Perhatikan 6 Hal Penting Sebelum Menentukan Desain Rumah Mezzanine

Perhatikan 6 Hal Penting Sebelum Menentukan Desain Rumah Mezzanine.

Anda masih merasa asing dengan desain rumah mezzanine? Umumnya, mezzanine merupakan sebuah lantai yang tanpa sekat. Area ini menjadi perantara pada lantai utama bangunan. Apakah Anda tertarik membuat desain rumah mezzanine? Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan.

Sumber Gambar : Dezeen Award

 

1. Luas Lantai Mezanin

Dalam mendesain hunian mezzanine sebaiknya tampak rumah pun dibuat secara luas. Hanya sepertiga total luas ruangan saja yang dibangun.

Sumber Gambar : Homedit.com

Hal ini ini harus dilakukan supaya ruangan tak terkesan sempit serta sumpek. Apabila lebih dari ukuran semestinya, sirkulasi udara pun dapat terganggu. Hawa ruangan juga jadi lebih cepat panas.

 

2. Mengoptimalkan Cahaya serta Udara

Dalam setiap hunian amat penting memperhatikan distribusi cahaya sekaligus udara. Anda dapat membuat jendela di salah satu sisi lantai mezanin. Tujuannya supaya sirkulasi udara serta cahayanya dapat masuk ke dalam rumah.

Sumber Gambar : Dekoruma

Apabila hal tersebut masih dirasa kurang, Anda bisa memanfaatkan lampu. Cahaya lampu disesuaikan berdasarkan fungsi ruangan. Selain itu, dapat juga menempatkan kipas angin di sudut lantai hunian gaya mezzanine. Fungsinya supaya ruangan tetap sejuk sekaligus nyaman bagi penghuninya.

 

3. Pemilihan Bahan untuk Desain Rumah Mezzanine

Jangan memilih material yang sembarangan untuk hunian gaya mezzanine. Alasannya, lantai mezzanine adalah bagian bangunan utama hunian. Nantinya lantai akan dimanfaatkan secara aktif oleh penghuni rumah.

Sumber Gambar : Home.co.id

Anda dapat memilih material yang bisa menyatu dengan konstruksi utama bangunan. Di antaranya, beton ringan, kayu, maupun baja ringan.

 

4. Menentukan Furniture yang Sesuai

Perabotan yang baik bisa membentuk hunian gaya mezzanine menjadi lebih cantik. Apalagi ruangan tersebut akan secara aktif digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Sumber Gambar :Archify

Pilihlah jenis furniture yang ukurannya tak terlampau tinggi. Karena dapat memberikan nuansa sumpek pada ruangan. Serta lebih baik Anda memilih perabotan yang dapat hemat tempat. Misalnya meja lipat maupun kursi yang bisa dilipat.

 

5. Memperhatikan Posisi Lantai

Anda juga jangan pernah asal-asalan dalam menentukan desain rumah mezzanine, ya. Idealnya posisi lantai didesain di tengah-tengah dua lantai hunian tersebut. Tepatnya, antara lantai dasar serta langit-langit rumah.

Sumber Gambar : Moivaonhatoi

Pastikan pula lantai mezzanine memiliki tinggi sama dengan ruangan normal. Ini akan membuat kepala Anda tak mudah terbentur.

 

6. Mendesain Tangga Sesuai Konsep Interior

Tanpa adanya tangga, konsep hunian mezzanine tak akan dapat terwujud. Tangga adalah elemen penting. Karena dimanfaatkan secara sering guna mengakses lantai tersebut.

Sumber Gambar : Bramble Furniture.

Pastikan Anda memilih tangga dengan ukuran sesuai dengan ruangan pada bagian bawah serta lantai rumah. Ini akan membuat ruangan tak terkesan sempit. Selain itu, sesuaikan juga desain tangga supaya terlihat menyatu dengan konsep interior pada ruangan utama.

Sumber Gambar : Dekoruma

Semoga informasi terkait desain rumah mezzanine di atas dapat menambah wawasan Anda, ya. Bagi Anda yang mempunyai bangunan mungil, pasti konsep hunian satu ini dapat membuat luas rumah. Selamat mencoba.

× How can I help you?