Bagian Paling Penting Rumah Subsidi yang Wajib Direnovasi ketika Sudah Siap Dihuni, Simak! | Beddo Design Concept

Bagian Paling Penting Rumah Subsidi yang Wajib Direnovasi ketika Sudah Siap Dihuni, Simak!

Bagian Paling Penting Rumah Subsidi yang Wajib Direnovasi ketika Sudah Siap Dihuni, Simak !

Rumah subsidi adalah rumah yang mendapatkan dukungan finansial dari pemerintah. Demi mendukung 1 juta rumah terjangkau, maka dibentuklah Lembaga yang mengawasi dan mengevaluasi rumah subdisi di setiap daerah. Rumah subsidi bisa didapat dengan 2 cara, yakni melalui pembiayaan konvensional dan syariah.

Rumah subsidi juga menjadi pilihan yang masuk akal bagi masyarakat berpenghasilan rendah. Meskipun rumah subsidi dijual dengan harga terjangkau, tentunya masih ada bagian penting yang tidak bisa dilupakan. Bahkan tidak jarang ada saja bagian paling penting rumah subsidi yang wajib direnovasi.

Ketentuan Renovasi Rumah Subsidi

Terdapat bagian cukup penting rumah subsidi yang wajib direnovasi yang perlu diketahui oleh banyak orang. Sebelum merenovasi rumah subsidi, maka sangat penting untuk memahami ketentuan yang berlaku. Beberapa ketentuan ini bahkan tidak boleh dilanggar oleh pemilik rumah seperti merenovasinya secara ekstrem.

Sumber Gambar : Pinterest

Apabila memang ingin merenovasinya, maka pemilik rumah perlu terlebih dulu untuk melaporkan rencana tersebut kepada bank yang memberi tender. Tujuan dari ini semua adalah sebagai audit dan perlindungan hak konsumen terhadap rumah subsidi yang sudah dimiliki.

Namun untuk merenovasi sejumlah bagian pada rumah subsidi, biasanya memiliki syarat. Syarat tersebut harus dicapai ketika memiliki hunian rumah subsidi. Tujuan dari diberlakukannya syarat ini adalah agar pemilik rumah yang akan melakukan renovasi rumah subsidi dapat menjalankan prosedur yang sesuai.

Ada beberapa larangan yang perlu diperhatikan. Walaupun terdapat larangan hal ini tetap masih bisa dipertimbangkan sehingga pemilik rumah masih memiliki kesempatan besar dalam merenovasi rumahnya. Syarat yang perlu diperhatikan biasanya meliputi pemanfaatan sisa lahan, tidak mengubah fasad serta beberapa hal lain terkait pagar halaman.

 

Atap Rumah

Jika hendak melakukan renovasi rumah, maka perlu untuk memperhatikan bagian penting lainnya. Bagian paling penting rumah subsidi yang wajib direnovasi tentunya adalah atap rumah. Bagian ini diperbolehkan untuk direnovasi terlebih jika memang sudah saatnya melakukan perbaikan pada atap.

Sumber Gambar : Pinterest

Beberapa hal mendasar yang membuat seseorang harus merenovasi atap rumah adalah ketika atap sudah mengalami kebocoran. Tentunya ketika mengalami kebocoran maka hal ini bisa menjadi resiko sehingga sudah dianjurkan untuk segera merenovasi atap.

 

Pintu Rumah

Bagian eksterior rumah seperti pintu juga bisa direnovasi. Pintu pada rumah subsidi juga bisa direnovasi. Dengan adanya ciri-ciri menonjol ketika pintu sudah waktunya direnovasi seperti mengalami keroposan ekstrem hingga pelapukan.

Sumber Gambar : shabbychic

Pintu yang sudah lapuk akan membuat rumah menjadi kurang aman sehingga sangat penting untuk segera merenovasinya. Pemilik rumah bisa menelepon pihak kontraktor untuk dapat dilakukan perbaikan segera. Pihak kontraktor akan segera mencarikan pintu pengganti dan memasangnya Kembali sehingga pemilik rumah bisa lega.

 

Pagar

Bagian pagar juga menjadi bagian paling penting rumah subsidi yang wajib direnovasi. Pagar adalah bagian yang lekat dengan eksterior rumah. Pagar juga menjadi pemanis rumah sehingga rumah akan terlihat lebih rapi dan berkelas. Area pagar juga bisa direnovasi karena bagian ini termasuk ke dalam syarat renovasi rumah subsidi.

Sumber Gambar : pinterest

Pemilik rumah bisa membongkar pagar dan menggantinya dengan pagar yang baru yang sesuai dengan harapan. Dengan merenovasi pagar maka diharapkan pemilik rumah dapat dengan nyaman menempati huniannya.

 

Kanopi

Rumah minimalis juga boleh memasang kanopi. Perlu diketahui bahwa kanopi adalah bagian dari dekorasi rumah. Kanopi digunakan untuk membuat rumah menjadi terlihat lebih teduh. Seseorang yang rumahnya sudah terpasang kanopi juga bisa memanfaatkannya untuk berteduh.

Sumber Gambar : Pinterest

Pemilik rumah bisa merenovasi kanopi karena dekorasi ini juga bisa mengalami kerusakan. Terlebih jika kanopi terus menerus terkena air hujan maka bisa saja mengalami pengeroposan. Oleh karena itu, dengan merenovasinya maka semua yang ada pada kanopi bisa berubah menjadi baru kembali. Pemilik rumah juga tidak lagi khawatir karena kanopi yang baru akan jauh lebih kuat dalam mengatasi perubahan musim.

 

Pembuatan Lantai Tingkat

Rumah subsidi juga diperbolehkan untuk dirombak desainnya. Apabila sebelumnya pemilik rumah membangun rumah subsidi 1 lantai. Maka untuk bisa digunakan dan mampu dipakai lebih banyak keluarga maka sudah pasti diperlukan renovasi. Pemilik rumah bisa merenovasi rumah subsidi 1 lantai untuk diubah menjadi 2 lantai.

 

Tentunya merenovasinya juga bisa dipertimbangkan lebih matang mengingat anggota keluarga juga memerlukan ruang yang lebih luas. Apabila rumah subsidi sudah direnovasi total, maka anggota keluarga akan dapat lebih nyaman untuk menempatinya.

 

Jendela

Jendela adalah salah satu interior yang bisa direnovasi. Rumah subsidi mayoritas sudah dilengkapi dengan jendela. Namun, jika pemilik rumah kurang puas dengan jendela yang telah terpasang maka juga diperbolehkan untuk merenovasinya. Ada berbagai macam jenis jendela yang bisa dijadikan pilihan oleh pemilik rumah dalam merenovasi rumahnya. Pemilik rumah bisa menggunakan jendela lapis baja yang lebih kuat atau kayu yang lebih ergonomis.

 

Kamar Mandi

Area kamar mandi juga menjadi bagian paling penting rumah subsidi yang wajib direnovasi. Kamar mandi adalah tempat dimana seseorang dapat menghabiskan waktu untuk membersihkan badan. Area ini juga bisa saja mengalami kerusakan sehingga sangat penting untuk segera dilakukan renovasi.

Sumber Gambar : Homeshabby

Kamar mandi yang sempit bisa diubah menjadi lebih lega agar terlihat lebih luas. Pemilik rumah juga bisa mengganti model kamar mandi dan merombaknya secara keseluruhan. Hal ini tentu diperbolehkan karena area kamar mandi cukup penting dalam menjaga harmonisasi keluarga.

Itu tadi 7 bagian paling penting rumah subsidi yang wajib direnovasi. Pemilik rumah bisa merenovasi area yang dirasa urgent dan merombaknya sesuai yang diinginkan.

× How can I help you?