruang tamu. Bahkan ide desain model partisi ruang tamu dan ruang keluarga pun banyak mendapat perhatian untuk yang membutuhkannya.

 

Baca Juga : 9 Model Rumah Minimalis Terbaru 2023, Sederhana dan Nyaman

 

Dengan mengaplikasikan partisi pada ruangan Anda, privasi milik keluarga tetap terjaga. Pada zaman sekarang, sedang menjadi trend tentang rumah yang hadir tanpa sekat. Sehingga ruangan yang ada dalam rumah seperti ruang tamu dan ruang keluarga menjadi satu. Sehingga desain ini tidak membutuhkan dinding yang akan menghalangi pandangan orang-orang.
Hal ini menyebabkan ruangan dalam rumah terbuka lebar. Agar privasi tetap terjaga saat menggunakan desain ini maka tambahkanlah penyekat ruangan.

Model Partisi Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

Saat ini sedang marak penggunaan ide desain partisi ruang tamu dan ruang keluarga. Rumah-rumah yang ada pada zaman sekarang lebih sering menggunakan desain ruangan yang menjadi satu. Dengan kata lain tidak menggunakan pembatas ruangan seperti dinding yang bisa menghalangi pandangan. Sehingga sebagian pemilik rumah takut tidak memiliki privasi saat menggunakan model desain ini.
Padahal privasi akan tetap terjaga jika menggunakan partisi pada setiap ruangan. Berikut ini merupakan model partisi untuk ruang tamu dan ruang keluarga, antara lain :

Sekat Berbentuk Pintu : 

Tidak semua sekat yang ada pada ruangan berbentuk dinding. Orang-orang yang ada pada zaman sekarang lebih suka menggunakan partisi dalam desain lain. Ada berbagai macam ide desain partisi ruang tamu dan ruang keluarga yang bisa orang-orang terapkan pada rumahnya masing-masing. Salah satunya ialah sekat dengan bentuk pintu.
Sekat ini sangat cocok pemilik rumah terapkan pada ruang tamu dan ruang keluarga. Dalam ini, para pemilik rumah dapat memasang partisi ruang tamu dengan menggunakan pintu kayu. Untuk sekat pintunya sendiri bisa menggunakan kayu jati agar bisa awet dan bertahan dalam kurun waktunya yang lama.
Kayu jati juga menampilkan kesan mahal pada sekat pintu. Jika menggunakan sekat berbentuk pintu, pemilik rumah bisa membuka partisi ini dengan cara menggesernya.

sumber gambar : rupa – rupa

Partisi Lemari dengan Berbagai Fungsi

Privasi menjadi hal yang harus orang-orang hargai. Lantaran setiap orang memiliki privasinya masing-masing. Untuk mempertahankan privasi keluarga bisa dengan cara memasang sekat atau partisi. Salah satu ide desain partisi ruang tamu dan ruang keluarga adalah dengan menggunakan lemari yang memiliki banyak fungsi.
Semua orang tahu bahwa lemari berfungsi untuk menyimpan pakaian. Meskipun begitu, ternyata lemari juga bisa orang-orang manfaatkan sebagai partisi. Dalam hal ini lemari bisa Anda letakkan pada tengah-tengah ruangan antara ruang tamu dan ruang keluarga.
Sehingga lemari tidak memakan banyak ruangan. Apalagi pada ruangan berbentuk minimalis. Sementara pada ruang keluarga bisa memasang benda-benda lain seperti televisi, tempat televisi hingga tanaman hias.

sumber gambar : pinterest

Penyekat Ruangan Minimalis

Kebanyakan orang pada zaman sekarang lebih suka menggunakan ruangan minimalis. Hal ini karena ruangan minimalis lebih mudah untuk membersihkannya. Sehingga ruangan ini akan terhindar dari debu. Meskipun begitu, furniture yang ada pada ruangan minimalis susah untuk menyusunnya.
Memerlukan kepintaran dan kreativitas dalam proses penyusunannya. Agar ruang tamu dan ruang keluarga yang minimalis bisa memiliki batas ruangan maka gunakanlah sekat dengan ukuran yang kecil. Sehingga partisi tidak terlalu memenuhi ruangan. Sehingga itulah ide desain partisi ruang tamu dan ruang keluarga.

sumber gambar : furniterus

Menggabungkan Beberapa Material untuk Partisi

Sudah menjadi trend bahwa semua ruangan yang ada dalam rumah menjadi satu. Meskipun begitu, bukan berarti bahwa tidak ada privasi pada ruangan tersebut. Untuk menjaga privasi tetap aman maka gunakanlah sekat pembatas atas partisi. Ide model partisi ruang tamu dan ruang keluarga ialah menggabungkan beberapa material untuk partisi.
Ide desain partisi ini lebih cocok Anda gunakan jika ruangan dalam rumah memiliki ukuran yang luas. Sehingga penerapan ide ini lebih sering pada rumah-rumah yang mewah dan mahal. Pada ide desain ini maka partisi pada ruang tamu dan ruang keluarga merupakan gabungan material-material tahan lama seperti besi, kayu dan kaca.

sumber gambar : ruang arsitek

 

Partisi Bercat Putih

Bagi orang yang suka warna putih maka mungkin akan suka ide model partisi ruang tamu dan ruang keluarga yang satu ini. Alasannya karena ide desain partisi ini lebih memanfaatkan warna putih untuk menunjang keindahannya. Seperti yang semua orang tahu bahwa warna putih melambangkan ketenangan dan kesucian. Sehingga putih menjadi favorit orang-orang.
Dengan menggunakan bentuk partisi ini, ruang tamu dan ruang keluarga juga akan terlihat bersih. Bahkan partisi ini juga menampilkan kesan luas pada kedua ruangan tersebut. Terlebih lagi model partisi ini memberikan kesan yang modern dan kekinian.

 

sumber gambar : ruang arsitek

Partisi Material Kayu yang Cantik

Ruang tamu dan ruang keluarga menjadi kedua ruangan yang harus terpisah. Alasannya karena kedua ruangan ini memiliki fungsi yang berbeda. Ruang tamu sendiri mempunyai fungsi untuk menerima tamu. Sementara ruang keluarga memiliki fungsi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dalam rumah.
Sehingga kedua ruangan ini tidak bisa menjadi satu. Oleh karena itulah kedua ruangan ini memerlukan sekat pada tengah-tengah ruangan. Sekat ruangan ini bisa Anda terapkan dengan material kayu yang cantik. Desain ini sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki kesukaan terhadap kayu.

sumber gambar : dekoruma

Pada zaman sekarang orang-orang membatasi ruangan menggunakan sekat. Itulah ide model partisi ruang tamu dan ruang keluarga yang bisa orang-orang terapkan. Dapatkan juga informasi menarik seputar Tata Ruang Kantor Tertutup: Ini Kelebihan dan Kekurangannya.