Taman Dalam Rumah, Bukan Hanya Gaya Hidup, Tetapi Jadi Kebutuhan Dasar Untuk Dekat Dengan Alam Saat Ini

Taman Dalam Rumah, Bukan Hanya Gaya Hidup, Tetapi Jadi Kebutuhan Dasar Untuk Dekat Dengan Alam Saat Ini

Sebuah hunian akan lebih sejuk dan menyegarkan jika memiliki taman. Karena taman dengan warna hijau pada tanamannya dapat menyegarkan mata yang melihatnya. Juga kalau ditambah lagi dengan unsur kolam yang juga menyejukkan dengan gemercik airnya.

Sumber : Grid.id

Sekarang ini, taman bukan hanya menjadi gaya hidup banyak orang melainkan juga menjadi kebutuhan yang sangat dasar. Terutama untuk sebuah taman dalam rumah, lebih terlihat privat dalam pemanfaatan taman.

Taman dalam rumah sering disebut inercourt. Jika Anda ingin mengetahui apa saja manfaat dari pembuatan taman dalam rumah dan cara membuatnya ikuti petunjuk berikut :

 

1. Menyerap Energi Matahari Dan Udara

Adanya taman dalam rumah menjadikan terbentuknya ruang terbuka di antara ruangan-ruangan di rumah Anda. Pada ruang terbuka tersebut bisa dapat menyerap energi matahari yang masuk ke dalam rumah dengan sempurna serta sirkulasi udara yang sangat baik.

Sumber : Ruang Arsitek

 

2. Meminimalisasi Penggunaan Listrik

Dengan adanya ruang terbuka di tengah-tengah rumah, menjadikan rumah Anda terang tanpa lampu. Udara atau angin yang masuk pun, bisa menggantikan posisi AC untuk beberapa waktu. Dengan begitu, artinya pemanfaatan taman dalam rumah bisa meminimalisasi penggunaan listrik pada siang hari dan menjadi lebih hemat pengeluaran.

Sumber : Rumah.com

 

3. Memberikan Pemandangan Indah Dalam Rumah

Karena posisi taman ada di dalam rumah, sehingga menjadikan sebuah pemandangan indah dan menyegarkan di dalam rumah tanpa harus keluar rumah. Unsur yang perlu ada pada sebuah inner court adalah pohon sebagai tanaman hijau, dan kolam yang menjadi wadah aliran air yang mengalir. Dua unsur itu saja sudah sangat indah, namun tetap ada syarat dalam membentuknya yang benar. Jangan sampai terlalu banyak pohon yang ditanam di area ini, justru akan merusak pemandangan tersebut. Lebih disarankan untuk penggunaan tanaman hias, agar terlihat cantik saat menata.

Sumber : Ruang Arsitek

 

4. Membuat Rumah Terlihat Elegan

Bukan hanya pemandangan yang indah dan menyegarkan, tapi taman seperti ini juga bisa menambah tampilan rumah terlihat lebih elegan. Seperti pada penggunaan dinding yang cantik pada kolam, serta air mancur buatan dengan ikan-ikan hias di dalamnya.

Namun, ada hal lagi yang perlu diperhatikan pada manfaat yang satu ini. Anda harus benar-benar memilih material yang tidak menyulitkan, sehingga semuanya mudah dibersihkan. Akan menjadi tidak indah, jika unsur alam tersebut tidak rajin Anda rawat dan bersihkan.

Sumber : Home.co

 

5. Membuat Sehat dan Menyatu Dengan Alam 

Taman beserta kolam dan air mancur buatannya membuat hidup Anda terasa tenang saat menikmatinya, hal ini bisa menjadi terapi Anda pada saat suntuk atau stres dengan rutinitas pekerjaan. Dengan begitu, taman dalam rumah ini bisa membuat Anda menjadi sehat jasmani dan pikiran. Apalagi jika Anda melakukan perawatan taman dengan sepenuh hati, akan membuat Anda benar-benar menyatu dengan alam.

Sumber : Agora

 

Melihat banyak kegunaan dan manfaat yang terdapat pada pembuatan taman dalam rumah, sudah data dibuktikan bahwa jenis taman ini benar-benar memberikan pengaruh baik pada Anda dan keluarga. Oleh karena itu, jangan ragu untuk membuatnya di rumah Anda.

 

× How can I help you?