Lebih Tau tentang Wall Moulding dan 5 Ide Inspirasi Desainnya yang Cocok Diterapkan di Hunian

Lebih Tau tentang Wall Moulding dan 5 Ide Inspirasi Desainnya yang Cocok Diterapkan di Hunian

Memiliki hunian yang rapi, estetik, dan nyaman adalah dambaan setiap orang. Tidak jarang banyak pemilik rumah atau apartemen yang melakukan renovasi kecil-kecilan atau besar-besaran untuk bisa mewujudkan hunian estetik sesuai keinginannya.

Ide Inspirasi Desainnya yang Cocok Diterapkan di Hunian.
Salah satu perombakan yang menonjol terletak pada bagian dinding yang menggunakan teknik dekorasi wall moulding. Yuk kita intip bagaimana cara kerja wall moulding dan 5 ide inspirasi desainnya yang cocok diterapkan di hunian berikut ini.

Teknik Wall Moulding.
Bagian dinding dalam sebuah hunian menjadi area yang sangat penting untuk diperhatikan jika ingin merenovasi hunian menjadi lebih estetik. Betapa pemilihan warna cat yang selaras dengan lantai dan atap hunian bisa membawa perubahan yang signifikan. Apalagi jika Anda menggunakan teknik wall moulding untuk merombak dinding. Dinding akan akan terlihat lebih menarik, elegan, dan estetik.

Teknik wall moulding menggunakan cetakan yang bisa disesuaikan dengan desain yang sudah Anda buat. Cetakan tersebut akan membuat bagian dinding lebih menonjol dari sebelumnya karena ada penambahan bahan kayu, logam, PVC maupun gypsum.
Besar kecilnya tonjolan dinding akan disesuaikan dengan luas ruangan dan konsep yang dibuat. Ruangan minimalis tentu tidak akan menggunakan cetakan wall moulding yang terlalu tebal agar tidak membuat ruangan terasa lebih sempit.

Anda bisa saja membuat wall moulding sendiri dengan menyiapkan beberapa batang list PVC atau kayu dengan berbagai ukuran, sealant glue, alat ukur, gergaji, palu, dempul, hingga cat dan kuas untuk melapisi material wall moulding. Kemudian cetakan blok akan Anda isi dengan cairan logam atau plastik yang akan didiamkan sampai mengeras.

Setelah itu, cetakan yang sudah berbentuk tetap itu bisa Anda aplikasikan di dinding. Namun, jika merasa tak memiliki pengetahuan cukup baik dalam wall moulding, maka sebaiknya Anda menggunakan jasa pemasangan. Mereka juga lebih tahu soal ide inspirasi desainnya yang cocok diterapkan di hunian.

Desain Wall Moulding untuk Bingkai Foto.
Selayaknya ruangan dalam pameran seni lukis, wall moulding dapat memberikan kesan tegas pada berbagai bingkai foto yang Anda pasang di dinding. Ada berbagai momen yang ingin Anda lihat selalu saat memasuki ruangan dengan bingkai-bingkai foto itu.

Mungkin ini adalah ruang kerja atau ruang membaca yang ingin Anda beri kesan elegan dan berkelas. Baik ruangan kecil maupun besar dapat mengusung desain ini. Wall moulding yang dipasang di dinding berupa bentuk persegi panjang yang akan dilengkapi bingkai foto di dalamnya. Anda bisa menyesuaikan berapa banyak cetakan dinding untuk sejumlah bingkai foto yang akan Anda pajang di ruangan tersebut.

Desain Klasik yang Abadi.
Klasik akan selalu bisa bawa di berbagai era saat ini maupun di masa depan. Tampilan desain klasik bisa Anda terapkan di ruang tamu, ruang kerja, atau kamar tidur. Cetakan dinding persegi maupun persegi panjang yang simetris dapat Anda terapkan dalam berbagai ukuran di suatu ruangan.

Pewarnaan untuk cetakan dinding ini juga sebaiknya disamakan dengan warna dinding yang rata agar memberi kesan natural. Selanjutnya bisa menggantung lukisan, cermin, jam dinding, maupun bingkai foto di satu atau dua kotak cetakan dinding. Jangan lupa sesuaikan furniture seperti sofa dan meja dengan ide inspirasi desainnya yang cocok diterapkan di hunian. Warna furniture yang mengusung kesan klasik biasanya tidak jauh dari warna abu-abu, broken white, hijau emerald, cokelat, hitam, gold, dan bronze.

Desain Gaya Asimetris.
Bagi sebagian mereka yang eksentrik, penggunaan wall moulding akan menambah nilai estetik dan keunikan hunian. Ide inspirasi desainnya yang cocok diterapkan di hunian mereka tentunya tidak akan jauh dari sesuatu yang asimetris, tidak beraturan, dan pewarnaan yang dramatis atau berani.

Cetakan dinding dari material kayu bisa Anda letakkan selang-seling supaya dinding terlihat memiliki tekstur yang menonjol namun tidak berlebihan. Anda bisa menerapkannya di sekitar bingkai jendela, di atas headboard ranjang dalam kamar tidur utama, maupun di sudut ruangan untuk menonjolkan area tertentu seperti area khusus untuk melukis.

Desain Dua Warna.
Warna dasar dinding dalam sebuah ruangan juga sangat menentukan ide inspirasi desainnya yang cocok diterapkan di hunian dengan menggunakan teknik wall moulding. Anda hanya perlu menggunakan dua warna cat untuk ruangan tersebut.

Desainer bisa membuat dua sisi wall moulding di kanan dan kiri berwarna sama yang mengapit satu dinding dasar dengan warna berbeda. Misalnya menggunakan warna putih untuk wall moulding persegi panjang sampai ke bawah dengan warna dasar dinding di tengah hijau sage atau biru teal.

Wall Moulding Kayu Nan Sejuk.
Warna-warna gelap seperti dark grey atau hijau emerald juga bisa memberikan nuansa sejuk sebagai ide inspirasi desainnya yang cocok diterapkan di hunian jika dipadukan dengan wall moulding material kayu. Kayu yang menjadi bahan utama cetakan dinding akan diletakkan pada bagian tengah dinding ruangan.

Selanjutnya, bisa menempatkan cermin pada bagian tengah cetakan dinding berbentuk persegi luas itu. Sementara itu, warna dasar dinding ruangan akan berubah menjadi warna abu-abu gelap atau hijau yang memberi kesan sejuk. Anda juga bisa menambahkan furniture seperti sofa dan meja kopi yang senada dengan warna dasar dinding. Tak lupa untuk memperhatikan warna dasar lantai yang memiliki nuansa kekayuan dan warna langit-langit yang senada dengan warna dasar dinding.