Ternyata Tidak Sama! Berikut 5 Perbedaan Carport dan Garasi | Beddo Design Concept

Ternyata Tidak Sama! Berikut 5 Perbedaan Carport dan Garasi

Ternyata Tidak Sama! Berikut 5 Perbedaan Carport dan Garasi

Masih ada sebagian orang yang mengira bahwa carport dan garasi merupakan jenis ruangan yang sama. Padahal perkiraan tersebut salah. Ternyata carport dan garasi memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Meskipun kedua ruangan ini memiliki fungsi yang sama, yaitu sebagai ruangan untuk menyimpan kendaraan.

Sumber Gambar : Just Patios

 

Perbedaan Carport dan Garasi.

Lantas apa saja perbedaan yang dapat ditemukan antara carport dan garasi? Ternyata tidak sama! Berikut 5 perbedaan carport dan garasi, antara lain :

 

Perbedaan Carport dan Garasi dari Sisi Bahasa.

Carport dan garasi merupakan dua ruangan yang sering disamakan oleh orang – orang. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Salah satu perbedaan carport dan garasi adalah dari segi bahasanya.

Sumber Gambar : Archify

Perlu diketahui bahwa istilah yang dimiliki garasi berupa bagian rumah yang digunakan untuk menyimpan mobil. Sedangkan carport merupakan istilah asing yang lebih merujuk pada shelter untuk mobil.

 

Perbedaan Bentuk Carport dan Garasi

Ada banyak perbedaan yang bisa ditemukan pada ruangan carport dan garasi. Perbedaan carport dan garasi yang bisa ditemukan adalah dari bentuknya. Perlu diketahui bahwa carport memiliki bentuk yang cenderung lebih semi terbuka. Hal tersebut dikarenakan carport memiliki area yang hanya berupa emperan dengan dilindungi oleh kanopi.

Sumber Gambar : Gnet Indonesia

Fungsi utama kanopi pada carport adalah untuk melindungi kendaraan dari air hujan dan sinar matahari. Sedangkan garasi memiliki bentuk yang cenderung lebih tertutup.

 

Perbedaan Material Carport dan Garasi

Salah satu perbedaan carport dan garasi adalah material yang digunakan untuk membangun ruangan ini. Saat membangun carport, Anda hanya memerlukan kanopi berupa polikarbonat dan kaca. Setelah itu, tahan atap menggunakan tiang yang terbuat dari kayu maupun besi. Sedangkan saat membangun garasi, kita membutuhkan material seperti batu bata hingga semen.

Sumber Gambar : Pinterest

 

Perbedaan Bujet Pembangunan Carport dan Garasi

Ada banyak perbedaan yang bisa dilihat dari ruangan garasi dan carport. Perbedaan paling mencolok berasal dari bujet pembangunannya. Tentunya bujet untuk membuat carport jauh lebih murah dibandingkan dengan membuat garasi. Hal tersebut dikarenakan carport hanya membutuhkan sedikit material dalam pembangunnya.

Sumber Gambar : Casa Indonesia

Dana yang dikeluarkan untuk membangun carport kisaran di angka 5 juta. Sedangkan membangun garasi membutuhkan banyak anggaran dana. Bahkan kemungkinannya membangun garasi bisa menghabiskan dana di atas 5 juta.

Perbedaan Keamanan Carport dan Garasi

Seperti yang diketahui bahwa carport dan garasi merupakan ruangan yang sama digunakan untuk melindungi kendaraan dari hujan maupun sinar matahari. Meskipun begitu, terdapat perbedaan di antara kedua ruangan ini. Garasi menjadi ruangan yang memiliki keamanan tinggi.

Sumber Gambar : Pinterest

Hal tersebut dikarenakan garasi berbentuk ruangan tertutup dengan pintu terkunci. Berbeda dengan carport yang memiliki bentuk semi terbuka tanpa dinding. Oleh karena itu, keamanan carport dinilai kurang terjamin.

Sebagian orang mengira bahwa carport dan garasi merupakan dua ruangan yang sama. Meskipun begitu, ada banyak perbedaan carport dan garasi yang bisa Anda temukan.

× How can I help you?