Ruang Keluarga Terasa Kecil dan Sempit? Ini Cara Mengakalinya agar Nyaman

Ruang Keluarga Terasa Kecil dan Sempit? Ini Cara Mengakalinya agar Nyaman.

Mengakali ruangan yang sempit memerlukan beberapa cara dan trik. Anda akan membutuhkannya apabila Anda merasa tidak nyaman dengan ruangan yang terasa terlalu kecil dan sempit namun tidak bisa memperluas area ruangan tersebut. Mengakali ruangan yang sempit juga akan memaksa Anda untuk menjadi lebih inovatif dan kreatif dalam mendekorasinya.

Sumber Gambar : Ikea.id

Menata ruangan sempit juga tetap harus dilakukan supaya ruang tersebut tidak terlihat berantakan dan kecil dengan perabot yang disusun ala kadarnya. Namun, untuk Anda yang sedang kebingungan, jangan khawatir. Inilah cara menata ruangan agar tampak lebih luas.

 

1. Menggunakan Rak Rendah di Ruangan dapat Mengakali Ruangan yang Sempit.

Tips mengakali ruangan yang sempit pertama adalah dengan tidak menggunakan benda berukuran besar untuk properti ruangan. Mengapa? Karena terlalu banyak furniture atau barang berukuran besar di ruangan kecil malah akan membuat tempat tersebut terasa pengap. Maka disarankan untuk menggunakan rak yang pendek dan berukuran sedang.

Sumber Gambar : Arsitag

Hal tersebut bisa membuat ruangan tampak lebih luas. Disarankan untuk membuat lantai terlihat, agar memberi kesan bahwa ruangan tersebut tidak sumpek.

Contohnya untuk ruang tamu, Anda tidak perlu menggunakan lemari besar untuk menaruh hiasan, cukup gunakan lemari rendah yang bisa menampung dengan laci. Hal tersebut kerap digunakan di beberapa rumah dengan tema minimalis atau bahkan pada rumah bergaya victoria.

 

2. Jendela Ruangan yang Tepat Membuat Ruangan Terlihat Luas

Menggunakan kaca yang tampak besar dan lebar akan membuat pandangan Anda tak terbatas sehingga memberi kesan bahwa ruangan tersebut memang luas.  Jendela juga bisa menjadi pemandangan dari luar. Contohnya view dari halaman, sehingga ruangan Anda akan terasa lebih besar dan lapang.

Sumber Gambar : Rukita

 

3. Pilihan Furniture yang Memiliki Tema Sama dengan Warna Dinding

Memilih tema ruangan jelas bukan hal yang mudah. Apalagi jika ruangan yang digunakan relatif kecil dan tidak muat diisi banyak furniture. Tetapi, apabila Anda ingin ruangan tersebut terlihat besar dan lebih luas, maka Anda bisa menambahkan beberapa barang yang memiliki warna sama dengan cat dinding.

Sumber Gambar : Rumah123

Hal itu tentunya bertujuan untuk membuat kesan seolah-olah benda tersebut menyatu dengan dinding sehingga ruangan tampak besar. Maka dari itulah, Anda harus pandai-pandai memilih furniture berikut warnanya.

 

4. Memasang Cermin dapat Memberikan Kesan Bahwa Ruangan Lebih Luas 2x Lipat

Pasang cermin besar pada salah satu sisi dinding, dan cermin akan memantulkan bayangan ruangan sehingga ruangan tersebut tampak luas. Namun, ukuran cermin yang digunakan pun harus cukup besar menutupi setidaknya setengah dari dinding tersebut.

Sumber Gambar : Grid.id

Ide satu ini sering dipakai beberapa orang dari jurusan desainer interior untuk memperluas ruangan. Hadirnya cermin juga sekaligus dapat memberi kesan minimalis yang kental dalam ruangan tersebut.

 

5.Tambahkan Tanaman Hijau di Sudut Ruangan.

Seperti cermin ataupun wallpaper, tanaman hijau salah satu pilihan dekorasi yang tepat untuk ruang keluarga berukuran kecil dan terasa sempit. Tempatkan tanaman hijau di sudut ruangan atau bisa di belakang sofa kesayangan anda.

Keberadaan tanaman hijau di sudut ruangan ini membantu menciptakan kesan visual ruangan lebih luas dan lega, sekaligus menghadirkan suasana yang nyaman, dan sejuk tentunya.

 

Sumber Gambar : Bramble Furniture

Mengakali ruangan yang sempit tidak harus memerlukan biaya besar, contohnya adalah beberapa tips di atas. Tertarik untuk mencoba?

× How can I help you?