Rumahmu Sudah Termasuk Rumah yang Sehat? Mari Ketahui Ciri-ciri Rumah yang Tak Sehat | Beddo Design Concept

Rumahmu Sudah Termasuk Rumah yang Sehat? Mari Ketahui Ciri-ciri Rumah yang Tak Sehat

Rumahmu Sudah Termasuk Rumah yang Sehat? Mari Ketahui Ciri-ciri Rumah yang Tak Sehat.

Rumah yang bersih serta terawat tak hanya membuat penghuninya merasa nyaman. Namun, juga sehat. Mungkin masih banyak di antara kita yang mengabaikan kebiasaan-kebiasaan sederhana di rumah. Ternyata kebiasaan tersebut dapat membuat rumah tidak sehat dan menimbulkan penyakit.

sumber gambar : 99.co

1. Terlalu Lembab

Rumah yang lembab sebenarnya adalah hal yang normal. Umumnya kelembaban terbawa dari beberapa aktivitas. Misalnya, mandi, memasak, bahkan juga bernafas. Namun, Anda jangan membiarkan tingkat kelembaban menjadi terlalu tinggi.

Jamur suka lingkungan lembab. Kelembaban yang berlebih di rumah, umumnya banyak di pojok ruangan maupun langit-langit. Kelembaban dapat menyuburkan pertumbuhan jamur.

sumber gambar : rukita

2. Jarang Bahkan Tidak Pernah Membersihkan Ventilasi

Walau tak terlalu tampak, tapi ketika membersihkan rumah jangan sampai melewatkan bagian ventilasi.  Ventilasi dapat membawa banyak sekali debu melalui udara. Ketika Anda menyalakan pemanas atau AC, partikel debu akan tersebar ke seluruh ruangan di rumah.

Lepaskan penutup ventilasi serta bersihkan. Anda juga dapat memanggil jasa profesional agar bersih maksimal.

sumber gambar : plafonpvc.co

3. Ventilasi Kamar Mandi Minim

Kamar mandi pun membutuhkan ventilasi yang cukup. Kelembaban berlebih di dalam kamar mandi tak hanya dapat membuat cat dinding lekas rusak. Namun, juga memicu perkembangan jamur. Jamur dapat tumbuh subur di dalam ruangan. Jamur akan merusak rumah serta mengganggu kesehatan.

sumber gambar : casa indonesia

4. Tak Membersihkan Debu Secara Benar

Debu dapat muncul setiap hari. Makin sering Anda membiarkannya, maka semakin mudah Anda terkena partikel yang berbahaya.

Tentunya sangat disarankan untuk memakai kain lap yang sudah basah. Tujuannya jelas. Yakni untuk mengumpulkan banyak debu.  Dengan kain kering hanya membuat debu makin menyebar saja, tentunya bisa memicu alergi.

sumber gambar : berkeluarga.id

5. Mengabaikan Saluran Air

Saluran air merupakan area yang rentan lembab. Apabila dibiarkan, area ini dapat menjadi pintu masuk air yang berlebih ke dinding rumah, bawah tanah maupun lantai. Apabila saluran air tertutup, maka lakukan pembersihan secara berkala. Tujuannya agar tak ada kotoran yang tersumbat.

sumber gambar : jawaracorporation

6. Kamar yang Kotor

Tidak hanya dengan lantai, bisa bersihkan juga debu yang ada di sela-sela yang kasat mata  sampai semuanya terlihat bersih. Lakukan ini secara rutin ya.

sumber gambar : ikea.id

7. Terlalu Banyak Barang

Terlalu banyak barang di dalam rumah pun bisa menyebabkan debu-debu mudah menempel serta sulit dibersihkan. Terlalu banyak barang pun berkontribusi pada kualitas udara yang buruk dalam ruangan. Usahakan mengurangi jumlah barang yang ada dalam ruangan. Kecuali apabila Anda merotasi serta membersihkannya secara berkala

sumber gambar : dg.speak

8. Membiarkan Hewan Peliharaan Anda Tidur di Ruang Kamar

Sebagian orang amat mencintai hewan peliharaan mereka. Bahkan ada yang seakan tak dapat lepas dari hewan tersebut. Mereka juga kerap membiarkan binatang peliharaan masuk ke dalam kamar serta tidur di bed yang sama.

sumber gambar : honestdocs

Apabila Anda termasuk orang yang seringkali melakukannya hal ini, berhati-hatilah. Binatang peliharaan dapat membawa kuman, kotoran, serta serangga ke tempat tidur. Binatang peliharaan juga merupakan objek penangkap alergen. Artinya, membiarkan binatang peliharaan Anda berkeliaran di ruang tidur dapat memicu alergen tersebut rentan berada di dalam kamar. Tentunya ini akan berdampak buruk bagi Anda selaku pemilik.

Nah, itu tadi beberapa ciri rumah tidak sehat. Jangan sampai rumah Anda memiliki ciri-ciri tersebut agar Anda tetap sehat.

× How can I help you?