Sudah Mulai Musim Panas, Yuk Ketahui Cara Membuat Rumah Sejuk Meskipun Tanpa AC Maupun Kipas Angin | Beddo Design Concept

Sudah Mulai Musim Panas, Yuk Ketahui Cara Membuat Rumah Sejuk Meskipun Tanpa AC Maupun Kipas Angin

Sudah Mulai Musim Panas, Yuk Ketahui Cara Membuat Rumah Sejuk Meskipun Tanpa AC Maupun Kipas Angin

 

Memiliki hunian di daerah tropis memang berisiko dengan keadaan yang gerah. Alih-alih niatnya mau bersantai di rumah aja, tapi malah kegerahan. Untuk itu perlu siasat agar rumah Anda sejuk meski AC ataupun kipas angin.

Sumber Gambar : Arsitag

Nah, buat Anda yang menginginkan rumah sejuk berikut ini ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan pada hunian Anda:

 

1. Pasang Jendela Rangkap

Pemasangan jendela rangkap dapat memberikan dua macam fungsi, yakni sebagai penerangan dari cahaya siang dari jendela kaca yang dapat dibuka ke dalam. Sementara untuk mendapatkan fungsi sejuk dapat dibuka pula jendela yang dapat dibuka ke arah luar. Dengan begitu, rumah Anda dapat menikmati kedua fungsi tersebut.

Sumber Gambar : Home.co.id

2. Gunakan Penangkap Angin

Anda mungkin merasa heran, angina kok ditangkap? Ide dasarnya sebenarnya agar semua udara yang ada pada ruangan tetap bersirkulasi dengan baik, sehingga dapat memberikan kesan sejuk. Sebagai seorang arsitek Murti Ardianto pernah membuat percobaan bagaimana perbedaan tekanan udara yang berada di ruang yang panjang maupun ruangan kosong.

Sumber Gambar : Archify

Ternyata didapatkan hasil bahwa angina di ruang panjang atau lorong lebih banyak dibandingkan dengan ruang kosong. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan rendah dari luar ruangan. Cara kerja penangkap angina ini yakni dengan pemberian ventilasi pada masing-masing ruangan.

3. Hindari Penggunaan Materi Sintetis

Anda juga dapat mengurangi penggunaan bahan bermaterial sintetis khususnya untuk bagian kamar tidur karena hanya akan meningkatkan suhu tubuh yang semakin membuat Anda gerah. Untuk itu sebaiknya gunakan bahan linen untuk beberapa interior rumah Anda. Bahan-bahan tidak akan membuat Anda merasa gerah atau kepanasan.

Sumber Gambar : Pinterest

3. Maksimalkan Fungsi Kanopi

Kanopi bisa juga dimanfaatkan sebagai cara untuk membuat rumah Anda terasa lebih teduh dan sejuk. Apalagi jika fasad di rumah Anda didominasi oleh material dari jendela kaca. Dengan memasangkan kanopi dengan lebar maka akan meminimalkan cahaya matahari untuk masuk secara langsung ke rumah Anda.

Sumber Gambar : Qhomemart

4. Menanam Pohon

Anda juga dapat menanam beberapa pohon rindang di halaman sekitar rumah Anda. Adanya pepohonan akan memberikan kesejukan yang akan Anda rasakan ketika berada di dalam rumah.

Sumber Gambar : Arsitag

5. Dinginkan Sarung Bantal

Tidur dengan bantal yang sejuk memang akan membuat Anda lebih merasa rileks saat beristirahat. Untuk itu mendinginkan sarung bantal dengan cara yang tepat tidak hanya akan memberikan kesejukan, namun juga dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak, yakni dengan cukup membungkusnya di dalam plastic wrap, kemudian bekukan di dalam freezer. Lalu keluarkan dan pasangkan kembali ke dalam bantal ketika Anda akan menggunakannya.

Sumber Gambar : Ikea

Meski cara ini terkesan aneh, namun cara ini cukup efektif menciptakan rasa sejuk dan membuat tidur Anda terasa lebih nyenyak.

× How can I help you?