Sudah Pernah Dengar tentang Patio? Simak Ulasan Mengenai Patio yang Merupakan Istilah Dalam Rumah | Beddo Design Concept

Sudah Pernah Dengar tentang Patio? Simak Ulasan Mengenai Patio yang Merupakan Istilah Dalam Rumah

Bicara tentang patio, tidak akan jauh-jauh dari desain sebuah rumah. Patio sebenarnya berasal dari bahasa spanyol yang artinya taman yang terletak di belakang rumah. Meski berasal dari bahasa Spanyol, namun ternyata tren patio ini berasal dari Arab Saudi.

Sumber Gambar : Pisdjar.com

Patio dihadirkan pada rumah di Arab Saudi dengan tujuan mengurangi panasnya cuaca yang ada di sana. Sebagaimana diketahui di Arab Saudi kontur alam lebih didominasi oleh Padang pasir yang sangat panas. Selain mengurangi polusi debu yang masuk dalam rumah, patio juga digunakan sebagai pendingin udara yang alami pada rumah.

Berbagai Fungsi Patio.

Awalnya patio ini hanya dibangun di belakang rumah. Tapi seiring perkembangan desain rumah, patio juga dibangun di dalam dan di samping rumah. Patio seperti oase buatan yang sengaja dihadirkan dalam rumah. Terutama untuk rumah dengan bangunan vertikal seperti rusun atau apartemen.

Berikut beberapa fungsi tentang patio yang bisa didapat oleh penghuni rumah.

 

1. Menghadirkan Oase di dalam Rumah

Bangunan rumah yang memiliki taman kecil seperti oase yang ada di tengah Padang pasir. Anda tidak perlu banyak menggunakan pendingin ruangan agar rumah terlihat segar dan nyaman. Karena berbagai tanaman hidup yang ada di dalam patio mampu memberikan kesegaran dan kenyamanan yang maksimal.

Sumber Gambar : Arsitag

 

2. Menyerap Lebih Banyak Cahaya Matahari

Meski berada di dalam rumah, patio biasanya dibiarkan terbuka tanpa atap. Inilah yang menyebabkan matahari bebas masuk dan memenuhi ruangan yang ada di dalamnya. Limpahan sinar matahari inilah yang menyebabkan kondisi rumah menjadi lebih sehat.

Sumber Gambar : Houzz

 

3. Menambah Pasokan Oksigen

Tanaman yang ada pada patio akan memberi pasokan oksigen yang cukup di rumah. Terutama rumah yang dibangun secara vertikal seperti apartemen dan rumah susun. Rumah seperti punya kemampuan untuk memproduksi oksigen sendiri. Oksigen segar dan berkualitas dari tanaman hijau yang ada di dalamnya.

Sumber Gambar : Interior Design Ideas

 

4. Pemanis Ruangan

Penggunaan perabot sebagai pemanis Ruangan itu sudah biasa. Jika anda menginginkan yang luar biasa, cobalah membangun patio di dalam rumah. Rumah akan terlihat lebih nyaman, segar, dan berkarakter.

Tidak harus menanam tanaman hias yang berharga mahal hingga ratusan juta. Cukup aglonema atau palm kuning saja sudah cukup memberi nilai estetika yang natural sekaligus berkarakter pada rumah.

Sumber Gambar : The Spruce

 

5. Sebagai Penghubung Ruangan

Punya space yang luas antara ruang tamu dengan ruang keluarga? Cobalah memanfaatkannya untuk membangun patio. Tak perlu lebar-lebar. Cukup lima kali tiga meter saja. Isi di dalamnya dengan berbagai tanaman hias dan kolam ikan kecil yang berisi berbagai macam ikan hias yang menarik.

Sumber Gambar : Archdaily

 

Nah, itu dia penjelasan singkat tentang patio beserta fungsinya. Bagaimana? Tertarik menghadirkan patio di rumah? Jangan lupa untuk rajin merawat tanamannya agar tetap terlihat indah dan segar.

× How can I help you?