Cara Membuat Estimasi Biaya Bangun Rumah Minimalis | Beddo Design Concept

Cara Membuat Estimasi Biaya Bangun Rumah Minimalis

Cara Membuat Estimasi Biaya Bangun Rumah Minimalis

Rumah minimalis sampai saat ini masih menjadi salah satu gaya rumah yang banyak disukai. Ada banyak alasannya, salah satunya karena biaya bangun rumah minimalis bisa dibilang sangat terjangkau karena konsepnya dibuat sesederhana dengan interior sedikit dan desain modern.

Ada beberapa tipe rumah minimalis, yaitu tipe 36, 45 dst. Angkat tersebut mengacu ukuran rumah yang dihitung dalam skala m2.

Sumber : rumahartikel.info

 

Pentingnya Membuat Anggaran Biaya Bangun Rumah

Anggaran biaya bangun rumah per meter persegi dapat dijadikan acuan untuk mengetahui berapa banyak uang yang harus disiapkan dan dikeluarkan. Selain itu, lokasi rumah akan dibangun menentukan biaya. Setiap lokasi memiliki perbedaan harga bangun, harga material, biaya tenaga kerja, danlainnya. Misalnya di Bandung jelas tidak sama biaya tenaga kerjanya dengan di Jakarta.

Sumber : artikelrumah123

Cara Menghitung Biaya Bangun Rumah

 

Sumber : bangunrumahsendiri

Biaya bangun rumah minimalis berbeda-beda, semuanya tergantung oleh banyak faktor, diantaranya adalah:

  • Luas Bangunan

Luas bangunan yang akan dibangun mempengaruhi biaya pembangunan rumah. Itulah mengapa biaya membangun rumah tipe 21 lebih murah dibandingkan tipe 36, 45, danseterusnya.

  • Bahan Bangunan

Beberapa material yang digunakan untuk membangun rumah minimalis adalah: membangun pondasi, struktur atap, pintu, jendela, kusen dan cat dinding.

  • Biaya Tenaga Kerja/Tukang

Anda harus mencari tahu berapa harga jasa tukang yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pembangunan rumah. Ada dua sistem pembayaran, yang Pertama: upah harian dan yang Kedua: upah borongan. Perbedaannya, biaya upah harian dihitung berdasarkan jumlah hari tenaga tukang kerja. Sedangkan borongan tidak dihitung harian, namun berdasarkan luas lahan yang dikerjakan dan biaya bahan yang digunakan.

Saat menghitung rincian biaya, jangan lupa masukkan anggaran biaya tidak terduga. Seperti namanya biaya ini digunakan untuk jaga-jaga jika ada biaya yang tidak diduga, seperti: biaya dekorasi interior, jasa konsultan, biaya menghias halaman, biaya furniture dapur atau ruangan lainnya.

 

 

 

Kesimpulannya

Untuk mengetahui gambaran berapa biaya membangun rumah, maka sebaiknya dibuat rancangan anggaran biayanya terlebih dahulu. Di dalamnya dihitung secara pasti setiap masing-masing pekerjaan, seperti pekerjaan memasang struktur, atap, dinding, danlainnya.

Dalam RAB tersebut harus ditulis secara detail informasi mengenai bahan bangunan yang akan dipakai, mulai dari ukuran, kualitas, merek yang dipakai beserta rincian harga. Jika anggaran Anda terbatas maka solusinya adalah dengan menyesuaikan perhitungan dengan mengganti tipe rumah atau menghemat bahan yang digunakan, dan sebagainya.

Sumber : accastamento

Yang paling penting adalah mengatur anggaran dana sesuai dengan kemampuan finansial agar proses pembangunan berjalan lancar. Alhasil, Anda bisa memiliki rumah impian sesuai keinginan dengan biaya yang murah.

Bagaimana, apakah Anda tertarik bangun rumah minimalis sendiri. Jika masih bingung atau ingin mengetahui lebih banyak informasi seputar rumah, temukan artikel lainnya khususnya mengenai seputar rumah model minimalis yang sudah kami sediakan di situs ini. Semoga bermanfaat!

 

× How can I help you?