Siasati Cuaca Panas Dengan Desain Rumah Ramah Lingkungan | Beddo Design Concept

Siasati Cuaca Panas Dengan Desain Rumah Ramah Lingkungan

Siasati Cuaca Panas Dengan Desain Rumah Ramah Lingkungan.

Desain interior rumah Anda bisa disesuaikan dengan berbagai hal, mulai dari budget, kondisi lingkungan ataupun cuaca yang panas. Pada saat musim panas, tentu akan nyaman jika Anda berada di rumah dengan kondisi rumah yang sejuk dan menyegarkan. Hal tersebut bisa Anda dapatkan melalui desain rumah yang Anda buat sendiri, dengan cara menyiasati cuaca panas tersebut. Salah satu caranya adalah dengan mengambil konsep desain rumah ramah lingkungan.

Sumber : Arsitag

Negara kita yang memiliki iklim tropis sudah sangat lazim jika terdapat cuaca panas, untuk bisa membangun sebuah rumah yang tidak ikut panas pastinya tergantung dari desain interior rumah itu sendiri.

 

Konsep Rumah Ramah Lingkungan

Salah satu desain yang memang cocok untuk iklim tropis adalah rumah ramah lingkungan, desain seperti ini bisa dibilang simpel dan sederhana tapi juga bukan sebuah hal yang mudah. Desain interior rumah ramah lingkungan meliputi beberapa faktor, adapun ciri-ciri dan konsep rumah ramah lingkungan adalah:

 

1. Menggunakan Material Alam.

Ciri yang paling jelas dari jenis rumah ramah lingkungan adalah penggunaan material atau bahan bangunan, dimana bahan material yang digunakan merupakan material berbahan alam yang memang ramah lingkungan. Material tersebut bisa merupakan dari penggunaan batu alam pada dinding, ataupun lantai yang menggunakan bahan kayu yang hangat.

Sumber : Freshome.

 

2. Banyak Bukaan.

Selanjutnya agar rumah tidak terkena panas tapi tetap ramah lingkungan adalah menerapkan desain interior rumah dengan konsep banyak bukaan, itu juga merupakan salah satu cara untuk mengatasi cuaca panas tadi. Namun, Anda harus perhatikan peletakkan bukaan seperti pintu dan jendela jangan yang langsung menghadap cahaya matahari karena bisa menyebabkan cuaca panas makin terserap.

Sumber : Archify

 

3.  Meminimalisasi Penggunaan Lampu Dan AC.

Sebuah rumah ramah lingkungan harus memenuhi satu syarat penting, yaitu meminimalisasi penggunaan lampu dan AC, caranya salah satunya adalah penerapan bukaan tadi. Karena penggunaan AC dan lampu berlebihan bukanlah konsep dari ramah lingkungan, walaupun begitu bukan berarti rumah Anda akan menjadi sangat panas. Menyiasati dengan bukaan serta kombinasi material alam yang membuat rumah menjadi sejuk dan dingin, termasuk salah satu solusi.

Sumber : CasaIndonesia

 

4. Penggunaan Cat.

Selain penggunaan material alam yang ramah lingkungan, satu lagi penggunaan bahan material yang juga bisa menyiasati rumah tidak panas adalah penggunaan cat. Ada beberapa jenis cat yang khusus untuk desain interior rumah ataupun eksterior, yang bisa membuat rumah terasa lebih sejuk.

Sumber : Dekoruma

 

5. Memasukkan Unsur Air.

Poin terakhir membuat rumah Anda tidak panas, yaitu dengan memasukkan unsur air ke dalam desain rancangan rumah Anda tersebut. Baik dengan membuat kolam ikan mini ataupun pancuran kecil, sehingga rumah Anda akan terasa dingin dan sejuk serta menenangkan.

 

Sumber : Rumah 123

× How can I help you?