Inspirasi Denah Rumah Minimalis Modern Buat Keluarga Muda | Beddo Design Concept

Inspirasi Denah Rumah Minimalis Modern Buat Keluarga Muda

Inspirasi Denah Rumah Minimalis Modern Buat Keluarga Muda.

Rumah mungil dengan gaya minimalis elegan kini menjadi kebutuhan setiap keluarga muda. Bersama pasangan, Anda dapat merencanakan Denah rumah minimalis modern untuk dijadikan hunian sementara ataupun jangka panjang. Nah, apabila lahan tidak terlalu luas, desain mungil,namun multi fungsi dapat menjadi alternatif terbaik. Dengan demikian, budget pembangunan pun takkan menyerap banyak biaya.

 

Sementara itu, dalam hal desain, kreatifitas pemilik tetap dibutuhkan untuk menciptakan suatu denah rumah minimalis modern yang apik dipandang. Dikarenakan model bangunan terbatas dalam hal ukuran, tentu desain eksterior maupun interior perlu sentuhan kreatif agar tetap bergaya kekinian. Dari penampilan tampak depan hingga bagian dalam, konsep tata ruang bisa dimainkan agar seluruh kebutuhan keluarga tetap dapat dipenuhi.

3 Tips Rancang Denah Rumah Minimalis Modern

Maka untuk itulah sangat penting memperhatikan denah sebagai gambaran model, bentuk, atau pun wujud bangunan yang tengah dirancang. Dari gambar tersebut akan tampak setiap fungsi ruangan masing – masing, mulai dari ruang tamu, ruang privat, hingga ruang servis di area samping atau belakang.

Lantas hal – hal apa saja yang perlu diperhatikan saat merancang denah rumah minimalis modern?

1. Sesuaikan Jumlah Penghuni Rumah

 

Berapa banyak penghuni dapat menjadi patokan dalam pembagian ruang beserta fungsinya. Misalkan bagi pasangan suami – istri, dua orang anak, tamu yang berkunjung, termasuk pengasuh atau asisten rumah tangga bila punya.Sesuaikan ukuran luas serta pembagian ruang dengan kebutuhan setiap orang.

2. Mengoptimalkan Fungsi Zona Terbuka

Pastikan juga seberapa manfaat desain ruang supaya denah rumah minimalis modern Anda lebih optimal. Hal ini berarti beberapa fungsi ruangan bisa saja disatukan tanpa perlu disekat. Semisal penyatuan konsep ruang tamu, ruang makan, sampai area dapur, di desain terbuka untuk menjaga sirkulasi udara tetap lapang dan segar.

Jika ingin membedakan fungsi setiap ruangan, dapat dimanfaatkan material dan warna interior memikat sebagai ganti sekat. Atau bisa juga diberikan area display barang koleksi. Seperti rak buku ataupun lemari barang pecah belah. Contoh lain adalah peletakan beberapa meja cantik yang ditempatkan secara strategis.

4. Struktur Desain Aman dan Nyaman

Selain terjamin fungsional dari sisi ruangan, pastikan denah rumah minimalis modern Anda telah memenuhi standard kenyamanan serta keamanan struktur bangunan. Seperti mengatur akses pintu dan jendela, tata letak perabotan, bentuk dapur dengan kompor gas di dalam, hingga penataan area taman. Nilai estetika harus dapat diaplikasikan tanpa mengurangi nilai keamanan dari rancangan denah rumah minimalis modern ini.

Contoh Optimalisasi Denah Rumah di Lahan Sempit

  • Lahan Minimalis 6 M X 10 M

Keterbatasan lahan dapat disiasati dengan membuat ruang serbaguna yang sekaligus menjadi ruang tamu, ruang makan, dan ruang keluarga. Karena berbatasan langsung dengan halaman depan dan belakang, atmosfer udaranya terasa lega.

Pembagian Area:

  • Halaman terbuka terdiri dari teras halaman depan serta separuh taman
  • Area Publikter diri dari ruang
  • Area Privatter bagi kamar utama, kamar anak, dan kamar
  • Area servis antara lain dapur, kamar mandi, ruang cuci dan jemuran, gudang, hingga carport garasi.

Meski pun bukan tipe hunian megah namun desain minimalis akan terlihat cantik jika pemilik rumah sanggup berbagisentuhan kreatif.Sampai disini dulu tips inspirasi denah rumah minimalis modern untuk Anda yang baru saja berkeluarga. Semoga bermanfaat.

× How can I help you?