Unik dan Artistik, Berikut Jenis Penutup Lantai yang Wajib Anda Ketahui

Unik dan Artistik, Berikut Jenis Penutup Lantai yang Wajib Anda Ketahui.

Rumah sudah sewajarnya menjadi tempat ternyaman untuk Anda beristirahat. Karena itulah, berinvestasi untuk membuat rumah menjadi lebih baik memang sangat penting. Pasti Anda sudah tahu bahwa ada banyak sekali bagian di rumah yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah penutup lantai.

Sumber : Casa Indonesia

Anda tidak akan nyaman untuk berjalan di lantai rumah apabila penutupnya tidak sesuai dengan keinginan. Bila Anda baru ingin membuat penutup lantai, maka berikut ini adalah jenis penutup lantai yang wajib Anda ketahui.

 

1. Batu Sikat

Jenis penutup lantai yang pertama adalah batu sikat. Batu sikat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia dan dikenal dengan nama batu ampyang. Kelebihan dari jenis penutup lantai yang satu ini adalah tidak licin sehingga aman bila di rumah ada lansia atau anak-anak. Pola lantai juga bisa disesuaikan dengan selera sehingga cocok untuk Anda yang ingin menerapkan tema tertentu di lantai rumah. Kelebihan lain dari bahan batu sikat ini adalah tidak memiliki unsur kimia apapun sehingga warnanya bisa awet selamanya.

Sumber : Pinterest

2. Keramik

Keramik adalah pilihan jenis penutup lantai yang sangat populer digunakan di Indonesia. Alasan mengapa penutup lantai yang satu ini menjadi sangat populer adalah harganya yang terjangkau. Anda bisa memilih jenis keramik sesuai dengan budget yang sudah disediakan. Harga keramik biasanya dibanderol dari harga 50 ribu per meter persegi.

Sumber : Pinterest

Kelebihan dari keramik adalah motif dan warnanya sangat bervariasi. Ukurannya juga bisa disesuaikan dengan keinginan sehingga lebih menarik bagi masyarakat umum. Tersedia mulai dari motif marmer, polos, serat kayu dan masih banyak lagi yang lainnya. Sedangkan kekurangannya adalah kekuatan dari keramik masih kalah jika dibandingkan bahan lainnya seperti batu sikat.

 

3. Kayu

Apakah Anda adalah orang yang suka dengan rumah aesthetic dan minimalis? Bila ya, maka pilihan penutup lantai ini akan sangat cocok untuk Anda. Kayu memiliki serat dan warna alami yang menimbulkan kesan minimalis. Lantai dari kayu sendiri juga memiliki kekuatan yang tidak bisa disepelekan. Harga dari penutup lantai jenis ini tentu bervariasi sesuai dengan jenis kayu apa yang digunakan.

Sumber : Pinterest

 

4. Terakota

Apakah Anda sudah pernah mendengar jenis penutup lantai yang satu ini? Terakota adalah sebuah jenis penutup lantai yang berasal dari tanah liat. Pembakaran terakota dilakukan pada suhu rendah sehingga pori-pori permukaannya terasa lebih dingin dibandingkan lainnya. Kelebihan dari penutup lantai terakota adalah nyaman untuk dipijak dan tidak keras. Sementara kekurangannya adalah mudah terlihat lusuh.

Sumber : 99.co

 

5. Lantai Vynil

Merupakan jenis penutup lantai sintetis yang meniru jenis lantai lainnya dalam hal motif apapu. Misalnya meniru motif kayu, bebatuan, marmer, dan masih banyak lagi. Sebetulnya lantai yang satu ini terbuat dari bahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang memiliki tekstur yang sangat halus dan elastis sehingga mudah sekali dalam pemasangannya.

Sumber : Pinterest

Kelebihan dari lantai vinyl terletak pada keawetannya dan harganya yang sangat bersahabat mudah. Lantai ini sudah banyak diminati bagi masyarakat kita karena dapat membuat suatu hunian akan terlihat lebih indah dan elegan dengan modal yang tidak seberapa.

Terlebih lagi lantai ini pun sangat mudah dalam pemasangannya, andapun bisa memasangnya sendiri dengan prosedur yang benar, pemasangannya pun juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang sangat besar sehingga anda bisa mengirit budget di kantong anda.

 

6. Lantai Granit

Lantai granit adalah salah satu tipe lantai termahal yang dijual di pasaran. Lantai granit memiliki beragam pola, desain, dan warna yang mampu membuat ruangan mana pun tampak mewah dan elegan. Anti gores, anti slip dan tidak menyerap noda.

Selain mewah, kesan eksklusif juga didapat karena lantai granit hanya memerlukan minim bahkan tanpa sambungan sama sekali. Di samping itu, lantai granit lebih tahan lama juga tahan terhadap goresan dan noda.

Sumber : Pinterest

 

Itu dia 4 jenis penutup lantai yang bisa Anda pilih untuk menghias rumah. Jadi, manakah jenis penutup lantai yang Anda inginkan? Pastikan untuk memilih warna, motif dan ukuran yang serasi dengan nuansa rumah Anda ya.

× How can I help you?