Ini Yang Perlu Diketahui Untuk Biaya Desain Rumah

Ini Yang Perlu Diketahui Untuk Biaya Desain Rumah

Persiapan matang perlu dilakukan ketika akan membangun rumah atau tempat usaha. Jika Anda menggunakan jasa desainer maka hal yang tidak boleh terlupakan adalah biaya desain rumah. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang banyak dengan pekerjaan yang tidak sepadan. Atau ketika Anda meminta tolong teman atau saudara tentunya Anda harus bekerja secara profesional. Artinya biaya desain rumah, tidak bisa dengan ‘harga teman’ atau ‘harga saudara’.

Source : casaindonesia

Ada dua cara menghitung biaya desain rumah yang kerap digunakan oleh para desainer. Pertama hitungan per meter persegi, cara ini paling lazim dilakukan dan cara kedua menghitung berdasarkan persentase keseluruhan rencana anggaran pembangunan.

Berikut ini adalah cara yang digunakan untuk menghitung biaya desain rumah.

 

Berdasarkan Ukuran

Salah satu yang sering digunakan untuk menghitung biaya desain rumah adalah berdasarkan ukuran luas. Cara perhitungan ini paling sering digunakan oleh para arsitek. Besaran biaya desain berkisar antara Rp250.000 permeter persegi sampai dengan Rp1 juta per meter persegi. Bahkan bisa lebih dari angka Rp1 juta. Besaran biaya desain tersebut tentunya berdasarkan pengalaman dan kemampuan arsitek tersebut.

Source : pinterest

Perlu diingat jangan tergiur harga murah, akan tetapi juga tanyakan juga fasilitas yang didapatkan. Misalnya bebas konsultasi dan termasuk pengawasan ketika rumah atau bangunan dikerjakan. Biaya desain berdasarkan ukuran  ini tentunya akan membantu Anda agar lebih mudah menghitung anggaran karena jumlahnya sudah pasti dari awal.

 

Berdasarkan Persentase Anggaran

Perhitungan ini lazim digunakan untuk proyek pemerintah ataupun swasta. Biaya desain rumah ditetapkan berdasarkan total anggara. Besarnya persentase antara 2,5 persen sampai dengan 1,5 persen dari nilai proyek. Semakin besar anggaran proyek, maka persentase biaya desain akan semakin kecil.

Source : pinterest

Jenis pembayaran ini kerap digunakan untuk proyek besar. Selain itu, pembayarannya pun tidak dalam sekali bayar, akan tetapi dibagi menjadi beberapa termin. Biasanya di awal atau downpayment, di pertengahan, terakhir setelah proyek selesai dikerjakan.

Dari penjelasan singkat di atas, Anda lebih juga menggunakan jenis biaya desain rumah yang mana?

× How can I help you?