Kenali Apa Saja Ciri Arsitek Abal-Abal

Kenali Apa Saja Ciri Arsitek Abal-Abal Meningkatnya gairah pada sektor properti di Indonesia memang menjadi peluang yang besar bagi mereka yang berprofesi sebagai arsitek, baik itu arsitek rumah maupun arsitek lanskap. Namun, sebelum mengambil jasa seorang arsitek, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu latar belakangnya agar tidak mendapatkan arsitek abal-abal. Lalu, apa saja ciri dari arsitek abal-abal ?
  1. Tidak Bersertifikat
Arsitek adalah mereka yang belajar tentang ilmu-ilmu arsitektur secara formal, baik itu arsitek rumah maupun arsitek lanskap. Arsitek abal-abal tidak memiliki SAK (Sertifikat Keahlian Arsitektur) yang diterbitkan oleh Ikatan Arsitek Indonesia. Maka dari itu, hati-hati apabila bertemu dengan arsitek namun tidak bersertifikat.
  1. Tidak Memiliki Dokumen Gambar
Arsitek yang baik dan memiliki kemampuan arsitektur yang mumpuni, biasanya mempunyai gambar kerja yang detail dan komplet. Apabila arsitek yang anda gunakan jasanya tidak memiliki dokumen gambar, maka perlu diwaspadai. Keberadaan dokumen gambar ini sangatlah penting untuk kebutuhan perluasan, renovasi, atau perubahan bangunan di masa yang akan datang.
  1. Tidak Memiliki Pedoman Gambar
Pedoman gambar sangatlah penting dan harus dimiliki oleh seorang arsitek profesional. Baik itu arsitek rumah, maupun arsitek lanskap. Apabila arsitek tidak memiliki pedoman gambar, besar kemungkinan ia adalah arsitek abal-abal.
  1. Hasil Desain Kaku
Arsitek tentunya mempunyai ilmu arsitektur yang kuat. Jadi pasti memiliki desain yang sesuai kaidah. Berbeda halnya dengan arsitek abal-abal yang tidak memahami kaidah arsitektur, penyusunan denah yang asal, serta desain yang kaku.
  1. Perencanaan Struktur Asal-Asalan
Arsitek abal-abal juga tidak memahami tentang perencanaan struktur dan dimensi elemen struktur. Sehingga semuanya adalah hasil perkiraan semata. Padahal, apabila perencanaan bangunan asal-asalan akan menyebabkan bangunan mudah roboh. Oleh sebab itu apabila bertemu dengan orang yang mengaku arsitek, tanyakan tentang perencanaan strukturnya, asal-asalan ataukah tidak. Itulah beberapa ciri-ciri arsitek abal-abal. Kenali betul arsitek yang akan digunakan jasanya. Pastikan ia memiliki ilmu arsitektur yang mumpuni sehingga bisa memberikan desain serta perencanaan yang baik tentang bangunan maupun lanskap yang akan dikerjakan.
× How can I help you?