Mengenal Shear Wall, Struktur Bangunan dan Detailnya pada Bangunan Rumah. | Beddo Design Concept

Mengenal Shear Wall, Struktur Bangunan dan Detailnya pada Bangunan Rumah.

Mengenal Shear Wall, Struktur Bangunan dan Detailnya pada Bangunan Rumah.

Bagi anda yang masih awam dalam dunia konstruksi, shear Wall mungkin masih terdengar asing. Tapi tidak masalah. Melalui artikel singkat ini anda akan kami bawa untuk mengenal shear wall. Sebuah teknik konstruksi anti gempa yang banyak diterapkan pada banyak negara.

 

Pengertian Shear Wall

Shear wall biasa disebut dengan dinding geser. Terbuat dari beton bertulang yang mampu menahan gerak lateral saat terjadi gempa bumi. Cara kerjanya sederhana. Saat ada getaran akibat gempa bumi, maka getaran tersebut bisa langsung diserap oleh shear wall ini. Sehingga bangunan tetap kokoh dan tahan gempa.

Negara yang paling banyak menggunakan shear wall adalah Jepang. Bahkan bangunan kedutaan besar Jepang di Indonesia juga dibangun dengan struktur seperti ini.

 

Fungsi Shear Wall

Dengan mengenal share wall ini anda akan tahu bahwa dinding geser ini memiliki beberapa fungsi, antara lain:

 

1. Fungsi dari Kekuatan

Dari segi kekuatan, dinding geser ini mampu meredam dan menampung getaran gempa horizontal. Lalu meneruskannya pada elemen bangunan lain. Seperti lantai, footings, dinding geser lainnya dan juga fondasi dinding.

sumber gambar : elite special inspections

 

2. Fungsi dari Kekakuan

Dinding geser ini memiliki struktur yang kaku. Karena kekakuannya inilah shear wall mampu menahan atap dan lantai mengalami goncangan yang kuat dan berlebihan. Sehingga bangunan tetap berdiri kokoh meski diguncang gempa.

sumber gambar : inspirational village

 

Kelebihan Shear Wall

Banyak kelebihan yang diberikan oleh dinding geser ini, antara lain:

 

1. Meredam Guncangan Ketika Terjadi Gempa

Sudah lama Jepang menggunakan konstruksi ini pada sebagian besar bangunannya. Sudah waktunya indonesia menggunakannya juga. Mengingat Indonesia adalah negara yang terletak di atas lempeng bumi dan juga gunung berapi. Sangat beresiko mengalami gempa yang datang tiba-tiba.

sumber gambar : pinterest

Dengan dinding geser ini, bangunan-bangunan penting di Indonesia tetap akan selamat saat terjadi gempa. Mengurangi korban dan kerugian akibat bencana alam.

 

2. Berfungsi Untuk Memperkuat Bangunan

Mungkin banyak orang yang berpikir bahwa dinding geser hanya bisa digunakan untuk membagi ruangan saja. Lebih dari itu. Shear wall juga bisa digunakan untuk memperkuat beban kerja kolom dan beams yang ada di sekitar dinding ini.

 

3. Menghemat Biaya Pemeliharaan Gedung

Bayangkan jika gedung milik anda tidak dibangun dengan shear wall. Saat terjadi gempa, akan banyak kerusakan yang terjadi. Tentu ini membutuhkan biaya perbaikan dan perawatan yang besar.

Tapi tidak jika menggunakan shear wall. Ketika terjadi gempa, bangunan akan tetap kuat berdiri kokoh. Sekalipun harus ada perbaikan mungkin tidak sebanyak jika tanpa menggunakan struktur dinding geser ini.

 

4. Meningkatkan Gaya Beban Pikul Gedung

Dengan menggunakan dinding geser ini, maka kekuatan lantai akan lebih besar dibanding dengan yang tidak menggunakannya. Itu berarti kekuatan lantai bisa meningkatkan kekuatan dinding untuk menahan beban pikul.

Itulah artikel singkat tentang mengenal shear wall, fungsi dan kelebihannya. Bagaimana? Anda tertarik untuk menggunakannya pada rumah anda?

× How can I help you?