4 Poin Penting Desain Interior Kantor Agar Karyawan Lebih Produktif | Beddo Design Concept

4 Poin Penting Desain Interior Kantor Agar Karyawan Lebih Produktif

4 Poin Penting Desain Interior Kantor Agar Karyawan Lebih Produktif

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan agar karyawan merasa nyaman selama bekerja di kantor adalah dengan menerapkan gaya rancang atau desain interior kantor yang kondusif dan berkualitas.

Interior kantor merupakan hal penting dan harus diperhatikan karena dapat mempengaruhi kerja para karyawan. Jika interior nyaman bisa membuat karyawan lebih produktif dan hasilnya perusahaan akan semakin berkembang.

Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa penyebab kinerja karyawan mengalami penurunan tidak hanya disebabkan karena pekerjaan yang menumpuk, tapi bisa juga disebabkan karena lingkungan kantor tidak mendukung aktivitas bekerja.

Sumber : Bramble Furniture.

Ada banyak pilihan desain interior kantor yang bisa membuat tampilan dan suasana menjadi lebih nyaman, seperti gaya minimalis, modern art, art deco, klasik atau scandinavia. Namun apapun gayanya sebaiknya memperhatikan 4 poin penting yang akan kita bahas satu persatu berikut ini.

 

  1. Hilangkan Sekat Atau Batas

Sekat dibuat tujuannya agar karyawan bisa fokus bekerja. Namun perusahaan di era milenial sekarang lebih menonjolkan unsur kreatif. Selain itu ruangan tanpa sekat membuat sesama karyawan lebih mudah berkomunikasi dan berinteraksi satu dengan yang lain, sehingga mereka memiliki hubungan yang lebih dekat.

Sumber : Podshifter.

 

 

  1. Jendela Besar

Bangunan kantor harus memiliki banyak jendela atau jendela besar karena sangat penting untuk pencahayaan dan sirkulasi udara. Manfaat lainnya dapat membuat para karyawan lebih atraktif dan sehat. Karyawan yang bekerja di ruangan tanpa jendela lebih rentan sakit, pada waktu siang sering mengantuk namun susah tidur di malam hari. Bahkan bisa menyebabkan stres dan depresi.

Sumber : Stylemotivation.

 

 

  1. Warna Ruangan

Selain warna putih ada pilihan warna-warna lain yang bisa membantu produktivitas, seperti:

  • Hijau dapat membuat suasana santai dan membantu mengurangi stres.
  • Kuning dapat meningkatkan perasaan optimis dan konsentrasi.
  • Biru dapat merangsang kecerdasan.

Sumber : Tocci.

 

  1. Buat Ruangan Nyaman

Penataan perabotan kantor juga sama penting, terutama furniture utama yang mendukung pekerjaan, seperti meja, kursi. Atur ketinggian meja dan kursi sesuai dengan kenyamanan karyawan. Selain itu bisa tambahkan hiasan dinding yang atraktif atau tumbuhan di ruangan. Pilihlah dekorasi yang dapat memicu semangat dan produktivitas. Misalnya, poster dengan kalimat quote, aroma terapi, danlainnya.

Sumber : Strongproject.

Jika ingin menambahkan aromaterapi pilihlah jenis aroma yang dipercaya dapat membangun mood kerja, misalnya aroma kayu manis dapat membantu mempertajam konsentrasi, atau lavender yang dipercaya aromanya dapat mengurangi stres.

Berikanlah kebebasan tiap karyawan memberikan sentuhan personal di meja kerjanya masing-masing. Ruang kerja yang sesuai dengan kesukaan diri sendiri dapat memberikan dampak positif dan peningkatan konsentrasi serta produktivitas dibandingkan meja kerja umumnya yang terkesan kaku.

Nah, ternyata desain interior kantor tidak bisa asal, harus dipikirkan dengan seksama agar hasilnya sesuai dengan harapan. Bagaimana dengan interior tempat kerja Anda? Jika Anda memiliki ide atau cerita seputar interior tempat Anda bekerja bisa tulis di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

 

× How can I help you?