3 Cara Membuat Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah

3 Cara Membuat Perkiraan Biaya Pembangunan Rumah

Sekarang ini banyak orang yang memilih membeli tanah kavling, karena dianggap menguntungkan. Selain itu, mereka lebih leluasa memilih mana yang menjadi prioritas dan mendesain sesuai keinginan. Biaya pembangunan rumah dapat dihitung dengan beberapa cara, estimasi biayanya pun berbeda. Tergantung luas rumah. Agar lebih jelas, baca ulasan lengkapnya  berikut ini!

Sumber : tekniksipilindonesia

Biaya Perhitungan Umum

Sumber : Pinterest

Cara mengetahui perkiraan berapa biaya membangun rumah adalah dengan membuat hitungan secara umum. Anda bisa mendapatkan informasi mengenai hal ini dari teman atau saudara yang sebelumnya baru membangun rumah.

Besarnya biaya yang perlu disiapkan dihitung berdasarkan luas bangunan. Misalnya, luas bangunan 100m2 biayanya sekitar Rp 300 juta rupiah hingga Rp 350 juta rupiah. Luas bangunan 300 m2 misanya sekitar Rp 350 juta hingga Rp 400 juta. Ini masih biaya perkiraan umum, semakin kecil luas rumah yang dibangun maka biayanya lebih murah. Jadi yang pertama harus dipikirkan adalah menentukan tipe rumah.

 

Biaya Perhitungan Harga Satuan

Sumber : Pinterest

Sebelum melangkah lebih jauh, perhatikan hal penting berikut ini.

  • Mencari informasi harga bahan bangunan dan upah tukang.
  • Membuat denah rumah yang diinginkan.
  • Buat rincian material yang diperlukan berdasarkan luas bangunan.
  • Buat flow kerja pembangunan rumah.
  • Buat rincian jumlah harga secara menyeluruh.

Setelah mengetahui harga satuan, tinggal dikalikan jumlah bahan yang dibutuhkan. Nah biaya pembangunan rumah bisa kamu dapatkan dan bisa dijadikan acuan.

 

Biaya Perhitungan Kasar

Sumber : ilmuarsitek

Cara yang terakhir adalah dengan membuat perkiraan biaya secara kasar dari harga permeter persegi. Artinya harus mencari tahu terlebih dulu berapa biaya membangun rumah di sekitar lingkungan tempat tinggal Anda.

Contohnya: membuat rumah 2 lantai dengan ukuran 60 m2 bagian bawah dan bagian atasnya 40 m2. Berarti jumlah luas bangunan tersebut adalah 100 m2. Lalu kalikan dengan budget,misalnya 6 juta. Berarti biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 600 juta ditambah biaya lainnya.

 

Tips Membangun Rumah

Sumber : Pinterest

Memang bukan hal yang mudah memilik rumah dengan harga murah, namun masih bisa diminimalisasi agar biaya pembangunan rumah tidak terlalu besar dan bisa ditabung untuk keperluan lain,seperti:

  1. Menentukan tipe rumah.
  2. Membuat rincian yang jelas mengenai semua biaya yang dibutuhkan.
  3. Mencari informasi dan memilih toko bahan bangunan yang harganya bersaing.

Demikian cara menghitung rincian biaya pembangunan rumah sendiri. Jika ada diantara pembaca yang pernah membangun rumah sendiri dengan cara perhitungan yang lain, bisa berbagi di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Ternyata membangun rumah sendiri bisa jadi hal yang menyenangkan dan menantang. Setelah Anda mengetahui desain rumah idaman bisa dengan mudah mengalokasi budget. Selamat membangun rumah impian!

× How can I help you?