Tips Penggunaan Cermin untuk Beberapa Model Desain Interior Ruangan.

Tips Penggunaan Cermin untuk Beberapa Model Desain Interior Ruangan.

Sudah diketahui bahwa penggunaan cermin bisa membuat ruangan terkesan lebih luas, dan ini merupakan salah satu cara paling jitu. Namun, perlu diketahui juga beberapa tips agar memasukkan unsure cermin tersebut bisa menjadi lebih gaya dan lebih hidup. Ada beberapa tips yang bisa diikuti mengenai tata letak sebuah cermin pada sebuah interior sebagai berikut.

Sumber Gambar : Archify

 

1. Perhatikan yang akan Dipantulkan Cermin.

Hal pertama kali yang harus Anda perjelas, dalam menggunakan cermin untuk memberi kesan luas sebuah interior adalah pantulan yang akan dilakukan oleh cermin tersebut. Artinya, Anda harus memilih spot terbaik yang memiliki sisi terindah untuk dipantulkan oleh cermin selain untuk meluaskan.

Sumber Gambar : Arsitag

 

2. Melihat Tingkat Ketinggian Cermin.

Saat meletakkan atau menggantungkan cermin, kita perlu melihat seberapa tinggi atau besarnya cermin tersebut. Lalu sesuaikan dan proporsikan bentuk dan ketinggian cermin dengan luasan ruangan Anda, sehingga cermin tersebut tidak terlihat menyesakkan ruangan. Anda harus memperkirakan terlebih dulu setinggi apa penggunaan cermin tersebut dengan melihat jarak pandang bayangan yang akan dipantulkan agar bisa menjadi tepat sasaran.

Sumber Gambar : Narasi Design

 

3. Gantung dengan Posisi yang Benar dan Tepat.

Setelah Anda mengetahui spot terbaik dengan ketinggian cermin yang sudah pas, selanjutnya adalah menggantung cermin tersebut. Dalam penggunaan cermin, gantung cermin tersebut pada posisi yang tepat dan benar. Karena, estetika dalam menyusun atau meletakkan sesuatu pada interior juga sangat diperlukan. Jangan sampai cermin terlihat miring atau tidak beraturan.

Sumber Gambar : Furniterus

 

4. Sertakan Unsur Desain.

Walaupun semua tips sudah Anda ikuti dengan baik, tapi jangan lupakan satu hal penting ini. Yaitu, unsur desain dari cermin tersebut. Meskipun bukan yang utama, tapi Anda juga perlu memilih desain yang cantik untuk cermin yang akan digunakan. Sehingga, fungsinya pun akan bertambah. Tidak hanya memperluas tetapi juga mempercantik ruangan.

Sumber Gambar : Rumah123.com

 

5. Pilih Penggunaan Furnitur yang Memiliki Cermin.

Hal terakhir yang mungkin bisa dikembangkan dari pemanfaatan cermin ini adalah dalam memilih cermin bisa sekaligus dengan penggunaan furnitur yang memiliki cermin.

Sumber Gambar : Arsitag

Kalau memungkinkan, mungkin akan lebih baik jika cermi yang Anda gunakan termasuk dalam sebuah furnnitur. Misalnya saja jika Anda ingin menggunakan cermin pada ruangan kamar, maka Anda bisa memasukkan unsur cermin yang terdapat pada furnitur meja rias.

Karena, meja rias pasti memiliki cermin bahkan bentuknya pun bisa lebih indah dan bergaya menyesuaikan desain furniturnya. Sehingga, tidak perlu ada dua jenis cermin sekaligus dalam satu ruangan tapi bisa lebih efektif dengan satu cermin yang merangkap sebuah furnitur.

 

Sumber Gambar : Pinterest.

Inilah yang bisa dijadikan pedoman Anda dalam menggunakan cermin pada sebuah interior. Sehingga, cara Anda pada cermin pun tidak sia-sia karena tepat penggunaannya. Oleh karena itu, perlu diperhatikan setiap aspeknya dalam mendekorasi sebuah interior ruangan agar tidak menjadi salah termasuk dalam penggunaan cermin tersebut.

× How can I help you?